Tidak Asal Beli Jadi, Ini Tips Memilih Sadel yang Tepat

bagian penting dalam sepeda karena menjadi support bagian tubuh yang menjadi tumpuan. Berikut adalah beberapa tips memilih sadel yang tepat

DeHaen BicycleSadel merupakan bagian penting dalam sepeda karena menjadi support bagian tubuh yang menjadi tumpuan. Berikut adalah beberapa tips memilih sadel yang tepat.

Apakah Anda menggunakan sepeda secara rutin, baik untuk keperluan olahraga semata maupun menjadi sarana transportasi utama sehari-hari?

Terutama apabila jawabannya ya, maka salah satu hal yang harus Anda perhatikan dengan benar adalah pemilihan sadel. Bagian sepeda yang satu ini menjadi penting terutama karena akan menentukan kenyamanan sekaligus kesehatan Anda sepanjang gowes.

Pentingnya Memilih Sadel yang Tepat

Anda akan duduk di atas sadel selama beberapa menit atau bahkan jam sembari menjaga keseimbangan, melakukan manuver tertentu, dan bahkan berpacu dengan waktu. Berbagai ‘tuntutan’ tersebut tentu harus didukung dengan perlengkapan yang pas, bukan?

Jika sadel yang Anda pilih tidak cukup nyaman, maka gerakan dan kesenangan Anda selama bersepeda akan menjadi terbatas. Selain itu, Anda juga memiliki risiko lebih besar mengalami beberapa keluhan fisik lainnya karena seluruh tubuh akan bertumpu pada bagian bokong ketika bersepeda.

Contoh keluhan paling umum yang dialami oleh pesepeda akibat tidak tepatnya sadel yang digunakan adalah urat-urat tubuh yang tertarik dan nyeri pada punggung. Selain itu, sangat mungkin pula terjadi kram di area betis, leher, dan menjalar ke bagian lainnya.

Cara Memilih Sadel yang Tepat

Memilih sadel yang tepat dilakukan berdasarkan beberapa faktor. Kebutuhan individu satu dengan lainnya tidak dapat disamakan begitu saja, terutama mengingat anatomi tiap orang berbeda-beda.
Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih sadel yang pas adalah sebagai berikut.

Sesuaikan Bentuk Tubuh

Anda harus memahami dulu bentuk tubuh. Sesuaikan ukuran lebar sadel dengan ukuran bokong. Makin besar bokong, makin besar pula sadel yang harus Anda pilih sehingga seluruh bagian tubuh yang menjadi pusat tumpuan tubuh ini mendapat support yang maksimal untuk menunjang bagian tubuh lainnya.

Besar kecilnya sadel akan menentukan V channel. V channel sendiri merupakan bagian dari sadel di bagian depan yang memiliki bentuk lebih meruncing dibandingkan bagian belakangnya (menyerupai huruf V) dan dirancang untuk meminimalkan terjadinya tekanan berlebihan di otot area selangkangan. Dengan begitu, risiko terjadi kesemutan dan mati rasa—khususnya saat menempuh jarak jauh—dapat dikurangi.

Pun sebaliknya, jika ukuran bokong memang lebih kecil, maka pilihlah ukuran sadel yang lebih kecil. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu bagian pangkal paha belakang ketika menggowes.

Cek Bahan Pelapis (Cover)

Bahan pelapis yang tebal, antiair, tahan terhadap tekanan, dan nyaman adalah karakter yang dapat Anda jadikan referensi ketika memilih sadel. Dua jenis material yang biasa digunakan untuk cover pun ada dua, yakni kulit asli dan sintetis.

Cek apakah jahitan di sisi pelapis sadel rapi dan kuat. Terutama apabila Anda membutuhkan support maksimal untuk MTB kesayangan yang memiliki fungsi pemakaian cukup berat—harus bisa menahan beban tubuh di trek berat secara optimal, rawan mengalami benturan, dan sebagainya, maka faktor yang satu ini harus benar-benar diperhatikan.

Perhatikan Padding

Padding merupakan lapisan daging pada sadel yang menjadi elemen penting dalam menjaga kenyamanan Anda bersepeda. Padding akan melindungi bokong saat terjadi goncangan seperti saat melewati jalan yang tidak rata.

Ada banyak pilihan bahan padding yang tersedia di pasaran, seperti plastik lunak, serat karbon, udara, gel, foam, hingga polyurethane foam yang dikombinasi dengan gel polymer. Masing-masing memiliki karakter tersendiri yang bisa Anda sesuaikan dengan kenyamanan, baik dari segi elastisitasnya, empuk atau tidaknya, hingga sensasi cepat panas yang ditimbulkan.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka