Laris Manis di Dunia, Ini Fakta Unik Mobil Pabrikan Jepang Toyota

Toyota merupakan pabrikan otomotif asal Jepang yang namanya mendunia. Namun, ada banyak fakta menarik yang masih jarang diketahui lho! Yuk, cari tahu di Tikum.id!

Toyota tercatat sebagai perusahaan otomotif terbesar di dunia yang sudah berdiri sejak 1937. Toyota disukai lantaran menawarkan produk berteknologi canggih yang dibuat menggunakan bahan baku berkualitas tinggi serta dirancang untuk memudahkan kegiatan penggunanya. Tak heran jika merek Toyota masuk jajaran pabrikan terlaris di Indonesia dan dunia. Meskipun demikian, sangat sedikit orang yang mengetahui kebenaran di balik nama besar Toyota. Agar SobatTikum tidak penasaran, simak fakta unik Toyota berikut ini!

Toyota Awalnya Perusahaan Tekstil

Mulanya, perusahaan yang didirikan Sakichi Toyoda ini dikenal sebagai pabrik mesin tenun dengan nama Toyoda Automatic Loom Works. Produk mesin Type G yang dihasilkan Toyota sudah dikembangkan pada tahun 1924, jauh sebelum perusahaan berdiri. Meskipun bermula dari pabrik mesin tenun, hal ini menjadi cikal bakal pembentukan divisi Toyota Motor Corporation. Dikenal sebagai pabrikan kendaraan bermotor terbaik, Toyota tak melupakan jati dirinya sebagai perusahaan tekstil yang masih berjalan hingga saat ini.

Diproduksi Untuk Keperluan Perang

Ketika perang Jepang-Tiongkok pecah, pemerintah Jepang meminta Kiichiro Toyoda membuat mobil untuk keperluan perang. Kiichiro melancong ke Eropa dan Amerika untuk mempelajari komponen dan bahan baku mobil. Kerja keras Toyoda selama beberapa tahun berbuah manis. Setelah kembali ke tanah kelahirannya, Toyoda berhasil menciptakan dua jenis mobil, yakni truk dan penumpang.

Konflik Korea Selamatkan Toyota dari Kebangkrutan

Tak banyak yang tahu bahwa di tahun 1940 hingga 1950-an, produsen otomotif raksasa dunia ini nyaris gulung tikar. Sebelum perang saudara antara Korea Utara dan Korea Selatan terjadi, Toyota hanya mampu mencatat penjualan sebanyak 300 unit. Kondisi ini menyebabkan Toyota berada di situasi sulit. Namun, ketika perang Korea berlangsung, Toyota justru kebanjiran pesanan. Atas permintaan pemerintah Amerika Serikat, Toyota berhasil menjual 5.000 unit kendaraan roda empat untuk perang. Secara tidak langsung, perang Korea menyelamatkan Toyota dari masa krisis.

Corolla, Model Paling Laris di Dunia

Sejak berdiri, sudah tak terhitung banyaknya jenis dan tipe mobil yang diproduksi oleh Toyota. Meskipun demikian, Corolla menjadi jenis kendaraan roda empat terlaris yang memiliki angka penjualan tertinggi di antara jenis mobil Toyota lainnya. Lebih dari 40 juta unit Corolla terjual di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Toyota Membantu Perekonomian Amerika Serikat

Sebagai pabrikan yang dikenal akan kualitas produknya, Toyota secara tidak langsung turut membantu perekonomian Amerika Serikat. Di tahun 2012, Amerika Serikat mengalami penurunan pendapatan sehingga menyebabkan tingginya angka pengangguran. Namun, kehadiran Toyota berdampak besar pada ekonomi negara. Tidak hanya meningkatkan pendapatan negara, pertumbuhan produksi mobil Toyota juga menurunkan angka pengangguran secara signifikan.

2011 Menjadi Tahun Bersejarah Bagi Toyota

Angka penjualan kendaraan roda empat Toyota memang selalu meningkat setiap tahunnya. Namun, di tahun 2011 angka penjualan Toyota mengalami lonjakan hebat. Tak hanya itu saja, di tahun yang sama Toyota dinobatkan sebagai perusahaan yang sukses menduduki tiga besar terbaik dengan penjualan fantastis di dunia. Tentunya, hal ini menjadi momen bersejarah yang sangat membanggakan.

Penghasil Mobil Hybrid Terbesar

Mobil hybrid memang masih kalah populer dengan kendaraan roda empat konvensional Meskipun demikian, Toyota mampu memproduksi mobil hybrid lebih dari 1.7 juta unit di seluruh belahan dunia. Salah satu mobil hybrid pabrikan Toyota terlaris adalah Prius.

Demikianlah informasi mengenai fakta unik pabrikan otomotif dunia terlaris asal Jepang, Toyota yang perlu SobatTikum ketahui. Yuk, bagikan informasi menarik ini!


1088 Android 10 Car Multimedia DVD Stereo Radio Player GPS Navigation Carplay Auto For BMWX5/X6 E70/E71/E72 2007-2009 CCC system

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen