Mengapa Sepeda Lipat Lebih Pelan? Begini Jawabannya

Mengapa sepeda lipat cenderung lebih pelan daripada sepeda gunung maupun road bike? Temukan jawaban selengkapnya di sini.

Tikum.id Bike – Mengapa sepeda lipat cenderung lebih pelan daripada sepeda gunung maupun road bike? Temukan jawaban selengkapnya di sini.

Dari sisi kepraktisan, sepeda lipat jauh lebih praktis, ringkas, dan ringan dibawa bepergian. Akan tetapi, dari sisi kecepatan, sepeda lipat terbilang lebih lambat daripada sepeda jenis lain. Apalagi, ketika sepeda harus melewati tanjakan, mengayuhnya terasa berat.

Meski begitu, sepeda lipat tetap punya keunikan tersendiri yang memikat para pecinta sepeda. Yuk, simak ulasan singkat karakter dan alasan mengapa sepeda lipat lebih pelan!

Ketahui Karakter Sepeda Lipat

Secara prinsip sepeda lipat mengusung karakter berbeda, terutama terkait karakter pengguna dan area pemakaian. Beberapa poin penting mengenai sepeda lipat yang perlu Sobat Tikum ketahui adalah:

1. Banyak digunakan bepergian dalam kota

Karena lebih sering melalui rute lurus, jalanan mulus, dan minim tanjakan, sepeda lipat tidak membutuhkan suspensi per maupun udara. Ini membuat pergerakan sepeda lebih efisien, ringkas dibawa, dan mudah dikendarai di dalam kota.

2. Cocok untuk bersepeda santai

Posisi tubuh pesepeda diarahkan agar tegak sehingga bisa memperoleh pandangan lebih luas. Selain itu, dengan chainring kecil dan sadel empuk, sepeda lipat pas untuk aktivitas bersepeda santai.

3. Dirancang sederhana

Bentuk rangka sepeda lipat sengaja dirancang kompak dan kecil ketika dilipat. Karena minim pemakaian internal gear, sepeda ini terkesan sederhana serta ringan dibawa begitu saja.

Alasan Sepeda Lipat Lebih Pelan

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan sepeda. Mulai dari faktor pesepeda, area bersepeda, dan tentu saja sepeda itu sendiri. Namun, beberapa faktor berikut akan menjawab mengapa sepeda lipat cenderung lebih pelan dibandingkan sepeda lainnya.

Posisi tubuh

Posisi tubuh saat mengayuh sepeda ternyata mempengaruhi kecepatan sepeda. Sepeda lipat membuat penggunanya harus duduk tegak sehingga posisi tubuh pesepeda ibarat layar yang menahan hembusan angin.

Bandingkan dengan sepeda balap dengan sudut geometri dan dimensi sepeda yang membuat pesepeda nyaman saat menunduk. Posisi ini lebih efektif membelah angin dan aerodinamis sehingga laju sepeda pun lebih cepat.

Ukuran roda

Ukuran roda sepeda lipat umumnya 16 inci dan 20 inci. Sementara, ban sepeda balap 27,5 inci dan 29 inci, serta sepeda gunung memakai ban berukuran 26 inci, 27,5 inci, dan 29 inci.

Diameter berbeda akan menciptakan keliling ban berbeda sehingga putaran ban berpengaruh pada jarak tempuh yang mampu dicapai. Dengan diameter lebih kecil, roda sepeda lipat akan menempuh jarak lebih pendek daripada roda jenis sepeda lain. Itulah sebabnya pergerakan sepeda lipat lebih lambat.

Gear Ratio

Gear ratio merupakan perbandingan ukuran gear, jumlah gigi antara gear depan (chainring) dan sprocket atau casette (gear belakang). Berbeda jenis gear, pasti berbeda juga gear ratio yang dimiliki. Beberapa trik pemilihan gear ratio untuk pesepeda adalah:

  • Agar sepeda ringan menanjak, terapkan gear ratio kecil alias menggunakan sprocket besar dan chainring kecil.
  • Agar sepeda lebih ngebut, gunakan chainring besar dan sprocket berukuran kecil sehingga tercipta gear ratio besar.

Nah, perhatikan juga percepatan atau speed yang digunakan sepeda. Jenis sepeda balap dan sepeda gunung rata-rata memakai 10 hingga 12 speed. Penggunaan double/triple chainring menghasilkan gear ratio lebih luas. Sementara, sebagian besar sepeda lipat mengandalkan 3 sampai 7 speed dan single chainring. Walhasil, pilihan gear ratio sepeda lipat lebih sempit dibandingkan jenis sepeda lain.

Ternyata posisi tubuh, diameter roda, dan gear ratio jadi alasan mengapa sepeda lipat cenderung lebih pelan dibandingkan sepeda balap maupun sepeda gunung. Tentu saja hal tersebut tidak serta merta menjadi kekurangan sepeda lipat. Kembali lagi pada preferensi Sobat Tikum sebagai pengguna sepeda.
Bagaimana, tertarik meminang sepeda lipat?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka