Manfaat Jalan Kaki Yang Harus Anda Tahu

Ditengan PPKM Darurat saat ini tentunya aktivitas olah raga seperti di pusat kebugaran, bersepeda bareng dan lainnya menjadi terhambat. Namun, ada alternative olah raga yang mudah dalam menjaga system imun tubuh sekaligus ‘Sunbathing. Yuk simak manfaat Jalan Kaki..

Tikum Health – Ditengan PPKM Darurat saat ini tentunya aktivitas olah raga seperti di pusat kebugaran, bersepeda bareng dan lainnya menjadi terhambat. Namun, ada alternative olah raga yang mudah dalam menjaga system imun tubuh sekaligus ‘Sunbathing. Yuk simak manfaat Jalan Kaki..

Jika saat ini anda sedang dirumah saja karena mengikuti anjuran pemerintah terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, maka manfaatkanlah momen ini untuk mulai rajin berolahraga mandiri dan tidak harus beramai-ramai untuk saat ini dengan berjalan kaki.

Berjalan kaki adalah olah raga yang murah, mudah dan menyenangkan. Bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Bahkan, rute yang kita pilih bisa disesuaikan dengan keinginan kita baik itu disekitar lingkungan perumahan atau tempat lain.

Mari kita lihat apa saja manfaat Jalan Kaki dengan beberapa durasi waktu.

  1. 30 menit sehari dapat mengurangi depresi hingga 36 persen dan memberikan kondisi baik bagi jantung dan pari-paru
  2. 40 menit sebanyak 3x seminggu melindungi memori otak
  3. 60 menit sehari dapat mengurangi risiko obesitas hingga setengahnya
  4. 75 menit seminggu dapat menambah 2 tahun dalam hidup Anda

Manfaat lain dari berjalan kaki bagi kesehatan sangatlah banyak. mulai dari meningkatkan metabolisme sehingga tubuh membakar kalori lebih cepat, membantu mengurangi stress, memperlambat penuaan, menurunkan tingkat kolesterol dalam darah dan membantu menurunkan tekanan darah

Akan tetapai jika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang tidak memungkinkan untuk berjalan kaki terlalu jauh dan lama, sebaiknya jangan lupa berkonsultasilah dengan ahli medis seperti Dokter untuk memilih jenis olahraga lain untuk tetap menjaga daya tahan dan Kesehatan tubuh.

Ingat sobat tikum, di tengah pandemic covid-19 seperti sekarang kita harus tetap disiplin menjalankan protokol Kesehatan 5M. Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak min 2 meter, Menghindari kontak fisik dan Mengurangi mobilitas.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka