LCRI. Land Rover Club Indonesia, Berpetualang Dan Off Road Bersama

Tikum Otomotif – Berwisata offroad memang sangat menyenangkan selain banyaknya pilihan destinasi di Indonesia yang menawarkan jalur pemandangan alam, hutan yang masih asri, hingga tanjakan terjal yang dapat memacu adrenalin. Seperti apa kisahnya. Simak di Tikum.id

Land Rover Club Indonesia 1

Melakukan offroad membutuhkan kendaraan khusus karena lintasan yang akan dilalui juga berbeda dengan jalan raya beraspal mulus. Namun pengertian offroad sendiri adalah mengendarai kendaraan khusus jalur berlumpur, tanah, pasir, bebatuan dan sungai.

Jenis-jenis offroad juga cukup banyak, seperti Adventure Offroad, Fun Offroad, Extreme Offroad, Speed Offroad, dan Formula Offroad. Bagi Anda yang berjiwa petualang adventure offroad bisa menjadi pilhan. Salah satu mobil yang umumnya digunakan dalam kegiatan ini adalah Land Rover.

Land Rover yang merupakan mobil ‘iconic’ offroad ini punya sejarah panjang di dunia. Menurut berbagai sumber pada tahun 1948-1958 setelah masa perang dunia kedua. Land Rover seri pertama diproduksi untuk kebutuhan masyarakat Inggris pada bidang pertanian yang terinspirasi oleh Willys Jeep. Tidak sampai disitu, Land Rover terus berevolusi ke berbagai tipe pasca produksi seri pertama menjadi Land Rover seri 2, Land Rover seri 3, Land Rover 90 and 110, Land Rover Defender, hingga yang paling terbaru Land Rover L663 tahun 2020.

Untuk lebih mengetahui ketangguhan dan kegagahan mobil ini, rasanaya akan semakin seru jika kita juga berkenalan dengan komunitas dari para pemilik Land Rover. Mereka adalah sobat tikum Land Rover Club Indonesia (LCRI).

Land Rover Club Indonesia (LCRI) berdiri tanggal 5 Agustus 1987, atas inisiasi dari beberapa orang yaitu Bapak (Alm) Boediarto, (Alm) Martopo Sudjarwo, Bambang Sakti, Goenarso, Hadi Rubiyanto, Indra Kadi, Johnny Pulunggono.

Visi terbentuknya LCRI adalah sebagai wadah untuk menghimpun seluruh pemilik dan penggemar mobil merk Land Rover.

Misi LCRI ingin mempererat kekeluargaan, menghimpun aspirasi anggota dalam program kegiatan yang positif, berguna dan bertanggung jawab. Dan saat ini LRCI diketuai oleh Bapak dr. Firman Wahyuni Supangkat.

Land Rover Club Indonesia 2
(Foto Eksklusif tikum.id Ketua LRCI)

Moto LRCI adalah Cinta lingkungan, Cinta sesama, Cinta alam Indonesia.
Cinta lingkungan adalah bagaimana LRCI menjaga dan melestarikan alam sekitar kita, cinta sesama adalah bagaimana mereka peduli dan hadir membantu bagi sesama manusia, cinta alam indonesia adalah bagaimana mereka menikmati keindahan alam Indonesia, tanpa kita merusaknya. Motto ini selalu kami hadirkan konsepnya ke dalam setiap kegiatan LRCI.

Latar belakang para anggota Land Rover Club Indonesia (LCRI) juga menarik untuk kita ketahui, sebab walau kendaraan ini masuk dalam kategori klasik namun peminatnya berasal dari berbagai usia dan profesi. Mulai dari umur 18 tahun – 80 tahun. Namun, memang mayoritas anggota lebih banyak di rentang usia 40–60 tahun dengan profesi seperti Mahasiswa, Karyawan profesional, Pengusaha, Seniman/artis, Aparatur sipil negara, dan eksekutif profesional dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Land Rover Club Indonesia 3
Land Rover Club Indonesia 4
(Grand launching Kopi Nusantara, Komjen. Pol. (Purn.) Drs. Budi Waseso)
Land Rover Club Indonesia 5
(LRCI Ladies)

Sampai saat ini jumlah anggota LRCI sudah mencapai 800 anggota dan mereka memang tidak memiliki chapter. Namun, klub otomotif ini memiliki banyak anggota yang tersebar di berbagai provinsi indonesia. di LRCI baik dari sisi perbedaan pekerjaan, umur dan latar belakang anggota bisa tetap duduk bersama-sama tanpa memandang perbedaan ketika sudah berbicara dan berdiskusi seputar hobi yaitu Land Rover.

Kami bertanya kepada wakil ketua LRCI Bapak Daniel mengenai kenapa Land Rover menjadi pilihan tunggangan kalian dan apa keistimewaan dari mobil ini?

Jawaban Daniel adalah: “Karena dari bentuk yang ikonik klasik yangg tidak membosankan ketika dipandang mata, selain itu karakter dari mesin juga kaki-kakinya yang nyaman di jalan tanpa aspal dan medan offroad.”

Daniel menambahkan “LRCI juga terkenal dengan beragam kegiatannya yang selalu melibatkan anggota keluarga seperti touring, camping dan lainnya, sehingga kami sudah seperti sebuah keluarga besar dengan hobi yang sama.”

Kegiatan rutin LRCI pada periode mingguan sebelum pandemic covid-19 melanda Indonesia cukup banyak dan seru, seperti coffe talk, kegiatan ini sifatnya kumpul bareng di akhir pekan sambil berdiskusi seputar kegiatan dan Land Rover.
Biasanya kegiatan ini selalu berpindah tempat baik di cafe, restoran, atau tempat nongkrong yang sudah disepakati bersama.

Bulanan: Periode 2-3 bulan, ada 1 kegiatan mini touring, touring yg melibatkan anggota-anggota LRCI bersama keluarga untuk perjalanan touring jarak pendek dan camping, umumnya 2-3 hari. 

Tahunan: Ada kegiatan annual touring, serupa dengan mini touring yang melibatkan anggota keluarga juga tapi annual bersifat lebih panjang dari sisi durasi serta jarak tempuh, dan ini merupakan program unggulan yang selalu ditunggu di club.

Land Rover Club Indonesia 6

Kegiatan di normal baru pandemic Covid-19

Coffee talk dirubah formatnya dengan membuat discussion group via zoom meet, dan sudah beberapa kali diadakan dengan beberapa tema menarik yang cukup banyak peminatnya. Dan Setelah 1 tahun pandemi berjalan, LRCI juga sudah memulai kembali mengadakan mini touring ke beberapa kota seperti Lampung, Malang dan Sukabumi. Tentunya semua kegiatan ini diadakan dengan protokol Kesehatan covid-19 yang ketat, dan jumlah mobil dan peserta juga dibatasi. Dan untuk annual touring rencananya baru akan dicoba untuk jalan kembali pada bulan juli 2021.

Daerah yang sudah pernah mereka tempuh untuk domestik adalah offroad ke Sulawesi di tahun 2010, Kalimantan di tahun 2012 dan beberapa wilayah Sumatera seperti Aceh, Medan, Bengkulu, dll). Dan untuk rute internasional pencapaian LRCI adalah menuju ke Sarawak, Malaysia pada tahun 1998.

Land Rover Club Indonesia 7
(Land Rover Club Indonesia Divisi Tanggap Bencana)
Land Rover Club Indonesia 8
Land Rover Club Indonesia 9

Bagaimana sobat tikum, seru bukan kegiatan LRCI. Jika Anda penggemar offroad dan ingin bergabung kedalam keluarga besar LRCI syaratnya sangat mudah. Anda wajib berusia minimal 17 tahun, sudah mempunyai kartu tanda penduduk, surat ijin mengemudi, dan pastinya penggemar atau pemilik Land Rover.

Land Rover Club Indonesia (LRCI) sangat terbuka untuk para pemilik maupun non pemilik yang memiliki minat yang sama pada mobil Land Rover. Untuk informasi selengkapnya silahkan menghubungi melalui sosial media resmi Land Rover Club Indonesia berikut ini:
Website: www.landroverclubindonesia.com
Instagram: @landroverclubindonesia

Kami bangga bisa menyajikan cerita mengenai klub otomotif seperti LRCI yang sudah eksis di tanah air selama lebih dari tiga dekade. Semoga LRCI bisa terus mempersatukan masyarakat Indonesia dan membangkitkan gairah pariwisata Indonesia. Dan menjelang ulang tahun mereka di bulan Agustus nanti tentunya akan banyak cerita menarik lainnya dari LRCI. Yuk..Simak terus informasinya di tikum.id

Salam Otomotif!

“On-road journey is a journey of life, so don’t expect your journey will end with highway, sometimes need to take off-road also.”
Penke Veerashankar

Anda mungkin suka