Ini panduan untuk memilih jenis sepeda pertama Anda

Tikum Bicycle – Bingung memilih karena terlalu banyaknya jenis sepeda di pasaran? Simak panduan berikut untuk memilih jenis sepeda pertama Anda dengan tepat.

Anda tertarik untuk mulai bersepeda? Popularitas bersepeda yang meroket selama tiga tahun terakhir di Indonesia memang membuat aktivitas ini seakan menjadi gaya hidup baru.

Sebagian memilih untuk menekuninya sebagai olahraga rutin sebagian lain memilih untuk menggunakannya sebagai sarana transportasi harian, dan sebagian sisanya memilih untuk menggunakannya sesekali. Apapun alasannya, tentu sah-sah saja.

Namun, peruntukan sepeda menjadi dasar seseorang memilih jenis sepeda. Terlebih mengingat harga sepeda yang berkisar di angka jutaan rupiah, Anda sebaiknya jeli dan bijak saat memilih.

Nah, agar sepeda perdana tak jadi sia-sia, simak panduan memilih sepeda pertama Anda berdasarkan jenis dan kebutuhannya.

Sepeda Lipat

Sepeda ini cocok untuk digunakan untuk mobilisasi dalam jarak pendek atau menengah dan keperluan commute. Kendati jarak antara lokasi Anda dan tujuan seperti kantor cukup jauh sekalipun, struktur rangka sepeda yang memungkinkan dapat dilipat memungkinkan Anda untuk membawanya ke dalam transportasi umum seperti TransJakarta, KRL, MRT, dan sebagainya.

Agar lebih awet, sebaiknya Anda menggunakan sepeda lipat di ruas jalan dengan permukaan yang relatif rata.

Road Bike

Kalau Anda suka bersepeda dengan kecepatan tinggi di jalanan kota yang mulus, road bike bisa jadi alternatif yang tepat.
Ada dua faktor utama yang membuat road bike cocok dan dapat dikemudikan dalam kecepatan tinggi. Pertama, sepeda ini memiliki geometri rangka dan posisi handlebar yang mendorong pesepeda untuk berada dalam posisi berkendara yang aerodinamis. Kedua, road bike didesain dengan lebar ban yang tipis sehingga meminimalkan gesekan antara ban dan aspal.

City Bike

Ingin bersepeda cantik atau santai di area perkotaan? Seperti namanya, city bike sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini.

Dibandingkan road bike yang mengharuskan Anda berkendara dalam posisi membungkuk (condong ke depan), posisi handlebar geometri rangka city bike dibuat lebih santai. Gear dan bagian lain dari sepeda ini pun didesain untuk berkendara dengan kecepatan yang santai.

Mountain Bike

Mountain bike alias MTB dirancang khusus untuk dikendarai di medan yang menantang seperti pegunungan. Sepintas saja, Anda bisa melihat tampilan MTB yang begitu kokoh dibandingkan jenis sepeda lainnya.

Oleh karena dikhususkan untuk menerjang area yang menantang seperti berbatu dan terjal, MTB dilengkapi dengan suspensi. Fitur ini akan membantu meredam hentakan sehingga meminimalkan risiko cedera (khususnya di area tangan) dan membuat sepeda lebih awet. Selain itu, fitur identik lainnya pada MTB adalah handlebar yang panjang dan ban yang tebal.

Gravel Bike

Jenis sepeda ini punya geometri yang tidak jauh berbeda dengan road bike, tetapi relatif lebih santai meski tidak sesantai city bike. Selain itu, gravel bike mempunyai ban yang lebih tebal dibandingkan road bike.

Hal ini karena gravel bike ditujukan untuk berkendara dengan kecepatan relatif tinggi, tetapi di area yang cukup bervariasi. Tak cuma di jalan aspal kota, gravel bike juga dapat digunakan di permukaan tanah hingga berlumpur, tetapi tidak seterjal medan MTB.

Itulah beberapa jenis sepeda yang dapat Anda pilih sesuai peruntukannya. Tak lupa, pastikan Anda membeli sepeda sesuai dengan bujet yang telah disiapkan terlebih jika hanya untuk mengikuti tren.

Hindari memilih sepeda dengan harga yang jauh melampaui ketersediaan anggaran. Pasalnya, Anda juga masih memerlukan biaya operasional untuk perawatan secara rutin di hari-hari depan agar sepeda tetap aman dan nyaman digunakan.

Anda mungkin suka