Lies of Lies: Drama Korea yang Menginspirasi Penulis Ikatan Cinta

Belakangan Ikatan Cinta cukup populer di dunia entertainment tanah air. Tapi tahukah Anda kalau ada drama Korea yang plotnya mirip dengan sinetron ini?

Belakangan Ikatan Cinta cukup populer di dunia entertainment tanah air. Tapi tahukah Anda kalau ada drama Korea yang plotnya mirip dengan sinetron ini?

Sejak tayang beberapa bulan silam, sinetron Ikatan Cinta yang dibintangi oleh Amanda Manoppo dan Arya Saloka menarik banyak perhatian. Jalan cerita unik dan akting natural membuat Ikatan Cinta dianggap berbeda dari kebanyakan sinetron yang sedang tayang di berbagai stasiun televisi tanah air.

Tapi tahukah Anda, bahwa di dunia entertainment Indonesia banyak yang menganggap Ikatan Cinta terinspirasi dari salah satu drama Korea populer berjudul Lies of Lies?

Sinopsis Lies of Lies

Lies of Lies bercerita tentang Ji Eun Soo yang dituduh membunuh suaminya dan masuk penjara. Suami Ji Eun Soo merupakan anak konglomerat (chaebol). Begitu dibebaskan, Eun Soo berusaha menemukan putrinya yang ternyata telah diadopsi oleh Kang Ji Min.

Agar lebih dekat dengan putri kesayangan, Eun Soo pun mendekati Kang Ji Min dan berpura-pura jatuh cinta pada lelaki yang menurut Eun Soo memiliki sifat “sedingin es” itu. Dalam perjalanan untuk mendapatkan cinta Kang Ji Min dan lebih dekat dengan anak kandungnya, Eun Soo juga berusaha membuktikan bahwa yang membunuh suaminya bukanlah dirinya.

Drama yang terdiri dari 16 episode ini tidak hanya menampilkan kisah pilu Eun Soo sebagai korban KDRT yang dituduh membunuh suami dan dijauhkan dari anak yang ia lahirkan ketika di penjara. Lies of Lies juga berkisah tentang bagaimana Eun Soo berbohong untuk mencari kebenaran dan siapa dalang sesungguhnya di balik pembunuhan suaminya.

Saat melihat drama ini kita akan melihat beberapa kejutan dan alur cerita yang sulit ditebak. Apalagi tokoh sentral drama yaitu Ji Eun Soo diperankan oleh Lee Yu Ri yang dikenal sebagai aktris kawakan di dunia entertainment Korea Selatan. Jadi jangan heran bila Lies of Lies termasuk salah satu drama dengan rating memuaskan.

Rating Lies of Lies di Korea

Lies of Lies atau Lie After Lie pertama kali tayang di Channel A pada tanggal 4 September 2020 setiap hari Jumat dan Sabtu jam 22.50 waktu Korea Selatan. Pada episode pertama, Lies of Lies meraih rating sekitar 1,169% secara nasional. Angka tersebut cenderung rendah dibanding tayangan dari stasiun televisi publik seperti KBS, SBS, dan MBC.

Tapi mengingat Channel A merupakan layanan TV kabel, capaian tersebut termasuk memuaskan. Meskipun sempat naik turun setiap episodenya, pada episode terakhir Lies of Lies mencapai rating tertinggi yaitu 8,203%. Mungkin rasa penasaran tentang siapa pembunuh suami Ji Eun Soo sebenarnya membuat banyak orang tertarik untuk melihat episode terakhir drama menarik tersebut.

Lies of Lies dan Ikatan Cinta

Jalan cerita mirip dan plot serupa membuat banyak orang mengira sinetron Ikatan Cinta terinspirasi dari drama Korea Lies of Lies. Bahkan beberapa orang menganggap bahwa sinetron Ikatan Cinta dibuat karena penulisnya sangat menyukai segala budaya populer Korea Selatan.

Sayangnya, kabar ini dibantah oleh salah satu tim produksi Ikatan Cinta melalui akun Twitter-nya. Meskipun begitu, banyak orang yang mendukung walaupun seandainya sinetron tersebut memang terispirasi dari drama Korea, mengingat jalan ceritanya cukup unik dan beda dari kebanyakan sinetron.

Tapi apapun itu, setidaknya kita bisa mengapresiasi kreativitas tim produksi Ikatan Cinta yang bertahun-tahun malang melintang di dunia entertainment tanah air karena mampu menghasilkan tayangan yang fresh. Mengingat beberapa waktu belakangan orang lebih senang melihat tayangan Youtube dan Netflix.

Jadi walaupun banyak yang menganggap kualitas sinetron tanah air kalah seru dibandingkan drama Korea, kita bisa sedikit bangga karena akhirnya Ikatan Cinta membuat orang tertarik untuk melihat televisi lagi.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka