Mengenal Indonesian Radiohead Fans

Tikum Musik – Musik di era tahun 90an memang selalu dirindukan, karena pada saat itu industri musik di Eropa dan Amerika sedang bersaing dengan berbagai aliran musik untuk mendapatkan hati para penikmat musik. Jika Amerika sedang menggandrungi musik Grunge, maka Inggris pun tidak mau kalah.

United Kingdom merupakan penghasil banyak musisi dan band legendaris dunia. Bahkan, pada tahun 60an ada istilah ‘British Invasion’ di dunia musik dan dilanjutkan dengan era ‘Britpop’ di era 90an.

Sekarang mari kita menuju Abingdon, Oxfordshire, Inggris. Karena disinilah salah satu grup musik dunia yang terbentuk pada tahun 1985 yaitu Radiohead.

Band yang kaya akan misteri dan teka-teki dalam setiap karyanya ini terdiri dari: Thom Yorke (Vokal), Jonny Greenwood (Lead gitar), Ed O’Brien (Gitar), Colin Greenwood (Bass), Phil Selway (Drum). merilis single pertama mereka yaitu Creep, pada tahun 1992. dan menurut berbagai sumber pada awalnya lagu ini tidak sukses, tetapi menjadi hits di seluruh dunia beberapa bulan setelah rilisnya album debut Pablo Honey di tahun 1993. Berikut daftar album Radiohead.

  • Pablo Honey (1993)
  • The Bends (1995)
  • OK Computer (1997)
  • Kid A (2000)
  • Amnesiac (2001)
  • Hail to the Thief (2003)
  • In Rainbows (2007)
  • The King of Limbs (2011)
  • A Moon Shaped Pool (2016)

Bagi generasi Indonesia yang tumbuh besar di era 1990-an, kami yakin bahwa Radiohead masuk dalam daftar band favorit anda, karena saat itu begitu banyak lagu mereka yang mengudara melalui radio dan televisi seperti MTV. Untuk itu mari kita mengenal sebuah komunitas dari penggemar Radiohead Band yaitu Indonesian RadioHead Fans.

Indonesian Radiohead Fans 2

Indonesian Radiohead Fans (IRF) berdiri tanggal 12 Maret 2009. Kala itu adalah Santosa Awi Justy dan Andryas Effendy adalah dua orang yang berinisiatif untuk mengumpulkan para penggemar Radiohead Band diseluruh Indonesia.

Indonesian Radiohead Fans 3
(Pendiri IRF)

Visi terbentuknya IRF adalah sebagai wadah penggemar musik dan tempat berkumpulnya seluruh fans Radiohead di Indonesia. Dan Misi dari IRF adalah menjalin silaturahmi persaudaraan sesama penggemar Radiohead, mengkampanyekan setiap karya musik dan kegiatan band Radiohead, dan yang tidak kalah penting adalah bisa mendatangkan Band itu ke Indonesia melalui kerjasama dengan para promotor musik lokal.

IRF tidak menjalankan sturuktur kepengurusan komunits secara formal, sehingga mereka tidak mengangkat ketua dalam perkumpulan. Semua kegiatan direncakan dan melalui musyawarah bersama seluruh anggota. Latar belakang para anggota IRF sangat beragam dari genre, usia dan profesi. Mulai dari usia dari 18 tahun hinga usia diatas 50 tahun dengan profesi sebagai mahasiswa, karyawan swasta, seniman dan pengusaha.

sampai saat ini jumlah anggota berdasarkan data base pada Facebook sudah mencapai 5.300 orang. Dan untuk penyebaran resmi ada di beberapa kota seperti IRF Bandung, IRF Tasikmalaya dan IRF Palu, Sulawesi Tengah.

Indonesian Radiohead Fans 4
Indonesian Radiohead Fans 5

Kami sempat bertanya kepada perwakilan IRF mengenai apa yang membedakan dan istimewa dari Radiohead dari band lainnya? Dan mereka menjawab bahwa “Radiohead adalah band yang membuat kita berpikir, baik dari komposisi lagu maupun makna liriknya. Karena selalu ada “sesuatu” yang dalam di sana.

Selain mengkoleksi berbagai album dan merchandise khas Radiohead, para anggota IRF memiliki berbagai kegiatan rutin dan sering mengadakan pertemuan untuk berkumpul bersama, melakukan jam session di studio musik, menghadiri undangan wawancara dari berbagai media local dan nasional, hingga mengadakan event tribute to Radiohead. Namun, saat ini mereka memilih untuk vakum sementara karena situasi pandemi covid-19 dan hanya aktif melalui daring di aplikasi Zoom, WhatsApp, dan melalui berbagai media online IRF.

Indonesian Radiohead Fans 6
Indonesian Radiohead Fans 7
Indonesian Radiohead Fans 8

Untuk mengenal lebih jauh tentang penggemar atau fans Radiohead di Indonesia, kami mengajak sobattikum di seluruh Indonesia untuk bergabung bersama Indonesian Radiohead Fans. Silahkahkan menghubungi akun sosial media mereka di bawah ini.

E-mail: indonesianradioheadfans@yahoo.com
Facebook: INDONESIAN RADIOHEAD FANS
Twitter: @Radiohead_Id

Sukses selalu untuk semua rencana kegiatan di tahun 2021, dan Tikum.id berharap agar tetap semangat dan kreatif di masa pandemi saat ini, hingga bisa mewujudkan misi terbesar untuk menghadirkan Radiohead ke Indonesia di masa depan. Long Live Radiohead!

“I think the most important thing about music is the sense of escape.”
Thom Yorke

Anda mungkin suka