Mencari Pasangan Lewat Dating Apps, Amankah?

dating apps

Memakai dating apps ada sisi positif dan negatifnya bagi wanita. Simak selengkapnya di artikel ini, ya!

Seiring dengan berjalannya waktu, cara memiliki cara yang berbeda untuk mendapatkan pasangan. Kalau dahulu dilakukan secara sederhana seperti berkenalan dengan teman sekolah, teman kantor, atau tetangga, saat ini, wanita memiliki lebih banyak pilihan untuk mencari pujaan. Salah satunya adalah dengan dating apps.

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah: amankan mencari pasangan lewat aplikasi kencan? Apa yang harus dilakukan agar semua berjalan dengan lancar?

Kelebihan Memakai Dating Apps

Dating Apps memiliki jenis yang beragam dan masing-masing platform memiliki keunikan sendiri-sendiri. Tugas Anda adalah memilih yang paling sesuai dan cocok untuk kepribadian. Apa pun jenis aplikasi yang dipakai, umumnya akan memberikan kelebihan berikut:

1. Mudah Memilih Sesuai Kriteria

Dating apps berisi cukup banyak orang yang bisa dipilih sesuai dengan kriteria. Tidak ada batasan lokasi seperti saat berada di lingkungan sekitar. Jadi, Anda bisa mencari seperti apa pria yang disukai dan mulai mengajak mereka mengobrol.

2. Memiliki Banyak Teman Mengobrol

Saat ini, tidak semua orang memiliki teman dekat atau teman ngobrol yang selalu ada setiap saat. Terlebih lagi, kalau sudah banyak yang kerja ke luar kota dan ada yang menikah. Pasti intensitas mengobrol akan menurun. Dengan dating apps, Anda bisa dapat teman mengobrol kapan saja.

3. Mendapatkan Pasangan yang Punya Selera Sama

Beberapa aplikasi memiliki mekanisme kecocokan antara dua individu. Kalau dua orang menyatakan cocok dengan apa yang ditampilkan, aplikasi akan menyatukannya. Jadi, akan lebih mudah kalau sama-sama suka dan memiliki kesan baik dari awal.

Kekurangan Memakai Dating Apps

Ada banyak sisi minus yang dimiliki oleh dating apps, apalagi penggunanya bisa siapa saja dan kadang membahayakan yang lain. Sebelum menggunakan dating apps, perhatikan beberapa poin di bawah ini.

1. Tidak Semua Identitas Asli

Dating Apps rawan sekali untuk dimanipulasi. Misal, ada seseorang yang menggunakan foto atau identitas orang lain. Untuk itu, selalu hati-hati dan pastikan akun yang dipakai sudah terverifikasi.

2. Niat Orang Berkenalan Berbeda-beda

Niat orang untuk berkenalan bermacam-macam. Ada yang melakukannya untuk sekadar mendapatkan teman mengobrol dan ada yang melakukannya untuk kesenangan saja. Beberapa orang berkenalan untuk sekadar mencari partner untuk berhubungan badan.

3. Rawan Tindakan Kriminal

Kita tidak tahu dan tidak kenal dengan orang yang sedang ditemui. Kadang ada niat jahat yang dimiliki dan bisa berbahaya, seperti melakukan tindakan asusila, mencuri, hingga tindakan lain yang lebih ekstrem.

Tips Memakai Dating Apps yang Aman

Kalau Anda sudah lama menggunakan aplikasi kencan, pasti sudah paham dengan seluk-beluknya. Namun, kalau belum pernah menggunakannya, simak dahulu tips di bawah ini:

  • Jangan mudah percaya dengan rayuan jenis apa pun. Tetap stay cool meski Anda menyukainya. Anda tidak tahu apakah orang itu benar-benar asli atau pakai identitas palsu.
  • Hindari untuk mudah bertemu, apalagi tidak di tempat umum seperti restoran.
  • Pilih dating apps yang sesuai dengan kebutuhan saja. Jangan memasang banyak jenis dan memakai semuanya.
  • Hindari memajang identitas pribadi terlalu berlebihan di sana. Misal tanggal lahir, pekerjaan, dan lainnya. Kalau sekadar memajang foto saja, tentu tidak akan jadi masalah.

Dating Apps adalah salah satu alternatif untuk mencari pasangan. Namun, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk cocok atau harus sampai ke jenjang yang lebih tinggi. Jalani semua dengan baik dan tetap memegang etika. Asalkan cocok dan memang jodoh, bukan tidak mungkin untuk melaju ke jenjang pernikahan kok.

Author: Lupi

Lupi adalah social media influencer , Public speaker dan media relation di leading media, ia aktif membahas hal - hal komunitas perempuan dan parenting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *