Cek Skincare-mu, Empat Kandungan Ini Ampuh untuk Mengatasi Jerawat!

Jerawat membandel memang bikin sebel. Apalagi, jika kamu sudah menempuh berbagai upaya untuk mengatasi Jerawat

Tikum Woman – Sebelum Membeli, Pahami Empat Kandungan Skincare Yang Ampuh Untuk Mengatasi Jerawat.

Jerawat membandel memang bikin sebel. Apalagi, jika kamu sudah menempuh berbagai upaya untuk mengatasinya. Mengikuti rangkaian perawatan, sudah. Gonta-ganti skincare, sudah. Mengonsumsi makanan sehat, sudah. Bahkan, menjalani pola tidur yang baik pun sudah dilewati. Mengapa rasanya jerawat tidak mau pergi?

Pada dasarnya, ada berbagai penyebab munculnya jerawat. Mulai dari faktor keturunan, masalah hormonal, hingga gaya hidup tak sehat. Sekalipun jerawat sudah hilang, ternyata tantangannya masih belum selesai. Kamu harus mencari cara untuk mengurangi peradangan dan memudarkan bekasnya.

Beruntung, di zaman ini, bukan teknologi saja yang semakin canggih. Pasalnya, kamu dapat menemukan sejumlah skincare dengan formulasi terbaik untuk menyiasati masalah jerawat.

Nah, sebelum memutuskan ingin membeli merek skincare tertentu, kenali empat kandungan dan manfaatnya, yuk.

1. Niacinamide

Niacinamide menjadi salah satu kandungan yang wajib ada dalam skincare ‘penghilang jerawat’. Masuk dalam kategori vitamin B, niacinamide sendiri sudah nggak diragukan lagi keampuhannya dalam ‘reparasi’ kulit. Adapun selain membasmi bakteri penyebab jerawat, kandungan ini juga dapat memperkuat pertahanan kulit dan memperbaiki teksturnya, sehingga jadi makin lembut dan halus.

Manfaat lain, niacinamide ini memberi efek kulit yang semakin cerah. Dikombinasikan dengan fungsinya mencegah penuaan dini akibat radikal bebas, saatnya katakan: ‘selamat tinggal flek bandel!’

2. Vitamin C

Tak hanya bagi tubuh, vitamin C juga dibutuhkan oleh wajah, lho. Nggak heran, jika kini banyak skincare yang memasukkan kandungan ini karena segudang manfaatnya. Selain dapat mencerahkan wajah, vitamin C juga dapat meningkatkan produksi kolagen. Seperti yang kita ketahui, keberadaan kolagen ini penting dalam fungsinya memperbaiki sekaligus meremajakan kulit yang rusak.

Sama seperti efeknya pada tubuh, vitamin C merupakan antioksidan ampuh yang membantumu mencegah dan meminimalkan efek radikal bebas. Jadi, pastikan lapisan kulit terluarmu sudah mendapatkan asupan vitamin C yang cukup, ya. Sebagai ‘garda terdepan’, nutrisi ini akan membantu kulitmu dalam melindungi, memperbaiki, dan memproduksi sel kulit baru yang lebih sehat.

3. Retinol

Wajar saja bila retinol menjadi salah satu kandungan favorit para dermatologis. Pasalnya, tak hanya baik unutk mengontrol jerawat, kandungan ini juga membantu mengencangkan kulit—termasuk mengurangi kerutan dan garis halus; mengurangi peradangan; hingga mempercepat regenerasi sel.

Digadang-gadang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat, cara kerja retinol mirip seperti sapu lantai. Ia mengangkat sel kulit mati, lalu merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Nah, cara kerja ini juga berdampak pada kecilnya ukuran jerawat, berkurangnya komedo (blackhead atau whitehead) yang kerap kali memicu jerawat.

4. Asam Glikolat (Glycolic Acid)

Bagi kamu yang belum tahu, asam glikolat berasal dari golongan Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang bersumber dari tanaman tebu. Karena mudah sekali terserap kulit, kandungan ini sudah banyak digunakan sebagai bahan aktif berbagai produk kecantikan, seperti serum, toner, maupun krim.

Adapun fungsi utama asam glikolat adalah untuk merangsang regenerasi yang lebih cepat, dengan terlebih dulu memecah sel kulit mati. Proses ini penting, sebab dapat menghilangkan kotoran, minyak, maupun sel kulit mati yang tadinya menyumbat pori-pori. Tak hanya bikin kulit lebih cerah, bekas jerawat yang membandel pun dapat segera hilang dengan efek pengelupasan ini.

Itu dia empat kandungan skincare yang harus ada jika kamu ingin mengatasi jerawat. Setelah tahu, saatnya cek skincare-mu sekarang, lalu ganti jika diperlukan. Selamat mencoba!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka