Resolusi Tahun Baru 2020 Mengapa Anda Harus Membaca

tikum books 1

Membaca itu budaya yang mesti dipupuk sejak dini. Memang generasi baby boomers, X, Y, Z, Millenial hingga sekarang Post Millenial, penetrasi budaya baca buku masih dirasakan kecil, begitu kata Mbak Najwa Sihab, Duta Baca Indonesia.

Mungkin, kalau mau masuk sorga disyaratkan mesti baca buku minimum 120 perdekade misalnya, tes atau pertanyaan nantinya diganti, kita mungkin bisa berubah kali ya?

Berikut 12 Alasan Utama Mengapa Anda Harus Baca Buku, minimum 12 buku setahun.

Membaca baik untuk otak

Membaca adalah melatih pikiran seperti olah raga melatih otot. 300 tahun lalu, Joseph Addison menquote , sebelum adanya penelitian modern. Saat ini peneliti menunjukkan bahwa kebiasaan membaca membuat Anda lebih smart. Membaca novel misalnya akan melancarkan peredaran darah dan mengaktifkan jutaan sel otak Anda.

Membaca menghantarkan anda ke ide-ide baru dan memungkinkan lebih mudah menyelesaikan masalah

Pernahkah anda membaca buku misteri dan dapat menerka jawaban akhir sebelum sampai kekesimoulannya? Kekuatan analisis Anda bekerja dengan baik dan pikiran Anda berstimulasi padahal baru baca setengah jalan. Membaca membantu Anda mendeteksi pola, memecahkan masalah dengan mengasimilasi informasi seolah andalah protagonis atau pelaku dalam cerita.

Membaca Menjadikan Anda Menulis Lebih Baik

Membaca dan menulis memiliki korelasi yang erat. Saat Anda membaca otak Anda akan secara aktif mengabsorb teknik menulis dan kosa kata. Saat Anda menulis secara tidak sadar akan meniru gaya penulisan dari buku yang pernah Anda baca. Semakin banyak membaca, kemampuan mencek kosa kata dan penulisan yang benar dan tentunya penetahuan etimologi kata semakin meningkat.

Membaca dan kemampuan berbicara

Semakin banyak perbendaharaan kata dan kemampuan memilih dan menggunakan kata yang tepat, spesik dan ekspresi serta mengartikulasikan maksud Anda akan meningkat, tentunya. Coba lihat anak yang gemar membaca, mereka sangat senang untuk ngobrol dan pembicaraan mereka sering menjadi dalam, yang mungkin membuat Anda sedikit surprise dengan pengunaan kata-kata yang Fancy yang mereka ketemukan di dalam buku.

Membaca menajamkan pandangan terhadap dunia dan keyakinan Anda

Membaca buku tentang berbagai perspektif dari dunia yang berbeda akan meningkatkan keyakinan Anda terhadap sesuatu dan hal. Membaca menghantarkan Anda ke gerbang dunia lain yang begitu lebar dan variatif yang mungkin Anda tertarik untuk cari tahu dan mengerti megenai kebenaran dan keyakinan dari belahan dunia diluar lingkungan Anda.

Membaca dan peningkatan disiplin diri

Saat ini, dengan informasi teknologi baru dan media yang semakin banyak, atensi kita terhadap sesuatu menjadi semakin kecil. Berbeda bila Anda membaca buku yang memforsir Anda untuk fokus , mendalami isi cerita dan wajib untuk menikuti plot dan menyudahi buku hingga akhir. Untuk yang satu ini, otak kita dipersuasi untuk membentuk koneksi yang dalam dengan berkonsentrasi.

Pengetahuan Sejarah semakin meningkat

Membaca akan memberikan kita informasi mengenai Politik, Kearifan lokal, Kebudayaan, ekonomi dan intelektual. Konteks ini sering termaktub dalam cerita dan mudah untuk diingat, dan mungkin Anda semakin mudah lagi mengerti akan sesuatu hal contohnya mengaksek timeline dan sejarah panjang dunia dalam database pikiran Anda.

Pengetahuan akan Kebudayaan, Easy

Tidak perlu beli tiket pesawat yang mahal dan terbang mengelilingi dunia. Buku menawarkan bermacam ragam informasi mengenai kebudayaan termasuk kepercayaan, emotif dan spiritualitas dari masyarakat tertentu di belahan lain bumi kita. Mungkin suatu hari kita jalan-jalan kesana, untuk sekarang kita baca buku dulu mengenai mereka.

tikum books 2
tikum books 2

Membaca menantang Anda berimajinasi

Saat Anda membaca, sadar tidak sadar, Anda menjadi tokoh dalam buku yang sedang Anda kenyam. Anda tertantang untuk mengabtraksi benda, personage, situasi, plot yang kesemuanya menantang otak Anda untuk menjadi kreatif dan secara tidak sadar, diri Anda sebenarnya menjadi Kreator dan juga memberikan Anda pengalaman yang pada akhirnya mebuat Anda sedikit lelah karena Anda menjalani hidup dengan beberapa karakter secara bersamaan saat membaca.

Membaca meningkatkan skill sesuai domain yang diminati

Skill dan pengembangan kemampuan akan meningkat saat Anda melakukan pembelajaran dan dilakukan dengan membaca pengalaman orang lain bagai mana menguasai sesuatu dan sebagai tools komparasi.

Membaca memberikan Anda inspirasi

Membaca suatu buku yang bagus itu seperti anda dikelilingi oleh tokoh jagoan dan master yang menginspirasi. Biasanya, aksi inspiratif, passion atau kegairahan dan keinginan untuk hidup lebih baik dan bermakna menjadikan Anda lebih berani dan tertantang menghadapi apapun dan bukan lari dari kenyataan.

tikum books 3
tikum books 3

Membaca untuk menghilangkan stres

Membaca itu seperti Anda kehilangan diri dan Anda akan menikmatinya, khususnya saat membaca buku atau novel yang menyita perhatian dan waktu. Membaca itu mengendorkan otot dan detakan jantung saat otak Anda melayang, merayap entah kemana saat sedang membaca. Membaca itu seperti liburan kecil namun kaya akan opportunity untuk semakin tahu dan lebih mudah untuk meningkatkan pengetahuan akademik, sosial, fisik dan kehidupan spiritual Anda.

So sobattikum, disarankan mulai mencari buku yang enak, mudah dimengerti, memberi anda kenyamanan dalam menyerap 12 benefit yang telah disebutkan.

Untuk dapat mengikuti berita komunitas buku, kunjungi https:tikum.id, homeofcommunity.

Anda mungkin suka