4 Spesies Hamster yang Bisa Dipelihara, Lucu nan Menggemaskan!

Tikum Animal Lover – Suka dengan binatang piaraan yang lucu nan menggemaskan? Mengapa tidak memelihara spesies hamster saja? Yuk, pilih di antara empat hamster berikut!

Ingin memiliki piaraan yang lucu nan menggemaskan, serta mudah dirawat? Binatang yang bisa memberi Anda kesenangan sekaligus kasih sayang? Kalau begitu, memelihara spesies hamster merupakan pilihan yang tepat. Hewan ini cocok jika Anda mencari piaraan selain kucing dan anjing, tetapi tetap imut dan berbulu lembut. Hamster adalah binatang mungil dengan kebutuhan hidup yang sederhana dan tidak membutuhkan banyak interaksi sosial seperti hewan lainnya. Selain itu, piaraan ini jinak sehingga cocok untuk anak-anak.

Terdapat beragam spesies hamster yang ada di dunia. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri dan bisa Anda pilih sesuai keinginan. Apabila bingung menentukan, berikut ialah beberapa opsi yang bisa dipelihara!

1. Suriah (Syrian)

Hamster Suriah, atau yang sering disebut juga sebagai hamster emas, termasuk salah satu opsi peliharaan mungil terpopuler. Jenis hamster ini cocok untuk pemula karena jinak, mudah dirawat, dan menghibur. Hamster Suriah berasal dari wilayah kering di utara Suriah dan selatan Turki. Warnanya keemasan dan biasanya memiliki masa hidup antara 2 sampai 4 tahun.

Jenis Suriah terkenal dengan kelincahannya. Namun, sifat ini biasanya disebabkan oleh cara memegang yang kurang tepat. Pastikan untuk tidak meremas atau menggenggamnya terlalu erat supaya hamster Suriah bisa beradaptasi dengan sentuhan manusia.

2. Kerdil Campbell (Campbell’s Dwarf)

Berikutnya, ada hamster kerdil Campbell yang cocok untuk Anda piara. Namanya diperoleh dari orang Barat pertama yang menemukan hamster ini, yakni Charles William Campbell. Jenis ini termasuk salah satu hamster tercepat sehingga terkadang sulit untuk memegangnya.

Terlebih, ukurannya mungil sehingga kerdil Campbell mudah lepas dari genggaman ketika bergerak gesit. Walau demikian, jika Anda melakukan pendekatan secara perlahan dan rutin, hamster ini akan menjadi terbiasa dengan manusia.

3. Roborovski

Roborovski merupakan spesies hamster kerdil paling mungil di dunia, yakni hanya berukuran 5 cm. Hamster Robo juga menjadi hamster tercepat, membuat si kecil ini sangat lincah dalam bergerak. Roborovski berasal dari daerah gurun Asia, termasuk bagian dari Rusia. Terdapat beberapa variasi warna Roborovski, di antaranya adalah cokelat muda, platina, putih, dan bulu tubuh gelap dengan bulu wajah putih.

Hamster ini cocok dijadikan peliharaan karena jinak dan tidak mudah menggigit, kecuali jika merasa terancam. Roborovski cenderung pemalu, tetapi pada dasarnya mempunyai keingintahuan yang tinggi serta suka bermain. Pastikan untuk memberi menu diet yang sehat, kandang yang bersih dan nyaman, serta menyertakan mainan agar Robo aktif bergerak.

4. Kerdil Putih Rusia (Winter White Dwarf)

Hamster kerdil putih Rusia amat pas dijadikan piaraan, terutama untuk usia remaja dan dewasa. Sekilas, jenis ini mirip dengan spesies Suriah dan kerdil Campbell, tetapi jauh lebih jinak. Kerdil putih Rusia relatif mudah dipegang ketimbang jenis lainnya dan sangat jarang menggigit. Selain itu, Winter White juga sangat ramah dengan sesamanya. Sebaiknya, jika Anda ingin menggabungkan hamster ini dengan jenis kelamin yang sama, lakukan ketika usianya masih sangat muda.

Untuk pakan, berikan makanan kering yang biasa dijual di toko hewan. Tuangkan 1 atau 2 sendok makan snack ke dalam wadah pakan mereka. Anda juga bisa memberi buah, sayur, sereal, atau pasta. Namun, hindari memberikan makanan yang beracun untuk hamster, seperti kacang-kacangan mentah, kentang mentah, bawang, atau kacang almon.

Nah, di antara spesies hamster tadi, manakah pilihan Anda? Hewan kecil yang satu ini memang menyenangkan untuk dipelihara. Namun, pastikan untuk merawatnya dengan baik dan benar agar hamster tetap sehat dan tidak mudah stres. Berikan pakan yang bergizi, bersihkan kandang secara teratur, serta ajak berinteraksi dengan penuh kasih sayang. Semoga info kali ini bermanfaat, ya!

Anda mungkin suka