Mengenal Inter Club Indonesia Pendukung Il Nerazzzuri

Tikum Komunitas Bola – Sepakbola tidak hanya menyenangkan, selain sebagai alat yang mampu mempersatukan berbagai bangsa dan negara. Ada informasi apa lagi di Tikum.id pada bulan ini dari Seri A liga Italia? Simak informasinya.

nter Club Indonesia 2

Klub sepakbola professional Internazionale Milano atau Inter Milan F.C. berdiri pada 9 Maret 1908 di kota Milan Italia. Klub sekota yang merupakan rival abadi A.C Milan ini memiliki stadion megah bernama San Siro yang juga dikenal sebagai Giuseppe Meazza.

Inter mempunyai catatan sejarah juara di berbagai level kompetisi baik domestik, eropa, dan dunia, seperti 18 juara liga, 7 coppa Italia, 5 Super coppa Italia, 3 UEFA Championship League, 3 UEFA Cup, 2 Intercontinental Cup, dan 1 FIFA world cup. Berikut beberapa fakta menarik lain dari I Nerazzurri.

  1. Berdasarkan sejarah, Inter Milan sudah mempensiunkan 2 buah nomor punggung yaitu 3 dan 4. Hal ini dilakukan untuk menghormati pemain yang memakai nomor tersebut, yaitu Giacinto Facchetti dengan nomor 3 dan Javier Zanetti yang mengenakan nomor 4 selama bermain di Inter. Kedua nomor tersebut masing-masing dipensiunkan pada tahun 2004 dan 2014 atas jasa-jasa mereka untuk klub.
  2. Inter didirikan pada tahun 1908 oleh para pemain yang meninggalkan AC Milan. Pada saat itu Rossoneri tidak mengizinkan pemain non-Italia untuk bermain di klub tersebut. Oleh karena itu beberapa pemain akhirnya pergi dan memutuskan untuk membentuk klub sepak bola baru yang bisa beroperasi tanpa aturan tersebut.

Fakta menarik lain datang dari Indonesia, dimana terdapat komunitas pendukung Inter yang ternyata sangat luar biasa, oleh karena itu mari kita mengenal dengan sobat tikum INTER CLUB INDONESIA.

Sejarah terbentuknya komunitas Inter Club Indonesia bermula dari mailing list resmi mereka yaitu inter-mania@yahoogroups.com pada tanggal 30 Juli 2001. Tujuan awal dibuatnya mailing list ini adalah sebagai wadah untuk saling berbagi dan sarana untuk bertukar informasi seputar klub Inter Milan. Pada akhir juni 2003, teman-teman di mailing list akhirnya ditawari untuk melakukan interview oleh SCTV yang sedang membuat format acara baru yaitu Centro Campo, yaitu program wawancara dengan fans club Italia yang ada di Indonesia (Jakarta).

nter Club Indonesia 3

Berangkat dari kegiatan tersebut maka timbulah ide untuk mengadakan gathering di jakarta dan membentuk sebuah komunitas Interisti Indonesia. Maka pada hari Sabtu, 2 Agustus 2003, bertempat di Restorancepat saji di daerah, Sarinah Thamrin, Jakarta. diadakanlah rapat pertama pembentukan pengurus Inter Club Indonesia yang antara lain dihadiri oleh Samgar, Sukowo, Luis Anthony, Andri, Alva dan Dani. Rapat tersebut bersifat informal dan bertujuan untuk membicarakan pembentukan organisasi Interisti Indonesia. 

Tanggal 24 Agustus 2003 kembali diadakan gathering kedua rapat pembentukan pengurus di Food Court Mall Taman Anggrek, yang antara lain dihadiri oleh 10 orang Interista. Melalui rapat ini para anggota sepakat untuk memberi nama fans club yang akan dibentuk tersebut sebagai Internazionale Indonesia Fans Club (I2FC) dan juga penetapan nama-nama calon pengurus, sumber pendanaan dan rencana program jangka pendek. Akhirnya pada tanggal 25 Oktober 2003, bertempat di Royal Park Futsal Court terbentuklah organisasi Internazionale Indonesia Fans Club (I2FC) dengan susunan pengurus resmi.

Ketua: Luis Anthony
Wakil Ketua 1: Windra
Wakil Ketua 2: Moeswarah
Sekretaris: Jeany Yovita Kurniaty
Ketua Bidang Umum: Fritz Sitompul
Ketua Bidang Media & Promosi: Sukowo
Ketua Bidang Informasi: Ade Sutami
Logistik: Riza Fisandy.

Saat ini ICI dipimpin oleh seorang Presiden yang bernama Rudi Prasetyo.

nter Club Indonesia 3

Visi ICI adalah menjadi wadah pemersatu bagi para fans inter khususnya di Indonesia agar bisa berkumpul, berkreasi, memberi dukungan nyata bagi klub Inter. dengan menjadi official member berarti kita secara langsung memberikan sumbangsih secara finansial kepada klub.

Misi ICI menjadi komunitas pendukung setia asal Indonesia yang selalu eksis setiap kompetisi dan kegiatan sepakbola klub Inter.

Mengingat liga seri A berjaya di Indonesia pada era 90an maka latar belakang para internisti ICI sangat beragam dari berbagai genre, usia dan profesi baik pria dan wanita, mulai dari usia 25 tahun keatas, dengan profesi seperti pelajar, mahasiswa/i, supir online, publik figur, pengusaha, hingga pejabat pemerintah.

Saat ini jumlah Internisti ICI yang tercatat resmi dan memiliki inter club card berjumlah 4130 orang, dan untuk penyebaran wilayah atau regional sudah ada 174 daerah di seluruh Indonesia di tingkat kota dan kabupaten.

Kami sempat bertanya kepada perwakilan ICI mengenai apa yang membedakan Inter milan dengan club lainnya khususnya di Italia menurut versi kalian? dan jawabannya adalah “Inter milan sendiri memiliki filosofi yang menarik, yaitu terbentuk karena waktu itu minimnya kesempatan dari orang luar italia untuk bisa bermain di klub kota milan, akhirnya munculah nama internazionale yang melambangkan klub ini terbuka bagi siapa saja masyarakat dunia, dengan filosofi perjuangan ini yang membuat klub ini begitu kami cintai, ditambah sejarah kedekatan klub ini dengan Indonesia, dimana pak Erik pernah menjadi presiden Inter Milan.”

Berikut beberapa kegiatan rutin untuk mengenal Inter Club Indonesia atau ICI sebelum masa pandemi Covid-19

  • Nonton bareng pertandingan Inter
  • Berkunjung ke stadion Inter
  • Gathering nasionl
  • Fun football
  • Fun futsal
  • Kumpul bersama (Kopdar)
  • Arisan internona, sebutan untuk para fans wanita inter club.
nter Club Indonesia 5
nter Club Indonesia 6
nter Club Indonesia 7
nter Club Indonesia 8
nter Club Indonesia 9

Namun semenjak pandemi untuk kegiatan nobar sudah dibatasi mengikuti peraturan daerah masing-masing dan mengalihkan kegiatan melalui daring/online seperti kompetisi PES, diskusi zoom, dll. Saat ini ICI juga sudah menambah kegiatan baru yaitu bersepeda di setiap daerah.

Seru bukan seluruh kegatan ICI. Jika Anda juga fans dari Inter Millan, tikum.id mengajak Anda untuk bergabung bersama ICI di wilayahnya masing-masing dan temukan keseruan berbagai kegiatan mereka secara langsung. Silahkan menghubungi akun sosial media mereka di bawah ini.

Website: interclubindonesia.com
E-mail: official.interclubindonesia@gmail.com
Instagram: @interclubindo

Kami bangga bisa mengenal dan memberitakan komunitas penggemar sepakbola seperti Inter Club Indonesia kepada sobattikum. Tetap semangat dan kreatif di tengah pandemic covid-19 untuk para Internisti Indonesia.

Forza Ragazzi Non Vi Lasceremo Mai.

“I still remember the excitement within our camp that we were going to be playing Inter milan. Their squad was filled with names like Seedorf, Adriano, Vieri, and Ronaldo.”

Tony Mowbray

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka