6 Layanan Google yang Akan Membantu Pemilik Bisnis di Era Digital

Google pun memiliki berbagai aplikasi yang dapat memudahkan penggunanya di berbagai hal. Jika Anda seorang pelaku bisnis, maka berikut adalah beberapa rekomendasi layanan aplikasi Google

DeHaen Tech – Untuk bersaing bisnis di zaman digital sekarang, Anda perlu punya banyak amunisi. Enam layanan Google ini bisa jadi senjata ampuh guna meningkatkan bisnis Anda.

Google merupakan mesin pencari (search engine) terbesar yang ada di sini. Nyaris apapun yang Anda ingin temukan di internet, Google dapat menampilkannya.

Namun tak cuma itu, Google pun memiliki berbagai aplikasi yang dapat memudahkan penggunanya di berbagai hal. Jika Anda seorang pelaku bisnis, maka berikut adalah beberapa rekomendasi layanan aplikasi Google yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan usaha.

6 Layanan Google

Google My Business

Anda pasti pernah menemukan info mengenai tempat usaha tertentu saat mencarinya di Google, kan? Biasanya, deskripsi yang muncul berupa nama bisnis, lokasi, jam operasional, nomor telepon, hingga review dari orang lain yang pernah berkunjung atau berbelanja di tempat tersebut.

Itu artinya, pemilik usaha tersebut telah mendaftarkan bisnisnya di Google My Business. Adapun yang dimaksud dengan Google My Business merupakan tool gratis yang satu ini dapat Anda gunakan untuk mengelola tampilan bisnis di laman pencarian Google dan Google Maps. Tentu saja, kentungan utama yang akan Anda peroleh dari penggunaan Google My Business adalah kepercayaan orang mengenai bisnis Anda.

Google Calendar

Manajemen waktu adalah salah satu kunci keberhasilan dari sebuah usaha. Maka dari itu, pastikan Anda mencatat seluruh kegiatan yang akan dilakukan agar tak lupa dan dapat menyusun prioritas.

Google Calendar adalah layanan aplikasi gratis milik Google untuk pengelolaan waktu. Aplikasi ini akan menjadi asisten pribadi Anda untuk mencatat dan mengingatkan rencana harian yang harus dilakukan.

Think with Google

Think with Google adalah platform Google yang memberikan informasi paling up to date mengenai apapun yang berkaitan dengan tren marketing, teknologi, audiens, dan sebagainya. Dalam kata lain, Think with Google menyediakan info penting yang sangat dibutuhkan oleh content creator maupun digital marketer khususnya.

Selain itu, Think with Google juga menawarkan berbagai tools tak kalah penting dan bermanfaat lainnya. Seperti contoh, Anda bisa menggunakan tool Test My Site yang akan mengecek performa situs Anda sehingga dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan SEO.

Google Trends

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus update dengan apa yang menjadi tren di pasar. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan pendekatan marketing yang pas atau melakukan inovasi produk sehingga menggaet pasar yang lebih luas.

Google Trends adalah solusi yang sebaiknya Anda manfaatkan. Layanan gratis ini tidak cuma memperlihatkan topik apa yang sedang hangat diperbincangkan, tetapi juga dapat digunakan untuk pencarian kata kunci yang lebih tepat sasaran.

Google Correlate

Boleh dibilang bahwa Google Correlate adalah kebalikan dari Google Trends. Jika Anda mengetikkan kata kunci tertentu untuk mendapatkan pola, maka di Google Correlate, Anda telah lebih dahulu mengetahui pola, baru kemudian mencari kata kunci terkait yang populer.

Google Correlate akan menjadi tool yang membantu Anda menemukan kata kunci baru sehingga lebih banyak variasi keyword yang Anda peroleh. Selain itu, yang tak kalah penting, Anda dapat mengidentifikasi di wilayah mana kata kunci tersebut paling banyak digunakan. Dengan demikian Anda pun dapat menyusun strategi lanjutan untuk memaksimalkan marketing.

Google Keyword Planner

Masih berkaitan dengan kata kunci, Google keyword Planner adalah tool riset kata kunci yang ditawarkan Google. Keyword Planner pada dasarnya memang dibuat untuk mendukung kepentingan membuat iklan di Google Ads, tetapi berita baiknya, Anda bisa menggunakannya untuk riset kata kunci SEO tanpa harus memasang iklan di Google.

Layanan ini memiliki manfaat besar untuk mendukung iklan Anda di media sosial maupun internet secara umum. Google Keyword Planner bahkan dapat membantu Anda memperoleh statistik dan perkiraan trafik dari iklan yang akan dibuat berdasarkan kata kunci pilihan.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen