Mengapa Kucing Kampung Lebih Mudah Dipelihara Dibanding Kucing Ras

kucing kampung

Bagi animal lover, setiap kucing memiliki plus minus. Tapi beberapa hal ini menjadi alasan mengapa kucing kampung / lokal lebih mudah dipelihara.

Di kalangan animal lover, pembahasan tentang mana yang lebih unggul di antara kucing ras atau kampung seolah tidak ada habisnya. Padahal kedua jenis kucing tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi jika disuruh memilih mana yang lebih mudah dipelihara, banyak yang menyebut kucing kampung sebagai kandidat utama.

Perbedaan Kucing Kampung dan Ras

Sebelum membandingkan, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu perbedaan mencolok di antara kucing kampung dan ras. Kucing kampung sebenarnya tidak hanya ada di Indonesia. Di luar negeri jenis ini dikenal dengan istilah Moggy. Moggy sendiri sudah ada sejak zaman dahulu dan diyakini sebagai keturunan kucing liar Afrika.

Sementara itu, kucing ras merupakan hasil perkembangbiakkan yang disengaja agar memiliki karakter fisik atau psikologis yang diinginkan. Inilah mengapa tampilan kucing ras cenderung lebih cantik dan menarik dibanding kucing kampung. Nama masing-masing kucing ras pun diambil dari tempat mereka dikembangbiakkan, seperti Persia, British Short Hair atau Siamese.

5 Alasan Mengapa Kucing Kampung Mudah Dipelihara

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, meskipun tampilan kucing kampung cenderung kurang menarik tetapi jenis ini dianggap lebih mudah dipelihara. Berikut beberapa alasannya,

Lebih Tahan Penyakit

Lingkungan hidup yang cenderung bebas atau liar membuat kucing kampung secara tidak langsung memiliki daya tahan tubuh lebih kuat. Hal ini tentu saja membuat kucing kampung lebih tahan penyakit baik yang berasal dari virus ataupun bakteri. Kalaupun terkena penyakit, kucing kampung biasanya cepat pulih.

Inilah mengapa banyak yang menganggap kucing kampung lebih mudah dipelihara dibanding kucing ras yang diketahui memiliki daya tahan tubuh rendah dan mudah sakit.

Mudah Dirawat

Kucing ras dikenal memiliki bulu cantik dan kulit lembut. Hal tersebut membuat perawatan kucing jenis ini cenderung rumit. Pemiliknya harus rajin membersihkan atau memandikan bulu-bulu agar kucing tetap sehat sekaligus bebas kutu. Lain halnya dengan kucing kampung.

Kucing jenis ini cukup pintar menjaga kebersihan diri. Didukung bulu pendek dan kulit tebal, kucing kampung juga tidak mudah terserang kutu kulit. Inilah mengapa banyak animal lover yang berpendapat kucing kampung lebih mudah dirawat dibandingkan kucing ras.

Makanannya Mudah

Selain fisik, kucing kampung juga dianugerahi anatomi tubuh yang kuat. Inilah mengapa soal makanan, Moggy tidak terlalu manja. Mulai dari yang paling mahal hingga yang murah seperti ikan asin bisa mereka konsumsi tanpa masalah apapun. Hal ini tentu saja tidak berlaku pada kucing ras.

Kucing jenis ini harus diberi makanan berkualitas untuk menjaga kecantikan bulu dan kulit mereka. Tidak hanya itu, kesalahan dalam memberi makan pada kucing ras juga akan berakibat buruk pada kesehatannya.

Lincah dan Aktif

Lingkungan liar dan bebas secara tidak langsung membentuk karakteristik kucing kampung. Inilah mengapa dibandingkan kucing ras yang biasa hidup di rumah dan kandang, Moggy cenderung lebih lincah dan aktif. Anda juga tidak perlu heran apabila kucing kampung yang dipelihara kerap sulit ditemukan.

Kucing kampung termasuk salah satu hewan yang suka menjelajah. Inilah mengapa mereka sering ditemukan berada jauh dari tempat tinggal pemilik atau berkelahi dengan kucing dari luar wilayah mereka.

Mudah Didapat

Apabila Anda tertarik memelihara kucing kampung, jangan khawatir. Dibanding kucing ras yang mahal, kucing jenis ini bisa kita dapatkan di mana saja. Anda hanya perlu mengadopsi kucing liar yang ada di jalanan tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun.

Jadi, tertarik untuk memelihara kucing kampung animal lover? Semoga bermanfaat.

Author: Gina Lugvianty

Gina Lugvianty adalah Wanita yang aktif dalam komunitas satwa dan musik entertainment. ia juga memiliki passion terhadap Live music & lifestyle.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *