Lionel Messi, Sang Ikon yang Tinggalkan Barcelona

Lionel Messi, akhirnya harus meninggalkan Barcelona lantaran terganjal aturan La Liga Spanyol. Berikut sejarah, prestasi, dan kemungkinan tujuan Messi selanjutnya.

Tikum Bola – Lionel Messi, akhirnya harus meninggalkan Barcelona lantaran terganjal aturan La Liga Spanyol. Berikut sejarah, prestasi, dan kemungkinan tujuan Messi selanjutnya.

Pekan lalu, nama Lionel Messi menjadi trending topic di dunia maya lantaran dikabarkan akan meninggalkan klub yang telah membesarkan namanya, Barcelona. Tentu saja berita ini mengejutkan jagat sepak bola dunia terutama penggemar El Barca. Terlebih lagi, Messi telah 21 tahun bergabung dengan Barcelona. Simak bagaimana awal mula Messi bergabung dengan klub catalan ini, prestasi yang ia torehkan, serta klub destinasi selanjutnya.

Awal Mula Messi Bergabung dengan Barcelona

Messi merupakan seorang anak berbakat yang berasal dari Rosario Argentina. Ia menghabiskan masa anak-anaknya dengan bergabung di klub lokal, Newell’s Old Boys. Saat berusia 13 tahun, ia dan keluarganya kemudian pindah ke kota Barcelona dan Messi masuk ke akademi La Masia.

La Masia merupakan klub binaan milik klub sepak bola Barcelona. Saat itu, klub setuju membayar biaya perawatan Messi yang kekurangan hormon pertumbuhan. Kontrak pertamanya ditandatangani di atas serbet karena eksekutif Barcelona kala itu, Carles Rexach, melihat potensi dalam diri Messi dan tak ingin melepaskannya.

Messi kemudian membuat debut pertamanya di tim utama pada usia 16 tahun, tepatnya pada 16 November 2003. Saat itu, Frank Rijkaard memberi kesempatan untuk Messi tampil dalam pertandingan persahabatan melawan tim FC Porto. Pada tahun 2004, Messi memainkan pertandingan resmi pertama untuk Barcelona. Setelah itu, kepiawaiannya mengolah si kulit bundar membuat Messi mendapatkan kepercayaan untuk berada di lini serang Barcelona.

Prestasi Messi Bersama Barcelona

Selama 17 berkarier bersama dengan tim senior Barcelona, Messi tak henti-hentinya mencatatkan prestasi gemilang. Hingga kini, Messi telah mencetak 672 gol dan 305 assist bagi Barcelona dari total 778 pertandingan di semua kompetisi. Dari gol tersebut, ia berhasil mencatatkan 54 hat-trick: yang pertama pada Maret 2007 dan yang terakhir kala berhadapan dengan Eibar pada Februari 2020.

Selama itu pula, Messi telah berhasil menyumbang 10 trofi La Liga, 7 trofi Copa del Rey, 8 trofi Supercopa de Espana, 4 trofi Liga Champions, 3 trofi Piala Super Eropa, dan 3 trofi Piala Dunia Antarklub bagi Barcelona. Tentu ini merupakan suatu capaian luar biasa untuk seorang pesepakbola. Belum lagi sederetan prestasi pribadi yang berhasil ia dapatkan seperti 6 trofi Ballon d’Or.

Kepergian Messi dari Barcelona terjadi bukan karena ada konflik antara dirinya dengan pihak klub. Kedua pihak harus berpisah lantaran klub terganjal aturan La Liga Spanyol tentang pendaftaran pemain. Pada tahun 2013 silam, La Liga mengharuskan batasan gaji biaya transfer pemain maksimal 70 persen dari pendapatan klub. Sayangnya, Barcelona gagal memenuhi syarat ini karena pendapatan klub menurun drastis karena dampak pandemi Covid-19.

Ke mana Messi akan Berlabuh?

Tentu saja sebagai seorang yang tak terikat dengan klub mana pun, Messi menjadi incaran banyak klub besar. Dengan skill dan performa menawan, klub-klub elit di Eropa pasti rela menggelontorkan dana fantastis demi mengontrak sang mega bintang. Kabar terakhir, klub raksasa Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain (PSG), ingin memboyong Messi.

Bursa transfer musim panas di sepakbola Eropa telah dibuka sejak 9 Juni dan akan ditutup pada 31 Agustus 2021. Itu artinya, PSG harus berhasil mendapatkan tanda tangan Messi sebelum itu. Presiden PSG—Nasser Al-Khelaifi—tentu akan menggunakan berbagai cara untuk membujuk Messi termasuk memanfaatkan kedekatan sang pemain dengan, Neymar, yang kini juga berseragam PSG.

Demikianlah seluk beluk mengenai ikon Barcelona, Lionel Messi, resmi hengkang dari Camp Nou. Seragam klub apa pun yang akan Messi kenakan di musim depan, penampilannya tetap dinanti oleh para penggemar bola di seluruh dunia

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka