Manfaat Hobi untuk Kesehatan Mental

Seperti fisik, mental juga perlu dipelihara kesehatannya. Salah satunya adalah dengan memiliki hobi. Apa saja manfaat hobi untuk kesehatan mental Anda?

Seperti fisik, mental juga perlu dipelihara kesehatannya. Salah satunya adalah dengan memiliki hobi. Apa saja manfaat hobi untuk kesehatan mental Anda?

Anda pasti merasakan sumpek dan lelah dengan semua aktivitas. Sesekali pergi traveling, menonton serial kesukaan, merajut, atau membaca buku ternyata bukan hanya sekadar aktivitas me time untuk membunuh letih. Punya hobi ternyata juga berdampak bagi kesehatan mental dan diri Anda secara keseluruhan.

Riset membuktikan bahwa orang-orang yang punya hobi biasanya jarang terkena stres, depresi, atau kondisi mood buruk. Tidak heran jika kita disarankan untuk mencari aktivitas yang kita sukai sebagai hobi agar bisa merasa lebih santai dan tentu saja lebih bahagia.

Ada beberapa hobi yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan kesehatan mental Anda. Berikut beberapa contohnya!

1. Bermain Musik

Manfaat Hobi untuk Kesehatan Mental 2

Kalau Anda pernah merasa iri dengan seorang pemain biola dan ingin mencontohnya, maka ini adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Bermain musik merupakan salah satu cara meredakan stres sekaligus mengeluarkan emosi yang tidak menyenangkan dalam diri kita. Akan lebih bagus lagi jika Anda punya kelompok atau grup sendiri. Bermain musik dijamin jadi lebih seru.

2. Berkebun

Manfaat Hobi untuk Kesehatan Mental 3

Di tengah musim bertanam bunga seperti sekarang, tidak ada salahnya Anda juga ikut mencoba memanfaatkan pekarangan rumah. Kalau tidak ingin mengikuti monstera hype yang sedang tren, Anda bisa memilih jenis tanaman lain. Kalau Anda memilih untuk menanam sayuran dan buah-buahan, hasilnya juga bisa dinikmati dan bonusnya Anda akan lebih sehat secara fisik.

3. Yoga

Bagi Anda yang menghabiskan weekdays dengan bekerja di kantor atau mengurus bisnis, Anda tentu membutuhkan aktivitas yang bisa merelaksasikan tubuh. Salah satu opsi yang banyak dipilih orang adalah dengan melakukan yoga. Kemampuan olahraga ini untuk memperbaiki kondisi mental dan fisik membuatnya populer selama beberapa tahun terakhir.

Yoga tidak hanya mampu menenangkan sistem saraf, membantu mengatasi depresi, serta mengurangi ketegangan pada otot tubuh. Anda bisa melakukan yoga dari rumah dengan menonton video tutorial. Anda bisa juga bergabung dengan sanggar yoga. Begitu Anda memilih yoga sebagai hobi, hanya butuh sedikit waktu saja untuk bisa merasakan dampak positifnya.

4. Memancing

Manfaat Hobi untuk Kesehatan Mental 4

Memancing selama ini lebih populer sebagai hobi pilihan para pria. Namun, seiring dengan berkembangnya gaya hidup, tidak sedikit wanita yang memiliki hobi serupa. Memancing mungkin terlihat membosankan bagi sebagian orang, tetapi ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental.

Hobi memancing tidak hanya bagus untuk melatih kesabaran dan fokus, tetapi juga baik untuk otak. Memancing membawa Anda lebih dekat dengan alam yang alami sehingga memberikan efek menenangkan dan dapat mengurangi stres.

5. Menulis

Manfaat Hobi untuk Kesehatan Mental 5

Menulis merupakan hobi yang paling simpel karena hanya membutuhkan pulpen dan kertas (atau gawai jika Anda lebih suka menulis secara digital). Anda bisa menulis apa saja mulai dari cerita fiksi, puisi, bahkan novel. Menulis ternyata memiliki berbagai manfaat yang mengejutkan bagi kesehatan mental. Mulai dari mengurangi tingkat stres, membantu memerangi depresi dan mengatasi gangguan kecemasan, meningkatkan daya ingat, serta memperbaiki kualitas tidur Anda.

Dengan menulis, Anda dapat mengidentifikasi pikiran yang negatif dalam diri Anda. Dengan begitu secara efektif, Anda bisa memilih dan menggantinya dengan sesuatu yang jauh lebih baik dan menyehatkan. Menulis juga bisa membantu Anda menjauh dari berbagai prasangka dan pemikiran negatif.

Beristirahat di sela-sela waktu kerja memang penting. Namun, jangan lupa luangkan waktu untuk hobi agar kesehatan mental Anda tetap terjaga.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka