Mas Koki Dari Goldfish Ministry, Tips dan Kiat Memelihara Ikan Mas Koki

Tikum Animal Lover – Memelihara ikan dan melihat ikan pada kolam atau aquarium dipercaya bisa menetralisir stress pada manusia. Berbagai ikan tersedia sebagai pilihan. Namun, ikan Mas Koki termasuk yang istimewa dan Tikum akan membahas Tips dan Edukasi Ikan Mas Koki. Seperti apa keunikan ikan yang satu ini?

Tips dan Edukasi Ikan Mas Koki 1

Beberapa jenis ikan memiliki harga jual yang cukup tinggi, dan ikan maskoki adalah salah satu jenis ikan yang memiliki nilai jual yang baik. Jika kita memelihara ikan tersebut dari kecil maka kita bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi saat ikan kita sudah berkembang menjadi lebih besar. Jadi selain bisa menjadi hobi dan hiburan, memelihara maskoki bisa menjadi salah satu alternatif investasi yang bagus untuk Anda di masa pandemic Covid-19 seperti saat ini.

Bahkan lembaga negara seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia melalui Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP), juga turut mendukung budidaya ikan maskoki di Indonesia melalui berbagai kegiatan bagi penghobi maskoki seperti Goldfish contest.

Berikut beberapa jenis ikan maskoki yang bisa menjadi pilihan Anda sebagai pemula yang mulai tertarik untuk memelihara di rumah seperti maskoki Ryukin, Oranda, Ranchu dan Demekin. Namun, Jika Anda masih bingung mengenai tips dan perawatan seputar ikan ini, akan lebih baik dan semakin seru jika kita membahasnya bersama perternak dan konsultan Mas koki dari Ministry of Goldfish Indonesia.

Tips dan Edukasi Ikan Mas Koki 2

Ministry of Goldfish Indonesia (MOGI) berdiri pada tanggal 21 Desember 2020 atas inisiatif dari Achmad Algadri atau yang akrab dikenal mas Al.

Tips dan Edukasi Ikan Mas Koki 4

Visi dari MOGI adalah untuk menjadi platform yang dikhususkan untuk semua pecinta ikan mas koki (goldfish) dari seluruh negara, akan tetapi yang utama tentunya adalah negara Indonesia.

Misi MOGI adalah ingin membangun jaringan melalui media digital untuk mempermudah akses edukasi dan juga ketersediaan produk dari berbagai jenis ikan maskoki untuk semua orang yang memiliki kecintaan terhadap ikan maskoki.

Selain itu MOGI juga memiliki misi untuk mengadakan sebuah acara besar yang akan dihadiri oleh semua pecinta ikan maskoki dari seluruh negara yang akan diselenggarakan di Indonesia, dengan tujuan untuk memajukan industry maskoki sekaligus menempatkan citra Indonesia sebagai negara dengan pemasok ikan maskoki berkualitas terbaik di dunia.

Ministry of Goldfish Indonesia atau MOGI tidak hanya sekedar toko, tetapi mereka juga mengedukasi para penghobi ikan hias seperti ikan maskoki mengenai berbagai hal yang wajib dan tidak boleh dilakukan bagi para calon pemilik ikan ini. Mulai dari jenis ikan maskoki, mempersiapan aquarium yang baik dan benar dari sisi lampu UV, jenis air yang dipergunakan, gangguan daya apung ikan, dll.

Tips dan Edukasi Ikan Mas Koki 5
Tips dan Edukasi Ikan Mas Koki 6
Tips dan Edukasi Ikan Mas Koki 7

Sisi lain yang menaruk untuk kita ketahui adalah latar belakang gender dan usia dari para penghobi ikan mas koki sangat beragam, mulai dari anak-anak, remaja, hingga senior di usia di atas 60 tahun. Mulai dari anak-anak sekolah, mahasiswa, pekerja profesional, wirausahawan, hingga ibu rumah tangga. Sebab, dalam lingkungan penghobi maskoki, semua orang akan saling bercerita dan bertukar pikiran satu dengan yang lain.

Sampai saat ini MOGI adalah salah satu brand dari seller ikan maskoki yang masih independen dan mereka membangun jaringan secara personal, tentunya dengan pecinta ikan maskoki yang sudah senior atau yang sudah jauh lebih lama berkecimpung di dunia maskoki dan juga dengan seluruh penghobi ikan maskoki yang lainnya. Salah satu hal yang membedakan MOGI dengan peternak lainnya adalah karena MOGI mengkurasi kualitas ikan tertentu yang menyesuaikan dengan minat dari para pecinta maskoki serta pastinya diiringi dengan fasilitas konsultasi yang bersifat edukatif, yang dilakukan secara langsung baik online dan offline melaui media sosial atau di gallery MOGI.

Kegiatan rutin MOGI saat di era new normal pandemic covid-19 seperti sekarang adalah tetap berupaya membangun hubungan baik dengan para penghobi, penjual, maupun peternak dari seluruh Indonesia, dan juga melakukan berbagai diskusi dengan mereka untuk dapat memfasilitasi pengetahuan dan penerapan yang baik kepada seluruh pecinta ikan maskoki di Indonesia.

Tips dan Edukasi Ikan Mas Koki 8

Di masa datang, MOGI berencana untuk terus aktif dalam acara-acara yang diadakan oleh berbagai komunitas pecinta ikan maskoki di Indonesia dan pengembangan MOGI menuju one stop solution for goldfish industry, dari mulai fasilitas, ketersediaan ikan, sampai perlengkapan lain yang dibutuhkan di hobi ini seperti pakan, obat-obatan.

Rencana kegiatan lainnya adalah untuk lebih sering melakukan diskusi bersama para pecinta ikan maskoki dengan tujuan untuk perkembangan industri maskoki di Indonesia, agar kualitas maskoki Indonesia selalu menjadi ‘top of mind’ di perspektif nasional dan juga internasional.

Bagaimana sobat tikum, Anda tertarik untuk mulai memelihara ikan maskoki? Bagi sobat tikum yang berminat untuk membeli berbagai jenis ikan maskoki ataupun hanya ingin sekedar berkonsultasi bisa menghubungi mereka melalui akun sosial media resmi MOGI atau angsung berkunjung ke gallery.

Instagram: @ministryofgoldfishindonesia
Gallery: 1-2 blok RC 4 no 3A, Kec Rawa Buntu Utara, BSD, Tangerang Selatan

MOGI dan seluruh crew gallery akan dengan senang hati untuk melayani semua sobat tikum penghobi dan pemula ikan maskoki. Yuk guys mulai pelihara ikan mas koki.
Salam satu hobi.

“Goldfish are flowers … flowers that move.”

Han Suyin
Anda mungkin suka