Meet The U2 Jakarta Chapter, Komunitas Penggemar U2 Band

Tikum Musik – Apa yang terlintas dalam benak anda jika kami bertanya mengenai sebuah negara di Eropa yang merupakan tetangga dari Britania Raya (Inggris, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara) ? apakah jawaban anda akan langsung menuju kepada Republik Irlandia ? jika iya, maka saat ini kami memang akan membahas sedikit tentang negara tersebut.

Serupa tapi tak sama, ungkapan ini yang kami berikan kepada Irlandia dengan saudara serumpun mereka Britania Raya. Irlandia adalah negara kepulauan dengan ibukota Dublin.

u2 jakarta chapter 2

Negara ini punya sejarah panjang di industri musik dunia, nama – nama seperti : Sinead O’connor, Enya, Niall Horan, Boyzone, Westlife adalah para penyanyi dan grup vokal asal Irlandia. Lalu bagaimana dengan grup Band ? Irlandia juga merupakan asal dari grup Band dunia seperti:

The Cranberries, The Corrs, The Script, Kodaline, Clannad. Apakah sudah semua kami sebutkan ? hehe.. rasanya tidak akan komplit tanpa “The Living Legend” U2 Band !

u2 jakarta chapter 3

Band asal kota Dublin, Irlandia. Ini berdiri pada tahun 1976, dan sampai saat ini formasi masih terdiri dari Bono (Vocal) , The Edge/ David Howell Evans (Gitar), Adam Clayton (Bass), dan Larry Mullen Jr. (Drum). Selama berkarir di industri musik grup ini sudah menghasilkan 14 album, dan meraih banyak sekali penghargaan internasional diantaranya 22 Grammy Award.

Di Indonesia, U2 memiliki jutaan penggemar khususnya bagi mereka yang lahir di generasi 80, 90, dan awal 2000. Pada edisi ini kami akan mengajak anda berkenalan dengan komunitas pencinta band asal Irlandia itu, yaitu : Meet U2 Jakarta Chapter

u2 jakarta chapter

Meet U2 Jakarta Chapter berdiri pada tanggal 30 November 2017, hal ini bermula pada masa penyelenggaraan U2 Tribute Night yang dilaksanakan di Albero Café, Jakarta. Event ini inisiatif dari beberapa orang yaitu, Noor, Rendra, Sahat, Madong dan Koko yang saat itu adalah sebagai Producer, Executive Produser, dan juga penjamin bagi terlaksananya event tersebut.

Tentu saja bukan hanya mereka berlima yang mengerjakannya, dalam pelaksanaanya mereka juga dibantu oleh kawan kawan penggemar U2 di Jakarta yaitu : Flo, Esti, Dewi, Iim, Arief, Sherin dan Bonosoax. secara bersama – sama dan bergotong royong, mempersiapkan dari hal konsep sampai detail teknis. Design dan Artwork poster, atribut dan t shirt dikerjakan special oleh Andy Santoso.

u2 jakarta chapter 4

U2 Tribute Night 2017, berlangsung selama 5 jam. Dimulai 18.30 WIB dan selesai 00.30 WIB. Menampilkan 4 Band yaitu: The Crab, Sunday Boy Sunday, Craic A Tao dan Astree The Band dengan bintang tamu Andy /rif, Magi /rif, Kin The Fly dan Arry Cockpit.

Total lagu yang dibawakan malam itu sebanyak 44 lagu U2, dan tidak kurang dari 300 U2 Fans saat itu memenuhi Albero Café. Pada malam itu mereka sekaligus mengadakan charity dan berhasil menghimpun dana untuk Bencana Gunung Agung sebesar Rp. 6 juta, dan inilah salah satu yang akan menjadi ciri khas dari kegiatan U2 Jakarta Chapter dikemudian hari.

u2 jakarta chapter 5
u2 jakarta chapter 6
u2 jakarta chapter 7

Mari kita lihat profil lebih dalam dari U2 jakarta Chapter, menurut sumber yang kami terima usia rata-rata anggota komunitas ini adalah antara 20 tahun – 50 tahun, dan latar belakang profesi anggota cukup beragam, seperti Pegawai Negeri Sipil, Pegawai Swasta, Profesional, dll.

Sampai saat ini anggota aktif dari U2 Jakarta Chapter sudah sebanyak 30 orang, dan kami sangat yakin bahwa komunitas ini akan bertambah besar mengingat penggemar U2 di Jakarta sangatlah banyak.

Kegiatan – kegiatan yang sudah dilakukan oleh Meet U2 Jakarta Chapter juga cukup banyak, mari kita lihat :

  1. U2 Tribute Night, November 2017
  2. U2 Tribute, SBS, Hard Rock Café Jakarta, Februari 2018
  3. U2 Tribute, SBS, DeHoii, Maret 2018
  4. U2 Tribute, SBS, Mac Cannagan, September 2018
  5. U2 Tribute, SBS + Babajay, DeHoii, Maret 2019
  6. U2 Tribute, U240+, Molly Malone, Maret 2019
  7. U2 Tribute, U240+, Murphys, Maret 2019
  8. U2 Tribute, U240+, Irish Pub & Green Peace, September 2019
  9. U2 JT Tour 2019
  10. U2 Tribute, U240+, Molly Malone, Maret 2020
  11. U2 Tribute, U240+, Ngoepi, Maret 2020,

Kami memiliki beberap dokumentasi momen berharga dimana ketika mereka menonton konser U2 di Australia pada tahun 2019, mereka sempat bertemu dan berjabat tangan langsung dengan seluruh personil band U2. bahkan ada yang mendapatkan tandatangan langsung dari personil U2 pada T-shirt koleksinya.

u2 jakarta chapter 8

tikum.id sempat bertanya kepada narasumber apa yang membedakan U2 dengan band lainnya, dan mereka menjawab bahwa menurut kami, U2 adalah grup yg istimewa dan dibangun dari persahabatan.

Hal ini tercermin karena selama 44 tahun Band U2 masih bertahan dengan para personil yg sama. Mereka melalui berbagai fase perkembangannya dan sampai saat ini masih solid menikmati persahabatan tersebut sambil menciptakan musik bersama sama. Bila ada yg jatuh, mereka dengan setia saling mendukung sampai semua baik kembali dan melanjutkan karya bersama sama. Sebuah persahabatan yg akhirnya berkembang menjadi persaudaraan “4 brothers”.

Jadi dari U2, kami belajar banyak hal yaitu :

  1. Friendship & loyalty
  2. Solidarity
  3. Empathy
  4. Faith as service to others
  5. Hope
  6. Pushing the envelope to be the very best
  7. Honest and authentic
  8. Humility, rendah hati

Dengan kata lain, U2 membuat fans nya mau tidak mau belajar jadi orang yg lebih baik.

Seru sekali ya sobat tikum, jika anda juga penggemar berat dari U2 dan ingin bergabung dalam keseruan dan kegiatan U2 Jakarta Chapter, silahkan menghubungi di nomor 0811-1197-088, nanti Humas akan mengarahkan proses lebih lanjut untuk bergabung dalam U2 jakarta Chapter.

”Pop music often tells you everything is OK, while rock music tells you that it’s not OK, but you can change it.”

(Bono)

Anda mungkin suka