Lockdown Love by Balawan

Rilis single ini dilakukan di suatu tempat keren yaitu Kebon Vintage Car yang berlokasi di Bali. Ada beberapa hal yang cukup unik dalam pembuatan single Locdown Love ini , selain melibatkan grup Batuan Ethnic Fusion

Tanggal 10-10-2020, adalah kombinasi angka yang keren untuk masa ini. Banyak orang melakukan kegiatan positif di tanggal ini. Termasuk salah satu Maestro gitar Indonesia yang berasal dari Bali, siapa lagi kalau bukan Balawan. Balawan meluncurkan single yang bertajuk “Lockdown Love” yang dibuat selama masa Pandemi ini.

balawan 2
balawan 3

Perilisan single ini dilakukan di suatu tempat keren yaitu Kebon Vintage Car yang berlokasi di Bali. Ada beberapa hal yang cukup unik dalam pembuatan single Locdown Love ini , selain melibatkan grup Batuan Ethnic Fusion, Balawan melibatkan beberapa musisi manca negara untuk mengisi part di lagu ini. Caranya adalah melalui aplikasi WhatsApp. Karena single ini dibuat dalam masa Pandemi, jadi untuk melakukan proses rekaman, cukup di rumah masing masing. Ada part biola yang dimainkan langsung dari India, Dubai, suling dari Jogja, part lain diisi dari Amerika, Equador, Jepang dengan harmonika, dan masih banyak lagi, dapat dilihat di video single Lockdown Love yang sudah ada di Youtube.

Ada yang cukup unik dan berbeda dari lagu ini, Balawan yang biasa kita lihat dan dengar dengan musiknya yang sangat ber skill tinggi dan cukup ruwet, yang terkenal dengan tekhnik “double tapping” ternyata dapat juga merambah jalur Pop yang cukup cathcy didengar. Dan hanya dengan 4 chord, Balawan dapat menjadikannya sebuah lagu. Bahkan ada part reff dari lagu ini yang dijadikan Tik tok. Yaitu menyanyi sambil menari.

Berdasarkan laporan team tikum.id yang diwakili Antonio Mogot yang datang langsung meliput perilisan singel ini, ia cukup takjub jika sang Maestro dapat merambah jalur Pop bahkan sambil menari Tiktok.
Single ini menceritakan tentang percintaan yang terjalin selama masa pandemi atau Lockdown di Bali, bukan tentang politik. Karena dimasa susah ini Balawan ingin menyajikan suatu yang segar dan enak didengar.

Ada sedikit wejangan dari bli Balawan untuk para musisi di era Pandemi ini. “Teruslah berkarya, membuat suatu terobosan, jadilah the real musician” bukan ngartis, karena kalau kita serius pasti ada jalan. Apapun dapat dilakukan untuk dapat melanjutkan kehidupan musisi sekarang ini. Tapi harus tetap berkarya agar dapat menghibur yang sedang sedang gundah.

Semoga single Balawan “Lockdown Love” dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat luas di Indonesia, terutama di Bali. Teruslah berkarya Bli, teruslah memajukan musik tradisional Indonesia kepada Dunia Internasional agar dunia tau bahwa musik Indonesia tidak kalah dari negara lain. Selalu ditunggu karya karya terbaiknya.

“One good thing about music, when it hits you, you feel no pain.”
Bob Marley

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka