Mengenal Lewandowski Pelengser Messi dari Takhta Terbaik FIFA 2020

Robert Lewandowski

Sebagai penggemar berat sepak bola, kamu wajib tahu siapa pemegang gelar Pemain Terbaik FIFA 2020. Dia adalah Robert Lewandowski, penyerang Bayern München.

Perhelatan bergengsi dunia sepak bola, yakni ajang The Best FIFA Football Award 2020, baru saja dilaksanakan November 2020 lalu. Diadakan secara virtual dan dihadiri oleh setidaknya ratusan ribu orang, anugerah bergengsi ini telah mengumumkan sepuluh nama untuk sepuluh kategori penghargaan. Salah satu kategori yang paling dinantikan adalah The Best FIFA MEN’S Player 2020. Siapa pemenangnya?

Jika di tahun sebelumnya, penghargaan jatuh ke tangan Lionel Messi. Tahun ini trofi berpindah tangan ke penyerang penuh talenta klub Bayern München, Robert Lewandowski.

Profil Robert Lewandowski

Pesepak bola terkenal yang lahir dan dibesarkan di Warsaw, Polandia ini akan berusia 33 tahun pada 21 Agustus 2021 mendatang. Tidak banyak yang tahu kalau perjalanan hidup Lewandowski dari kecil hingga sekarang sangat memengaruhi karirnya sebagai atlet sepak bola profesional. Bagaimana tidak? Pasalnya, ia dibesarkan dalam sebuah keluarga olahragawan. Selain itu, ia juga beristrikan seorang atlet profesional.

Ayahnya, Krzysztof, adalah seorang pesebak bola dan judoka. Sedangkan, ibu dan saudara kandung perempuannya merupakan atlet voli profesional di Polandia. Kemudian, istrinya, Anna Stachurska, adalah peraih medali perunggu pada Kejuaraan Piala Dunia Karate tahun 2009.

Karir Bola Sang Pemain Terbaik FIFA 2020

Mengawali karirnya saat remaja, Lewandowski menghabiskan tujuh tahun bergabung dengan klub MKS Varsovia Warsaw. Setelahnya, ia bergabung dalam tim inti klub Delta Warsaw. Di klub inilah, Lewandowski mulai menunjukkan taringnya dalam mencetak gol.

Karir senior Lewandowski dimulai pada tahun 2006. Ia bergabung dengan klub Znicz Pruszków dengan torehan 36 gol selama 59 kali tampil. Golnya jugalah yang mengantarkan Znicz Pruszków sebagai Juara Piala Polandia Divisi III tahun 2006 – 2007.

Dua tahun kemudian, tepatnya Juni 2008, klub Lech Poznañ meminang Lewandowski karena tertarik dengan kepiawaiannya selama di lapangan. Tidak butuh waktu lama bagi Lewandowski buat membuktikan keahliannya, ia lagi-lagi berhasil membawa prestasi memuaskan bagi klubnya, antara lain Juara Ekstraklasa 2009 – 2010, Juara Piala Polandia 2008 – 2009, dan Juara Piala Super Polandia 2009.

Tidak butuh waktu lama bagi klub besar melirik Lewandowski. Buktinya adalah di tahun 2010, Borussia Dortmund rela menghabiskan 4.5 juta Euro agar suami dari Stachurska ini bisa bergabung ke dalam tim. Benar saja, Lewandowski berhasil mengantarkan Borussia sebagai pemegang gelar juara Bundesliga dua kali berturut-turut, yakni 2010/2011 dan 2011/2012.

Selain itu, Borussia juga sukses memenangkan Juara Piala DFB (2011 – 2012), Juara Piala Super DFL (2013), dan peringkat kedua Liga Champions UEFA (2012 – 2013).

Perjalanan karir Lewandowski makin cerah setelah klub raksasa, Bayern München, mengajaknya bergabung di tahun 2014. Prestasi demi prestasi pun telah ditorehkan Lewandowski bersama München.

Merunut kisah Robert Lewandowski di atas, maka sudah sewajarnya kalau pemain bola satu ini mendapatkan gelar pesepak bola pria terbaik dunia 2020.

Fakta Menarik Seorang Robert Lewandowski

Dengan diumumkannya nama Lewandowski pada perhelatan FIFA di Zurich, Swiss 2020 lalu, banyak orang mulai mencari tahu tentang keahlian seorang Lewandowski. Buat kamu yang sudah sering melihatnya beraksi di lapangan hijau, kamu pasti setuju mengenai lima fakta menarik tentang Lewandowski berikut.

  1. Selalu menampilkan performa maksimal selama pertandingan.
  2. Jago melakukan tendangan penalti.
  3. Striker dengan konsistensi permainan yang sangat baik.
  4. Tidak egois karena jumlah assist yang dilakukan lumayan tinggi angkanya.
  5. Masuk dalam kategori pemain yang sangat jarang cedera.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang pemain sepak bola terbaik dunia 2020, Robert Lewandowski. Semoga bermanfaat!

Author: Syafiq Ali

Syafiq Ali aktif di dunia olahraga khususnya Basket dan tercatat menjadi pengurus di berbagai organisasi dan komunitas keolahragaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *