Mengenal Aura Kharisma, MGI 2020 yang Akan Berkompetisi di Phuket

Meskipun diadakan secara virtual, Indonesia telah menobatkan Miss Grand Indonesia 2020 yaitu Aura Kharisma pada bulan Mei tahun lalu.

Setelah beberapa kali berpindah lisensi kepemilikan, tahun 2020 lalu Yayasan Miss Grand International akhirnya menunjuk Yayasan Dunia Mega Bintang milik Ivan Gunawan untuk menyelenggarakan ajang Miss Grand Indonesia (MGI) 2020. Proses seleksi pun diadakan sejak akhir tahun 2019.

Awalnya, MGI 2020 akan diadakan seperti ajang kecantikan lain di dunia entertainment tanah air. Tapi karena pandemi dan PSBB, Ivan Gunawan memutuskan untuk mengadakan MGI secara virtual dan ditayangkan di laman Youtube MOP Channel. Dari ajang virtual tersebut, dipilihlah Aura Kharisma sebagai MGI 2020 yang akan mewakili Indonesia di ajang internasional.

Siapa Aura Kharisma?

Memiliki nama lengkap Kharisma Aura Islami, mojang kelahiran 27 November 1999 ini berasal dari Majalengka, Jawa Barat. Sebelum dinobatkan sebagai Miss Grand Indonesia 2020, putri pasangan Edwin Kurniawan dan Julia Damayanti ini telah menekuni karir modelling sejak usia 13 tahun.

Perjalanan Aura untuk menjadi Miss Grand Indonesia tidaklah mudah. Gadis berkulit hitam manis itu harus mengikuti audisi agar terpilih menjadi 5 finalis utama dan berhak mengikuti ajang MGI virtual. Setelah terpilih, Aura dan keempat finalis lain wajib mengikuti karantina selama sebulan untuk mempersiapkan penampilan mereka di malam penobatan.

Bersama 4 finalis lain, yaitu Bella Aprilia, Jazmine Rowe, Nadia Inggrida, dan Jessica Lagu, Aura tidak hanya mempersiapkan performa terbaik tetapi juga memperoleh beberapa pelatihan seperti public speaking, pasarella atau catwalk, photoshoot, dan make up.

Pelatihan tersebut dilakukan agar MGI yang terpilih nanti tidak hanya memiliki skill entertainment memukau tetapi juga perilaku dan pengetahuan yang memadai. Berkat penampilan dan performa yang menawan, Aura pun dipilih juri untuk mewakili Indonesia di ajang Miss Grand International di Phuket, Maret nanti.

Karir Aura Kharisma

Ketika menjadi model, Aura sempat mengikuti dan memenangkan beberapa kompetisi seperti Face of Indonesia 2014, Asia Model Festival 2014, Guess Girl South East Asia 2015, Miss Model of the World 2018, dan World Top Model 2019. Pengalaman mengikuti kompetisi inilah yang menjadi alasan mengapa penampilan Aura di malam penobatan MGI 2020 membuat dewan juri terpana.

Di sela mengikuti kompetisi, Aura juga tetap menekuni profesinya utamanya. Bahkan gadis manis yang masih tercatat sebagai mahasiswi Universitas Mercubuana Jakarta Jurusan Public Relation itu sempat menjadi model yang menampilkan beberapa busana rancangan para desainer ternama di ajang fashion week.

Setelah menjadi MGI 2020, kesibukan Aura cukup padat. Selain menjalani perannya sebagai wajah dari Yayasan Dunia Mega Bintang, Aura juga menjalani puluhan photoshoot, menjadi Brand Ambassador produk kosmetik, skincare, dan perhiasan, serta menjalankan advokasinya.

Advokasi untuk Miss Grand International

Salah satu persiapan yang harus dilakukan Aura sebelum mengikuti ajang Miss Grand International di Phuket adalah advokasi. Meskipun ajang ini terkenal glamor, stop the war and violence merupakan misi utama yang harus disampaikan oleh pemenang utamanya.

Untuk mewujudkan misi tersebut, Aura mengusung advokasi Peace Start within Us. Pada advokasinya, Aura mengajak seluruh warga dunia untuk memulai aksi perdamaian dari lingkup yang paling kecil, seperti keluarga, lingkungan tempat tinggal, hingga negara untuk mewujudkan dunia yang aman dan tanpa kekerasan.

Inilah mengapa selain mempersiapkan mental dan fisik, Mojang Majalengka tersebut juga mempersiapkan advokasinya sematang mungkin agar ketika dipaparkan di hadapan dewan juri pada malam penobatan Miss Grand International 2021, Aura dapat menunjukkan pesonanya.

Sebagai penikmat enterainment dan showbiz, memiliki Aura Kharisma sebagai salah satu perwakilan di ajang Ratu Kecantikan internasional tentu saja cukup membanggakan. Semoga hasil terbaik bisa diraih oleh Miss Grand Indonesia 2020 ini, ya.

Anda mungkin suka