Marvel Black Widow: Melihat Sisi Lain Natasha Romanoff

Sinopsis film Black Widow, menguak kehidupan personal dan kelamnya masa lalu Natasha Romanoff yang kembali datang menghantui setelah membelot.

Tikum Movie – Bagi sebagian penikmat film terutama penggemar Marvel, film Black Widow dianggap cukup ‘ketinggalan’ atau ‘terlambat’. Pasalnya, apa yang terjadi dengan Black Widow yang diperankan oleh aktris berbakat Scarlett Johansson sudah lebih dulu diketahui.

Meski begitu, tidak sedikit pula yang menyambut hangat film ini. Black Widow menjadi Avenger perempuan pertama yang diangkat kisahnya sendiri dan menampilkan kehidupan pribadinya yang selama ini belum terlalu banyak diketahui atau diceritakan.

Marvel menggunakan periode antara pasca Captain America: Civil War dan Avengers: Infinity War sebagai latar waktu film Black Widow. Di momen tersebut, Natasha memutuskan untuk membelot dari perannya sebagai mata-mata dan memilih membantu Captain America melarikan diri.

Seorang Mata-Mata Rusia

Cerita ini mengambil latar waktu pasca ketegangan yang terjadi di antara Avengers. Natasha Romanoff alias Black Widow dipaksa kembali berhubungan dengan masa lalunya sebagai seorang mata-mata yang bekerja untuk Rusia.
Peran Natasha sebagai mata-mata sesungguhnya telah dimulai sejak kecil. Dia bersama dengan Yelena Belova, Alexei Shostakov, dan Melina Vostokoff menyamar sebagai sebuah keluarga utuh untuk mengambil teknologi dari SHIELD. Kendati hanya samaran, hubungan keempatnya terutama Natasha dan Yelena begitu dekat hingga seperti saudara kandung.

Sayangnya, misi tersebut diketahui oleh SHIELD. Keempatnya kemudian melarikan diri ke Kuba. Sesampainya di Kuba, Natasha dan Yelena kemudian dikembalikan ke Red Room yang merupakan semacam camp untuk melatih agen wanita tangguh.

Namun, Natasha kemudian dapat melarikan diri dan pergi ke Amerika Serikat. Di sanalah dia lantas memulai perjalanannya sebagai Avenger. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, perpecahan yang terjadi di antara The Avengers membuat Natasha kembali dihantui masa lalunya.

Taskmaster dan Red Room

Musuh utama Natasha Romanoff adalah Taskmaster. Pada suatu malam saat berada di Norwegia, Natasha diserang. Namun, dia kemudian menyadari bahwa yang diincar oleh Taskmaster bukanlah dirinya, melainkan koper yang sedang dibawa dan berada di jok belakang mobilnya.

Natasha pun menyelamatkan koper berisi serum yang belum diketahuinya itu. Begitu berhasil lolos dari Taskmaster, Natasha menemukan sebuah foto terselip yang memperlihatkan dirinya beserta adiknya, Yelena. Natasha pun tak menunggu lama untuk pergi ke Budapest dan mencari sang adik.

Pertemuan keduanya jauh dari kesan hangat. Walau begitu, Natasha dan Yelena yang ternyata juga membelot akhirnya dapat berbicara. Yelena kemudian memberi tahu Natasha bahwa serum tersebut dapat membuat para Black Widow (wanita yang dipersiapkan menjadi agen tangguh) berada di bawah pengaruh Dreykov, yakni pemimpin Red Room.
Hal tersebut sempat membingungkan Natasha. Pasalnya, dia yakni bahwa Dreykov telah tewas. Namun, informasi dari Yelena dan kenyataan yang memburunya membuatnya bertekad untuk mencari Dreykov dan menggulingkan Red Room.

Natasha tidak dapat melakukannya sendiri. Dia membutuhkan bantuan dari sang ‘ayah’, Alexei, dan sang ‘ibu’, Melina. Keempatnya akhirnya dapat kembali bertemu dan menghadirkan adegan yang cukup emosional, tetapi tidak menjadikan film ini memiliki kesan drama yang kuat.

Peran Terakhir Scarlett Johansson

Karakter Scarlett Johansson sangat melekat kuat sebagai Black Widow. Namun, setelah sebelas tahun memerankan karakter Avenger perempuan tersebut, Scarlet dikabarkan tidak akan lagi memainkan peran tersebut.

Aktris kelahiran 1984 tersebut menyampaikan bahwa film solo Black Widow dirasa sebagai momen yang pas untuk mengakhiri perjalanan panjang karirnya sebagai salah satu pahlawan Marvel yang paling favorit. Meski begitu, Scarlett menyatakan bahwa dirinya tetap membuka lebar kesempatan untuk bekerja sama dengan Marvel di lain waktu.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka