Mengapa HP Smartphone Mengubah Kebiasaan Kita

Ketika Apple iPhone pertama memasuki pasar pada tahun 2007, tidak semua orang yakin itu akan menggantikan telepon genggam ,model lipat.

Ketika sistem perangkat lunak Google Android tiba setahun kemudian, Blackberry tampaknya masih memiliki masa depan yang cerah.

Tetapi dengan iPhone 4 pada 2010, yang menampilkan layar resolusi tinggi, desain ramping dan kamera yang menghadap ke depan, secara massif dan revolusioner mengubah nasib kita, secara massif sekali lagi, dan kolektif pula. Coba lihat ada 10 hal yang mengubah kita, setidaknya dekade terakhir.

Akses di mana-mana

Saat ini sekitar 5 miliar smartphone sedang digunakan di seluruh dunia, menurut Canalys Research.

Jumlah total langganan internet telah melonjak menjadi 7,2 miliar secara global dari 1,3 miliar pada 2010, sebagian besar di antaranya langganan seluler, demikian data International Telecommunications Union (ITU).

Ledakan dalam konektivitas begitu sangat dramatis khususnya di negara berkembang, di mana sekarang ada lebih banyak koneksi seluler daripada manusia.

Fenomena ini juga disebabkan dengan semakir murahnya harga smartphone china seperi Hp_xiami, vivo, oppo dan lainnya.

Tech uber alles

Apple, yang dulu merupakan perusahaan komputer khusus, sekarang menjadi salah satu perusahaan paling bernilai di dunia berkat iPhone.

Lima perusahaan teknologi Fortune 500 terbesar – Apple, Amazon, Google, Microsoft dan Facebook – saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 4,7 triliun (IDR , dibandingkan dengan sekitar $ 800 miliar untuk lima besar pada tahun 2010.

Memang tidak serta-merta berkesimpulan semua disebabkan oleh smartphone, tentu saja, tetapi teknologi dan layanan terkait seluler menyumbang hampir $ 4 triliun dalam kegiatan ekonomi pada tahun 2018, menurut asosiasi GSMA.

Semuanya ada. Aplikasi apa yang kamu mau?

Baik kita memanggil taksi, memesan makanan, bermain game, mencari teman kencan, mendengarkan musik, atau berbelanja apa saja, ada peluang bagus kita akan melakukannya dengan aplikasi ponsel pintar yang tidak ada pada 2010 .
Banyak aplikasi paling populer gratis, tetapi konsumen masih diperkirakan akan menghabiskan lebih dari $ 120 miliar di toko aplikasi selama 2019, menurut App Annie, sebuah perusahaan analisis aplikasi seluler.

tikum-tech-life-191225-1

Sesame ponsel, beri aku makan!

Scrolling tak ada habisnya di Facebook, Instagram, Twitter dan aplikasi media sosial lainnya sekarang menghabiskan 3 jam 6 menit perhari menurut laporan “Digital Around The World 2019” oleh riset We Are Social dan Hoosuite.

Lebih sedikit orang yang duduk di sofa untuk menonton TV langsung di waktu yang ditentukan, dan pengiklan mengikuti. Pengeluaran iklan seluler melampaui TV untuk pertama kalinya pada tahun 2018 dalam hal persentase pangsa pasar AS, menurut perusahaan riset eMarketer.

Kami juga dapat berterima kasih kepada smartphone untuk influencer Instagram, “sextortion,” dan berita palsu.

Senyum dong untuk kamera (smartphone)

Pengiriman kamera digital global turun dari puncaknya 2010 yang 121 juta menjadi hanya 19 juta unit pada 2018, menurut Camera & Imaging Products Association (CIPA).

Sementara itu ponsel terbaru mengemas sebanyak empat lensa kamera dan perangkat lunak canggih yang membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk mendapatkan bidikan sempurna.

Kamera yang menghadap ke depan mungkin yang paling gila: Google melaporkan bahwa perangkat Androidnya mengambil 93 juta selfie setiap hari.

Dimana? Saya dimana?

Teknologi pelacakan satelit yang dikenal sebagai GPS, dikombinasikan dengan informasi dari menara telepon seluler dan jaringan Wi-Fi, telah membuat smartphone ini perangkat pelacakan yang sangat kuat.

tikum-tech-life-191225-2

Peta Google dan aplikasi jelek sejenis memungkinkan bahkan orang-orang yang paling parah mengenai kemampuan orientasi arah, tetap dapat menemukan jalan dengan mudah di tempat-tempat yang asing.

Namun, bagi mereka yang berpikiran privasi, ini adalah bencana: Perusahaan telepon dan pembuat aplikasi secara rutin merekam pergerakan pelanggan dan menjual data itu kepada pengiklan, bisnis senilai $ 20 miliar per tahun.

Data itu “dianonimkan,” tetapi sebagaimana banyak penelitian dan investigasi New York Times baru-baru ini mengungkapkan sering kali merupakan masalah sederhana untuk mengidentifikasi siapa yang berada di belakang titik pada peta.

Hampir 50% perusahaan yang disurvei oleh Verizon tahun ini menggunakan atau berencana untuk segera menggunakan alat manajemen smartphone untuk melacak karyawan mereka.

Anda bisa cari apapun sekarang ini dan menjadi super pintar

Edisi 2010 dari Encyclopedia Britannica yang dipuja puji, semua 32 volume dan 129 ponnya, ternyata menjadi yang terakhir. Tapi argumen debat kusir di café yang dulu tak terselesaikan sekarang dapat diselesaikan di tempat, dengan cepat: browsing Wikipedia lebih dari 240 juta kali setiap hari.

Distraksi di ats kemudi: pembunuh paling keji
Pada tahun 2018 saja di AS, 2.628 kecelakaan fatal melibatkan pengemudi yang terganggu atau terdistraksi oleh ponsel, dan dari kecelakaan yang mematikan, sekitar 13% melibatkan penggunaan ponsel, menurut National Safety Traffic Traffic Administration (NHTSA).

Dompet? Ngak perlu keluarin dompet

Apple Pay dan Google Pay masih asing bagi sebagian besar konsumen AS, tetapi Cina mungkin menjadi pertanda.

tikum-tech-life-191225-3

Alipay dan pembayaran WeChat, dua layanan pembayaran smartphone besar China, telah mencapai tingkat adopsi gabungan lebih dari 80% sejak diluncurkan sekitar awal dekade ini, menurut sebuah studi oleh Bain. Kalau kita ada Gopay, Ovo, Linkaja, dana.

Kode QR sekarang jendela tiko menjadi bumbu penarik atensi calon pembeli. Bahkan pengemis di pinggir jalan telah beradaptasi, terkadang menolak uang tunai dan meminta pembayaran dilakukan melalui WeChat Pay atau Alipay. Gila.

So, menurut Anda?

Saya sih: Amin

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka