Meddocs MC, Komunitas Penggemar Moge Berprofesi Dokter

Tikum Motor – Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata Dokter? Rumah sakit, Ruang operasi, alat suntik? Tapi bagaimana kalau sekarang Dokter identik dengan kata ‘BIKERS!’

Dokter yang dalam bahasa Inggris disebut medical doctor dan disingkat M.D adalah seseorang dengan profesi keilmuannya yang mampu menyembuhkan orang-orang yang sakit. Namun, tidak semua orang yang menyembuhkan penyakit bisa disebut dokter. Karena untuk menjadi Dokter biasanya diperlukan pendidikan, pelatihan khusus dan mempunyai gelar dalam bidang kedokteran.

Jika Anda membayangkan para Dokter adalah kumpulan orang-orang yang selalu serius dan kaku maka penilaian ini keliru. Sebab, Dokter juga seorang individu yang bisa gaya dan gaul dalam urusan pekerjaan dan otomotif khususnya bermotor.

Kami mengambil contoh di beberapa negara yang sudah terbentuk beberapa komunitas Bikers yang merupakan kumpulan para Dokter dan tenaga medis seperti, @bikersmd di Filipina, @docbikeuk di United Kingdom, hingga PMA Riders di kota Shimada, Jepang. yaitu para dokter, perawat, dan pekerja medis lainnya dari rumah sakit di Shimada yang membentuk armada sepeda motor sukarelawan untuk bantuan bencana.

Lalu bagaimana di Indonesia, apakah ada komunitas Bikers dari para tenaga medis?

Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita berkenalan dengan sebuah club motor yang anggotanya adalah para Dokter profesional dan tenaga medis yang sangat funky, fun, serta punya semangat ‘Rock & Roll’ yaitu MEDDOCS MC.

Meddocs MC resmi berdiri di Jakarta, pada tangga 2 Februari 2009 atas prakarsa sejumlah Dokter Medis yang memang hobi berkendara motor.

Mereka adalah:

  1. Dr. Nurdadi Saleh, SpOG
  2. Dr. Wirya, SpPD
  3. Dr. Errawan R. Wiradisuria, SpB-KBD, M.Kes
  4. Dr. Erik Gultom, SpA(K)
  5. Dr. A. Sigit Tjahjono, SpBTKV
  6. Dr. Singkat Dohar Tobing, SpOT-KSpine
  7. Dr. Gwendy Aniko, SpBP
  8. Dr. Rizal Pohan, SpOT-KSpine
  9. Dr. Radja Simanjuntak, SpAn, FIPM, MM
  10. Dr. Andjar Bhawono, SpOT(K)
  11. Dr. Hanrizal Satria, SpOT-KSpine
  12. Dr. I.G.M. Febri Siswanto, SpOT(K)
  13. Dr. Marsandy Marjuki

Saat ini Meddoc MC diketuai oleh seorang Presiden Club yaitu Dr. Radja Simanjuntak, SpAN, FIPM, MM.

(Presiden Meddocs Motor Club)

VISI terbentuknya Meddocs MC adalah sebagai organisasi kegiatan yang menampung minat serta hobi para dokter dan rekan-rekannya dalam hal mengendarai sepeda motor besar

MISI :

  • Meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kewaspadaan dalam berkendara sepeda motor besar dan kendaraan bermotor lainnya bagi para anggotanya
  • Meningkatkan citra yang baik dan benar dalam hal mengendarai motor besar di Indonesia
  • Membina dan mempererat persaudaraan diantara sesama anggota maupun dengan group lain atau masyarakat luas pada umumnya
  • Menyelenggarakan kegiatan sosial bagi kepentingan masyarakat pada umumnya.

Sejak berdiri hingga sekarang Meddocs MC sudah mempunyai 500 orang anggota yang tersebar di 10 chapter dan 2 subchapter seluruh Indonesia. latar belakang members Meddoc MC tidak semua sudah resmi berprofesi sebagai Dokter medis atau Dokter Gigi, akan tetapi ada para mahasiswa fakultas kedokteran, Dokter yang baru memperoleh gelar Sarjana medis, hingga praktisi kesehatan untuk ‘manusia’. Jadi semua kategori tersebut diperkenankan untuk bisa bergabung menjadi anggota club. Dan satu hal yang penting untuk diketahui, bahwa calon anggota Meddocs MC tidak harus menggunakan motor gede ‘merk’ tertentu. Semua Dokter dengan merk motor apa pun bisa bergabung tapi wajib motor dengan kapasitas mesin 500 CC.

Hal yang membuat unik komunitas Moge ini tentu saja pada profesi para anggotanya yang umumnya dokter spesialis beserta rekan-rekannya. Organisasi ini juga bersifat sosial yang bergerak dalam bidang otomotif sepeda motor besar.

Sebelum pandemi covid-19 Meddocs MC rutin mengadakan berbagai kegiatan seperti bakti sosial, perayaan ulang tahun club, touring nasional Meddocs, dll. Namun semenjak pandemi covid-19 melanda Indonesia mereka lebih banyak mengalihkan kegiatan melalui daring/online dan mengadakan kegiatan sosial kepada masyarakat, para tenaga medis Indonesia dan relawan Covid-19 dengan protokol kesehatan ketat.

(Perayaan Ulang tahun ke-11 Februari 2020)
(Bakti Sosial Ramadhan & masyarakat terdampak Covid-19)

Seperti club otomotif pada umumnya, kegiatan touring adalah sebuah kewajiban. touring dalam negeri Meddocs MC sudah mencapai berbagai kota dan provinsi kecuali Maluku dan Papua. Sedangkan untuk rute touring luar negeri hampir semua benua telah mereka jelajahi, walaupun hanya perwakilan beberapa anggota club.

Bagaimana Sobattikum, seru bukan aksi para Dokter Indonesia ini. Kami mengajak para Dokter dan tenaga media di seluruh Indonesia yang hobi bermotor untuk turut bergabung dalam club ini.

Mari ikut berpetualang dan berkontribusi bagi bangsa melalui berbagai gerakan sosial.

Jika tertarik bergabung silahkan menghubungi akun resmi sosial media mereka di bawah ini.
Instagram: @meddocs_jakarta
E-mail: meddocsindonesia@gmail.com

Kami bangga bisa turut memperkenalkan Meddocs MC kepada masyarakat Indonesia. Semoga eksistensi club bisa bermanfaat bagi masyarakat di sekitar mereka.

Salam Sehat dan Salam Otomotif!

Medicine cure diseases but only doctors can cure patients.

Carl Jung

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka