Komunitasnya Ikan Cupang Hias Dari Betta BSRC

Tikum Animal Lover – Masa Pandemi Covid-19 masyarakat Indonesia banyak melakukan hobi baru seperti bersepeda, berkebun, memasak, hingga memelihara ikan cupang juga kembali popular di Indonesia. ingin tahu lebih lanjut? simak di tikum.id

Ikan Cupang Hias Betta BSRC 2

Bagi beberapa generasi terdahulu ikan Cupang atau Betta Fish ini mungkin adalah peliharaan ketika mereka masih kecil. Tetapi saat ini Ikan jenis air tawar itu sudah bisa dibilang hobi unik dan mewah. Bagaimana tidak, harga per ekor ikan cupang bahkan mencapai puluhan juta Rupiah, apalagi jika ikan itu adalah juara (Champion) di berbagai kontes ikan hias.

Berikut daftar top 3 dari berbagai jenis ikan cupang yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan jenis ini punya keindahan juntaian ekor yang memikat siapapun yang melihatnya. dengan ekor dan sirip ikan yang membentuk setengah Bulan. Ikan yang berasal dari Thailand ini dikembangkan oleh Peter Boethhner asal Amerika Serikat pada tahun 1980-an.

Ikan cupang ini sangat sering dikawin silang dengan jenis cupang plakat. Untuk harga anakan-nya Rp 40.000 dan harga ikan cupang halfmoon dengan sejarah juara bisa mencapai Rp 500.000 per ekor.

2. Ikan Cupang Plakat

ikan cupang ini berasal dari Thailand. Namanya ‘plakad’ yang memang serapan dari bahasa Thailand yang berarti petarung air. Karena mempunya karakter agresif, ikan jenis ini tergolong dalam jenis ikan untuk aduan. dengan bentuk tubuh yang kekar, serta sirip dan ekornya yang pendek dan tumpul. Harga seekor anakannya berkisar Rp.60.000, dan mencapai Rp 2.000.000 untuk cupang dengan sejarah dan plakat juara.

3. Ikan Cupang Kachen Worachai

Ikan jenis ini masuk kategori sebagai jenis ikan aduan, nama Kachen Worachai berasal dari Bangkok, Thailand. karena warna-warni merah, biru dan putih ikan ini mirip dengan bendera Thailand. Memiliki badan berwarna biru dengan garis membujur putih di bagian perut dan ada warna merah yang sejajar di bagian sirip bawah. Jenis ikan cupang ini sempat ramai dibicarakan netizen karena pada sekitar tahun 2016 jenis ini pernah laku terjual pada lelang online seharga US 1.530, atau setara dengan Rp 20 juta. Namun jika mengacu pada kurs saat ini artinya harga cupang ini setara dengan Rp 22.6 juta.

Semakin seru bukan pembahan ikan Cupang pada edisi ini, untuk lebih meyakinkan Anda akan kepopuleran Cupang di Indonesia, mari kita mengenal beberapa komunitas dan breeder yang tergabung dalam komunitas Love fore Share.

Ikan Cupang Hias Betta BSRC 3

Sedikit kilas balik, komunitasnya ikan cupang hias dari Love for Share (LFS) berdiri pada tanggal 1 Desember 2020. LFS berdiri atas prakarsa 3 kelompok komunitas penggemar ikan Cupang yaitu: BettaBSRC, Nordiamond Wu, Betta Khaira Cupang Depok.

Visi terbentuknya Love for Share (LFS) adalah ingin memajukan komunitas ikan Cupang di Indonesia untuk pasar nasional dan ekspor ke luar negeri. serta saling mendukung antara sesama pecinta hobi ikan cupang baik seller dan breeder.

Misi berdirinya LFS adalah:

  1. Melakukan berbagai kegiatan sosial melalui kegiatan dan perdagangan ikan Cupang.
  2. Melakukan kerja sama dengan berbagai pihak seperti lembaga dan organisasi pemerintah atau swasta dalam pengembangan dan budidaya ikan cupang melalui berbagai kegiatan.
  3. Melestarikan ikan Cupang agar dikenal generasi masa depan.
  4. Memberikan edukasi dan informasi yang benar kepada masyarakat Indonesia tentang hobi memelihara ikan cupang.

Berdasarkan kesepakatan 3 komunitas ikan Cupang yang mendirikan Love for Share (LFS) maka untuk saat ini LFS diketuai oleh Besly Irawan Sinaga.

Ikan Cupang Hias Betta BSRC 4

Besly sendiri merupakan pendiri dari Betta BSRC. untuk itu mari kita mengenal juga komunitas Betta Bumi Serpong Residences Club (Betta BSRC).

Ikan Cupang Hias Betta BSRC 5

Saat ini jumlah anggota Betta BSRC sudah sebanyak 60 orang yang tersebar di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan di Provinsi Kalimantan. Para anggota dari Betta BSRC memiliki berbagai latar belakang yang beragam, mulai dari Karyawan Swasta, Pengusaha, Seniman, Artis, hingga anggota Polisi. Semuanya bergabung akan kesamaan hobi memelihara ikan Cupang.

Kami sempat bertanya kepada perwakilan Bettabsrc mengapa ikan Cupang menjadi pilihan kalian dan begitu istimewa?

Jawaban Besly adalah “karena Cupang adalah ikan hias yang paling mudah untuk dirawat, ikan ini juga memiliki potensi yang tak terhingga untuk diciptakan berbagai varian baru dengan cara Kawin Silang (CrossBreed).

Kegiatan rutin terdiri dari Bettabsrcs terdiri dari kegiatan jual beli ikan cupang dan segala perlengkapan beternaknya, diskusi online melalui sosial media dan zoom meeting, mengikuti pameran dan kontes ikan cupang, lelang amal, renovasi masjid, santunan kepada anak yatim piatu, dll.

Ikan Cupang Hias Betta BSRC 6
Ikan Cupang Hias Betta BSRC 7
Ikan Cupang Hias Betta BSRC 8

Bagaimana sobattikum, seru bukan kegiatan dari para pencinta ikan Cupang ini. jika Anda tertarik untuk bergabung menjadi anggota komunitasnya ikan cupang hias dari LFS, seperti BettaBSRC, Nordiamond Wu, Betta Khaira Cupang Depok, silahkan menghubungi akun sosial media Instagram di @bettabsrc untuk informasi selengkapnya.

Kami turut bangga bisa memperkenalkan kembali komunitas hobi satwa seperti Love for Share dan Bettabsrc kepada seluruh masyarakat Indonesia. Semoga budidaya ikan Cupang semakin ramai dan berkembang di Indonesia dan menghasilkan bibit juara internasional dalam berbagai kompetisi ikan Cupang. Jangan Lupa Bahagia!

“Life is Good, but Bettas make it better.”


Aquarium Tools Set Plants Tweezers and Scissors Grass Stainless Steel Cleaning Tools Plants Fish Tank Accessories 4 5 6pcs/set
Anda mungkin suka