Mengenal CLOW (Cat Lovers in the World)

Cat Lovers in the World

Memiliki hewan peliharaan memang menyenangkan dan memberikan kepuasaan batin. Akan tetapi memelihara satwa juga butuh komitmen dan tanggung jawab yang wajib anda lakukan mulai dari melatih, memberi makan, hingga menjaganya sampai akhir hayat hewan tersebut. Namun, Kenyataan yang sering terjadi adalah banyaknya orang yang belum “dewasa” dalam bertanggung jawab terhadap binatang peliharaan seperti Anjing dan Kucing. Karena dua jenis hewan tersebutlah yang paling sering kita lihat terlantar dan dicampakan oleh para pemiliknya.

Menurut Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) jumlah kucing liar di Jakarta pada tahun 2018 saja sudah mencapai 29.504 ekor. Bahkan Pemprov Jakarta bahkan sempat merazia kucing-kucing jalanan untuk dikebiri. Jika ini tetap dibiarkan dan tidak dikontrol maka perkirakan populasi kucing liar akan mencapai angka yang lebih tinggi lagi. Itu baru cerita satu propivinsi saja loh sobat tikum, bagaimana jika kita hitung di seluruh Indonesia?

Banyak tempat penangkaran hewan terlantar atau shelter yang juga sudah kewalahan karena kapasitas daya tampung kucing liar dengan berbagai kondisi memprihatinkan yang terus melonjak, sementara ketersedian tempat, sumber daya manusia dan biaya untuk memberi makan hewan-hewan ini berjalan terus. Oleh karena itu sebaiknya bagi calon orang tua asuh (COTA) sebaiknya melakukan adopsi dari shelter dibanding membeli hewan peliharaan. Hal inilah yang membuat kami ingin membahas secara lengkap mengenai sebuah tempat penampungan kucing-kucing terlantar yang Bernama CAT LOVERS in the WORLD.

Cat Lovers in the World 2

Cat Lovers in The World (CLOW) didirikan pada tanggal 9 Oktober 2016, dan untuk rumah singgah (Shelter) CLOW resmi berdiri pada tangal 1 Maret 2017. Organisasi relawan satwa ini berdiri atas prakarsa Wahyu Winono atau yang akrab disapa Bimbim.

Cat Lovers in the World 3
(Pendiri CLOW)

Visi dari Clow adalah ingin menjadi organisas dan wadah pencinta kucing yang siap memberikan pertolongan kepada kucing-kucing jalanan yang sakit atau terluka akibat berbagai macam hal. Sedangkan Misi Clow juga tidak kalah penting, yaitu:

  1. Mengedukasi masyarakat dengan berbagai program pelatihan khususnya mengenai undang-undang pasal 302, yaitu tentang kekerasan pada hewan agar tidak ada lagi kasus kekerasan terhadap Kucing.
  2. Merawat dan mendidik perilaku kucing-kucing liar agar bisa mendapat rumah dan keluarga baru yang bertanggung jawab dalam kehidupan mereka.
  3. Melakukan program steril untuk kucing jalanan untuk mencegah meningkatnya populasi kucing liar.

Sekedar informasi bahwa UU pasal 302 kitab undang-undang hukum pidana adalah mengenai penganiayaan baik ringan dan berat serta pembunuhan hewan. Tentunya hal ini dalam konteks hewan peliharaan.

Organisasi Clow memiliki berbagai tenaga relawan yang terdiri dari berbagai macam usia, gender dan profesi, mulai dari usia 16 tahun- 50 tahun, dan sudah memiliki ratusan anggota di seluruh Indonesia.

Cat Lovers in the World 4
Cat Lovers in the World 5

kegiatan rutin Clow sebelum masa pandemi Covid adalah melakukan tindak lanjut langsung ke lapangan atas berbagai laporan masyarakat sekitar yang melihat kucing cacat atau terlantar, melakukan pengalangan dana melalui berjualan, menghadiri event satwa sekaligus sosialisasi program tentang kucing, hingga melakukan bakti sosial kepada berbagai yayasan anak yatim piatu. Namun, sejak pandemic covid-19 melanda Indonesia kegiatan yang utama saat ini adalah mengurus kucing-kucing sakit yang ada di shelter.

Cat Lovers in the World 6
Cat Lovers in the World 7
Cat Lovers in the World 8
(Bakti sosial untuk anak yatim piatu)

Kami bertanya kepada perwakilan Clow, mengapa kucing begitu istimewa untuk kalian? dan jawaban mereka adalah “Kami sangat menyayangi kucing, karena kucing salah satu hewan peliharaan yang sangat lucu, dan mampu membuat hati kami Bahagia”

Bagaimana sobat tikum, mulia bukan pekerjaan yang dilakukan oleh Clow. Dan jika anda pencinta kucing, kami mengajak anda untuk turut bergabung menjadi relawan Clow guna menjaga populasi kucing liar, serta melindungi dari orang-orang yang berniat menyiksa bahkan memakan mereka. Silahkan menghubungi beberapa akun sosial media mereka di bawah ini.

Website: clowrescue.org
Email: bimbim@clowrescue.org
Facebook Fanpage: CLOW – Cat Lover in The World
IG: @Cat_lovers_in_the_world

Banyak cara untuk mengurangi populasi kucing liar salah satunya dengan cara mengadopsi dari penampungan, atau anda juga bisa turut membantu shelter itu dengan berdonasi dari rejeki yang anda miliki. Sebagai makhluk Tuhan yang dikaruniai akal budi sempurna mari kita peduli terhadap kelangsungan nasib dari para makhluk ciptaan Tuhan lainnya.

“Time spent with cats is never wasted.”
Sigmund Freud

Author: Gina Lugvianty

Gina Lugvianty adalah Wanita yang aktif dalam komunitas satwa dan musik entertainment. ia juga memiliki passion terhadap Live music & lifestyle.

1 thought on “Mengenal CLOW (Cat Lovers in the World)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *