Likupang Duathlon 3 April 2021

Sport Tourism Likupang Duathlon merupakan kegiatan gabungan Bersepeda dengan jarak 46km dan Berlari dengan jarak 3km pada hari Sabtu 3 April 2021 dimulai dari Hotel Novotel Manado dan Selesai di Pantai Pall Desa Marinsow.

Likupang Duathlon 3 April 2021 2

Likupang Duathlon ini Peserta akan melewati 18 Desa di Minahasa Utara Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yakni (Mapanget, Kolongan Tetey, Dimembe, Warukapas, Tetelu, Tetelu Rondor, Wasian, Lumpias, Wangurer, Kaweruan, Kokoleh 2, Kokoleh 1, Pasiaten, Likupang 1, Wineru, Maen, Marinsow) dengan disambut disempanjang jalan keramahan para penduduk dan juga disajikan minuman dan makanan khas Desa masing-masing.

Likupang Duathlon 3 April 2021 3

Dengan Peserta Offline dibatasi 100 Peserta agar tidak terjadi kerumunan selain peserta dari dalam Kota Manado dan juga dari Luar Manado, dengan menerapkan protokol kesehatan CHSE maka dibuatkan Wave atau kami sebut pleton sebanyak 4 dengan masing peserta 25 orang. Untuk memastikan perjalanan peserta menuju Finish lancer kami iringi dengan Vorijder, Road Kapten, Sweeper, Mekanik Sepeda, dan juga Ambulance.

Likupang Duathlon ini juga diikuti oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw, Bupati Minasa Utara Joune Ganda, dan Ketua Umum Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Panca R. Sarungu.

Likupang Duathlon 3 April 2021 4
(Foto Eksklusif DPP MASATA)

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw mengatakan kegiatan ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan Sulut dari semua aspek termasuk sektor pariwisata. Diketahui, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang menjadi satu dari lima destinasi super prioritas di Indonesia yang ditetapkan pemerintah pusat. “Ini adalah ikhtiar serta semangat kita untuk bangkit melawan pandemi Covid-19,” kata Kandouw. Dia mengapresiasi penerapan protokol kesehatan dalam iven momentum kebangkitan pariwisata Sulut ini. “Saya mewakili Gubernur Sulut mengapresiasi kegiatan ini,” ujarnya.

Bupati Minasa Utara Joune Ganda mengatakan ”Tentunya berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang telah menetapkan event Nasional Olahraga Series Duathlon pertama di KEK Pariwisata Marinsow dan Pantai Pantai Pal Likupang Kabupaten Minahasa Utara. Penyelenggaran event ini merupakan upaya pemulihan ekonomi terutama di Sektor Pariwisata sekaligus mengimplementasikan konsep wisata berkualitas,” ujar Bupati.

Ketua Umum Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) menjelaskan terkait kesiapan panitia akan jalur event sudah siap mulai dari start hingga finish. “Untuk jalur yang akan dilewati panitia telah melakukan survey dan telah melakukan perbaikan agar kondisi jalannya benar-benar aman dan tidak membahayakan peserta. Lokasi start dari Hotel Novotel Manado dan finish di Pantai Pall.

Ketua Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) DPD Sulawesi Utara Dino Gobel menambahkan bahwa Likupang Duathlon ini juga mengangkat kearifan lokal misal desa-desa yang dilewati secara sukarela menyediakan minuman, desa wisata marinsow dijadikan tempat transisi dan di titik finish masakan dan UMKM disajikan oleh Desa Wisata yaitu (Desa marinsow, Desa kinuang, Desa Pulisan, Desa Kalinau).

Sementara itu,Windy Agustian Dirut Event Organizer “RajaLari.id” mengatakan, event Likupang Duathlon yang kami Organize ini di selenggarakan di Kawasan Ekonomi Khusus KEK Pariwisata Likupang ini bertujuan untuk memperkenalkan KEK Pariwisata di mata Dunia, sehingga bisa di kenal dan bisa mengangkat perekonomian masyarakat dan juga Sport Tourism sudah bisa dilakukan asal dengan menerapkan protocol kesehatan CHSE.

Likupang Duathlon 3 April 2021 5
Likupang Duathlon 3 April 2021 6
Likupang Duathlon 3 April 2021 7

Event yang dilaksanakan oleh komunitas Masyarakat Sadar Wisata (Masata) didukung penuh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Manado ini akan diikuti sebanyak kurang lebih 2100 peserta yang terbagi diantaranya, 100 peserta offline dan 2000 secara Online.

Semoga Likupang Duathlon bisa menjadi contoh event sport tourism pertama setelah Pandemik Covid-19 yang diselenggarakan secara Offline dengan skala Nasional yang juga bisa di ikuti oleh daerah lainnya.

Diakhir acara Rajalari.id mengumumkan untuk daerah selanjut akan dibuat di bulan Juni 2021 yaitu Mandalika Duathlon.

Baca juga: Mengenal MASATA, Masyarakat Sadar Wisata


Global Version Amazfit GTS Smart Watch 5ATM Waterproof Swimming Smartwatch 14 Days Battery Music Control for Android