Makan-Travel-Makan: Sumatera Utara

Sumatera utara yang memiliki geografi luas dan keragaman suku menawarkan kuliner yang variatif ditambah dengan perjalanan sejarah luar biasa sebut saja kedatangan bangsa yang berasal dari India, Arab, Cina dan Kolonial Belanda memberi warna pada kulinari Sumatera Utara.

Tikum Kuliner – Makan Travel Makan Sumatera Utara – Sumut memiliki geografi luas dan keragaman suku menawarkan kuliner yang variatif ditambah dengan perjalanan sejarah luar biasa sebut saja kedatangan bangsa yang berasal dari India, Arab, Cina dan Kolonial Belanda memberi warna pada kulinari Sumatera Utara.

makantravelmakan sumatera utara 2

Medan sebagai ibu kota provinsi merupakan surga bagi pencinta kuliner dan sebagai starting point perjalanan wisata. Sumatera Utara disamping Bali memang sempat menjadi tujuan tren sebagai “Must See in Indonesia” seperti rekomendasi dari buku guide Lonely Planet, South East Asia on a Shoe String, Guide du Routard contohnya.

Bicara kunjungan wisata, Tetangga dari Asia Tenggara dan bangsa eropa seperti Belanda, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol baik sebagai Wisatawan grup maupun backpckers berbondong-bondong mengunjungi destinasi ini dimulai dari Medan hingga akhirnya berlabuh di Bukit Tinggi Sumatera Barat. Trend ini memang menurun drastis di akhir dekade 90an.

makantravelmakan sumatera utara 1

Destinasi Wisata

5 Top destinasi rekomendasi Makan Travel Makan Sumatera Utara

  1. Bukit Lawang: Jungle Trek di hutan Bahorok bertemu dengan Orang Utan (Pongo Abelii)
  2. Berastagi: Hiking Gunung Sibayak, Bukit Gundaling, Air terjun Sipiso Piso, Rumah Panjang Raja Purba Simalungun
  3. Samosir: Raja Sidabutar sarkopagus di Tomok, Kampung Siallagan, Museum Batak Simanindo dan Air Panas Pangururan
  4. Siborong Borong: Sipinsur dan Kopi Lintong, Rumah Adat Batak di Jangga
  5. Parapat ke Bukit tinggi (506 km) yang perjalanan ditempuh selama 7 hingga 13 Jam melewati banyak instagramable pemandangan yang indah dan lintasan hutan yang luar biasa untuk ditelsuri.
makantravelmakan sumatera utara 3

Kembali ke kuliner, perjalanan di Sumatera Utara memang belum terasa lengkap bila kita tidak menikmati 15 Makanan Khas Sumatera utara ini.

Kuliner Khas

15 Top kuliner rekomendasi Makan Travel Makan Sumatera Utara

  1. Bika Ambon
    Bika Ambon dan bukan Bika Medan. Kue khas yang memberi pengalaman bagi yang pertama kali mencicipi penganan ini. Bika Ambon adalah hasil racikan mix yang difermentasikan dengan paduan telur, gula, dan santan.
  2. Sambal Tuktuk
    Sambal Tuktuk, kondimen khas dengan campuran dengan ikan aso aso (sejenis ikan kembung yang telah dikeringkan) di top-up dengan Andaliman atau di luar sana dikenal dengan Szechuan Pepper yang menjadikan pengalaman yang luar biasa bagi yang pertama kali mencicipi sambal ini.
  3. Dali Ni Horbo
    Dali Ni Horbo adalah susu kerbau (bukan sapi) yang diolah seperti halnya membuat keju. Untuk hidangan yang unik ini biasanya menggunakan mix dengan perasan daun pepaya guna menghindari aroma amis.
  4. Mie Gomak
    Penganan satu ini memang trademark karena racikan mie lidi dan topping kuah yang cita rasanya tidak kita ketemukan di daerah lain. Bila dicermati penamaan Mie Gomak, yang berasal dari bahasa Batak yang diartikan mie yang di jumput atau digengam menggunakan tangan.
  5. Arsik
    Seperti Sambal Tuktuk, Arsik adalah makanan khas Tapanuli yang berkomposisi ikan mas utuh berikut sisik dengan bumbu kuning. Sebetulnya, Arsik dikenal pula sebagai olahan dari ikan mas bumbu kuning yang sisiknya tidak dibuang.
  6. Sayur Gurih Tauco
    Sayur Gurih Tauco adalah makanan berkuah yang terbuat dari santan dengan udang dan daging sapi bumbu tauco yang dibuat secara fermentasi dan dipadu rasa pedas dan gurih.
  7. Manuk Napinadar
    Makanan khas Sumatera Utara bernama Manuk Napinadar ini sering ditemukan saat pesta adat. Napinadar merupakan mix daging ayam kampung dan diolah dengan rempah rempah alami lokal dan dihidangkan dengan sambal pedas yang khas berbahan Andaliman.
  8. Naniura
    Naniura merupakan lauk ikan mas menggunakan asam dan bukan dengan proses masak, rebus, atau goreng. Makanan ajaib ini menggunakan rempah lokal dan biasanya yang pernah mencicipinya tidak pernah lupa dengan pengalaman menyantap Naniura.
  9. Lemang
    Bisa dikatakan jika Lemang merupakan makanan natif bangsa Melayu. Dibuat dari beras ketan yang telah dicampur menggunakan santan dalam bambu dan daun pisang, Dibakar dalam posisi tegak dengan bara api.
  10. Bihun Bebek
    Suwiran daging bebek dengan kuah bumbu khas diatas bihun yang lembut.
  11. Kari
    Kari merupakan olahan Asia Selatan dan bukan Asia Tenggara. Asal muasalnya adalah saat dulu, migrasi pendatang dari Asia Selatan seperti India dan Sri Lanka yang masuk melalui Aceh dan Barus yang kemudian tersebar luas di Bumi Nusantara.
  12. Kue Putu Bambu
    Panganan tradisional dari tepung beras dan isi gula merah dengan aroma pandan yang khas. Menyantap Kue ini memberikan pengalaman tersendiri saat merasan lumeran rasa manis saat menggigit gula merah dengan kombinasi tepung beras yang lembut.
  13. Natinombur
    Natinombur adalah olahan ikan berbumbu khas dan dibakar dengan tumisan mix bawang merah, jeruk nipis, Andaliman, jahe, dan kemiri.
  14. Saksang
    Makanan satu ini menggunakan daging seperti daging babi, ataupun kerbau dengan bumbu khasnya yang kerap dikenal dengan istilah na so margota atau tidak dicampur dengan darah.
  15. Daun Ubi
    Daun Ubi adalah Daun Singkong Tumbuk merupakan makanan khas Sumatera Utara yang dikonsumsi secara meluas dan sebagai lauk setiap hari. Preparasi sangat sederhana, Anda hanya perlu daun ubi kayu dan bumbu halus.

15 makanan dan penganan khas sumut ini sebenarnya semakin variatif dengan kreasi penyiapan dan mix bumbu di banyak daerah Nusantara karena memang, masyarakat yang berasal dari daerah Sumatera utara telah tersebar di seantero Indonesia.

makantravelmakan sumatera utara 4

Demikian Sobattikum, menikmati kuliner itu ibarat memperkuat memori bagi yang pernah mencicipi kulinari dan telah melakukan perjalanan dan menjelahi Sumatera Utara, dan bagi yang belum, menikmati kuliner asal daerah ini bisa melihat bayangan keindahan destinasi yang pernah singgah dimata lewat TV dan internet atau buku. Bayangkan saja dulu atau kunjungi restauran atau warung terdekat.

Semoga Makan-Travel-Makan Sumatera utara dapat memberi inspirasi


Komunitas Travel

Sobattikum yang ingin bergabung dengan komunitas travel? Baca dulu profilnya sebelum join..


Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka