Mengenal Cold Brew Coffee dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Di antara sekian banyak metode pembuatan kopi, teknik cold brew tengah populer karena diklaim memiliki berbagai kelebihan. Yuk tambah pengetahuan Anda di Tikum.id

Ketika membicarakan tentang cold brew coffee, banyak orang yang akan langsung membayangkan es kopi. Inilah yang banyak dikomersialisasi oleh jaringan coffee ship besar di berbagai belahan dunia. Padahal, cold brew coffee lebih dari sekadar itu. Anda bisa bisa minum cold brew coffee dengan es. Tapi, tidak semua kopi yang diberi es itu adalah cold brew.

Pengertian Cold Brew Coffee

Cold brew merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan teknik brewing atau penyeduhan pada kopi. Seperti namanya, cold brew coffee diseduh dengan menggunakan air suhu ruang, bukan air panas seperti kopi biasa. Setelah diberi air, kopi kemudian didiamkan selama beberapa jam. Hasilnya jelas berbeda dengan es kopi yang pernah Anda minum di coffee shop.

Karena tidak ada suhu panas, berbagai zat dalam kopi tidak sepenuhnya larut ke dalam air. Inilah yang membuat kopi hasil penyeduhan dengan air dingin memiliki keasaman yang lebih rendah, soft serta lebih manis. Kadang rasa pahitnya juga ikut hilang. Karena alasan inilah cold brew coffee sering direkomendasikan bagi mereka yang tidak kuat rasa kopi yang pahit.

Perbandingan antara Cold Brew Coffee dengan Hot Brew Coffee

1. Rasa

Proses ekstraksi komponen dalam kopi yang dilakukan air dingin tidak hanya lebih lambat ketimbang air panas. Namun hasil ekstraksinya pun berbeda. Inilah yang membuat rasa dari kedua teknik penyeduhan bisa sangat berbeda. Pengujian menunjukkan bahwa kopi seduhan dingin alias cold brew memiliki keasaman dan rasa pahit 66% lebih rendah dari kopi seduhan panas.

2. Aroma

Kopi yang dibuat dengan teknik seduhan air dingin umumnya tidak mengeluarkan aroma kuat seperti kopi yang diseduh dengan air panas.

3. Cara Penyajian

Kopi panas adalah kopi panas. Anda bisa meminumnya begitu saja atau membuat resep minuman lain dengan kopi panas. Tapi ini bukanlah sebuah kelebihan bagi banyak orang. Kopi cold brew sebaliknya, bisa dibuat menjadi berbagai racikan. Karena tidak diproses sebagai minuman siap minum, kopi seduhan dingin menciptakan konsentrat yang bisa dipasangkan dengan berbagai bahan lainnya.

Manfaat Kesehatan Cold Brew Coffee

Meningkatnya popularitas cold brew coffee bukan tanpa alasan. Ada berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan melalui metode penyeduhan ini antara lain:

1. Lebih Aman untuk Lambung

Kopi kerap dihubungkan dengan nyeri lambung karena rasa asamnya. Padahal pemicu naiknya asam lambung saat minum kopi terjadi karena adanya asam klorogenik yang memicu lambung memproduksi asam lebih banyak. Cold brew mengekstrak lebih sedikit klorogenik dibanding hot brew sehingga potensi kenaikan asam lambung bisa dihindari.

2. Solusi untuk Penderita Diabetes

Kebanyakan orang tidak suka minum kopi pahit. Ini tentu menjadi dilema bagi penderita diabetes. Meninggalkan gula dengan krimer bukanlah hal yang mudah sementara minum black coffee juga tidak gampang. Dalam situasi seperti ini, cold brew coffee bisa menjadi opsi pengganti. Karena rasanya yang tidak sekuat kopi seduhan air panas, siapapun bisa meminumnya tanpa gula.

. Tertarik beralih ke cold brew coffee? Share ide anda melalui kolom komen dibawah ini.


Anda ingin berbagi opini mengenai komunitas Life-style?
Baca Panduan dan kirimkan tulisan Anda melalui formulir dan panduan ini
bit.ly/tikumformpenulis

tikum ads penulis 750

Intelligent Stainless Steel Thermos Bottle Cup Temperature Display Vacuum Flasks Travel Car Soup Coffee Mug Thermos Water Bottle
Anda mungkin suka