Makan-Travel-Makan: Aceh

Sobattikum, mulai hari ini kita akan menyuguhkan Makan-Travel-Makan yang merupakan perjalanan harian kita mengunjungi destinasi dan kulier nusantara dari ujung barat Aceh hingga Timur Papua

Fokus kita hari ini adalah Aceh yang sebenarnya memiliki banyak ragam kuliner dari Negeri serambi Mekah yang luas. Bagi Sobattikum yang tinggal di kota besar menemukan kuliner ini mungkin tidak begitu sulit.

Jalan-Jalan: Destinasi Yang Anda Suka

  • Banda Aceh: Masjid Raya Baiturrahman, Museum Negeri Banda Aceh, Rumah Aceh, Genongan
  • Pulau Weh: Pantai dan Hutan Sekitar
  • Pulau Banyak: Escapade bagi yang ingin menyendiri, dengan pantai seindah emerald. Ada 99 pulau yang Anda ingin menyendiri. Silahkan dipilih.
  • Taman Nasional Gunung Leuser: Ketambe sebagai destinasi memulai petualangan melihat Harimau, Badak, Gajah dan saudara kita Orang Utan berikut Bunga Raflesia.
makan-travel-makan aceh 1

Makan-Makan

  1. Ungkot Kemamah: Kuliner dengan bahan ikan tuna dan rempah-rempah ini wajib dicoba karena memang lezatos.
  2. Sate Matang: Berasal dari daerah Matang, pilihan sate daging sapi atau kambing dengan bumbu khas rempah.
  3. Kuah beulangong: Daging dengan sayur nangka dan balungan, menjadi hidangan saat kenduri.
  4. Sie Reuboh: Sie reuboh daging sapi dengan bumbu khas. Kuliner khas lokal yang menggoyang lidah.
  5. Dendeng Aceh: Dendeng dari daging rusa, unik.
  6. Mie Aceh: Ikon makanan khas Aceh sudah sangat dikenal seantero Indonesia. Mie aceh goreng atau kuah punya banyak pilihan dengan topping seafood, daging sapi, dan kepiting.
  7. Kuah Sie Itek: Bagi pecinta daging itik dengan bumbu bumbu khas.
  8. Kuah Pliek U: Kuah pliek u dengan bahan sayur-sayuran, dikenal kareana filsafat kekerabatan serta keberagaman masyarakat
  9. Nasi Gurih: Nasi gurih atau nasi uduk? Mirim namun yang membuat rada spesial lauknya dengan ikan lado, ikan goreng, maupun telur dadar.
  10. Mie Jalak Sabang: Selain mie Aceh, mie jalak sabang adalah kuliner wajib dicicipi. Biasanya disajikan dengan topping seperti telur rebus, daging, tauge.
  11. Tasak Telur: Tasak telu adalah Daging bebek dimasak dengan rempah rempah khas sehingga menghasilkan rasa otentik yang begitu lezat.
  12. Gulai Kambing Khas Aceh: Gulai unik khas Aceh dengan bumbu yang berbeda dari daerah lain, Msaknya pun unik dengan belanga atau kuali besar.
  13. Kuah Asam Keu Eung: Kuliner ideal saat musim hujan. Penganan yang berarti berkuah asam pedas, Cita rasa citrusnya menyegarkan dengan sedikit rasa pedas.
  14. Martabak Aceh: Martabak khas Aceh menggunakan kulit sebagai bahan dasar roti cane. Rasa pedas dan gurih di tambah dengan kopi menghadirkan surga.
  15. Ayam Tangkap: Ayam tangkap atau tumis dipadu dengan cabai hijau dan daun teumura, serta topping bawang goreng.

Nah, ini rekomendasi bagi Sobattikum yang ingin traveling ke Aceh, Kombinasi Destinasi kuliner dan immersif dengan lokal tentunya akan memberikan pengalaman unik saat di Aceh.

Sobattikum dapat mengikuti perjalanan Makan-Travel-Makan ke seluruh nusantara. Ikuti terus ceritanya di Tikum Food

Mau Gabung dengan Komunitas Chef dan Kuliner? Baca dulu profil komunitas dibawah ini.

Indonesian Chef AssociationPersatuan Profesi Chef Dari Indonesian Chef Association
Natural cooking clubPerkumpulan Hobi Memasak Dalam Natural Cooking Club
Anda mungkin suka