Lagu Mad World Kembali Populer, Siapa yang Nyanyikan Cover Terkeren?

Dari balada Demi Lovato, akapela Pentatonix, hingga versi alternatif untuk soundtrack film Donnie Darko, inilah beberapa cover Mad World paling keren.

Mad World cover

Dari balada Demi Lovato, akapela Pentatonix, hingga versi alternatif untuk soundtrack film Donnie Darko, inilah beberapa cover Mad World paling keren.

Lagu Mad World kembali populer dengan nada dan lirik yang tepat menggambarkan suasana pandemi. Begitu populernya hingga beberapa penyanyi memutuskan membuat cover lagu tersebut, memberi warna baru pada balada pop klasik ini.

Lalu, siapa saja yang membuat cover lagu terkeren? Inilah beberapa penyanyi yang SobatTikum bisa dengarkan langsung.

1. Demi Lovato

 Lagu Mad World cover 1

Siapa yang sudah menanti album terbaru Demi Lovato, Dancing with the Devil? Salah satu lagu di dalamnya adalah versi balada yang lebih lembut dan sederhana tetapi menyentuh. Menurut Demi, Mad World adalah lagu favorit yang dia dengarkan pertama kali saat menonton Donnie Darko di usia 14 tahun. Selain sendu, cover lagu ini dianggap sebagai “pasangan” tepat untuk lagunya yang berjudul La La Land, karena menggambarkan konflik batin yang dialami seseorang ketika bekerja di bawah tekanan mesin industri Hollywood.

2. Kelly Clarkson

Lagu Mad World cover 2

Kelly Clarkson menyanyikan cover lagu ini di acaranya, The Kelly Clarkson Show. Versinya memadukan aspek balada dengan dentuman drum dan gitar khas lagu-lagunya. Cover Kelly juga terdengar lebih dekat dengan versi asli Mad World yang lebih mengarah ke synth pop.

3. Pentatonix

Lagu Mad World cover 3

Grup akapela Pentatonix tentu tidak mau ketinggalan membuat versi mereka sendiri. Dalam video klip resmi yang rilis di YouTube pada tahun 2020, Pentatonix menghadirkan harmoni keren dengan video klip sederhana. Para anggotanya menyanyi dengan latar belakang hitam, sehingga kita semua benar-benar fokus pada harmoni kreatif mereka.

4. Ally Brooke

Lagu Mad World cover 4

SobatTikum penggemar Fifth Harmony mungkin masih ingat dengan mantan anggotanya, Ally Brooke. Pada tahun 2017, Ally mengunggah video Twitter dirinya menyanyikan versi balada Mad World yang terdengar sangat soulful, lengkap dengan iringan gitar. Ally bernyanyi di depan perapian dalam tampilan sangat sederhana, tetapi cover yang dibawakannya sangat menyentuh.

5. Adam Lambert

Lagu Mad World cover 5

Kelly Clarkson bukan satu-satunya alumni American Idol yang menyanyikan cover Mad World dengan ciri khasnya sendiri! SobatTikum penggemar American Idol mungkin masih ingat Adam Lambert, kontestan rocker yang menyanyikan Mad World sebagai salah satu lagu andalannya. Saking bagusnya, Simon Cowell yang terkenal sebagai “juri galak” sampai berdiri dan bertepuk tangan!

Sesuai dengan genrenya, Adam Lambert menyanyikan Mad World dalam bentuk balada rock. Di beberapa titik, lengkingan nada tinggi serta bagian akhir yang mirip ratapan seolah mencerminkan lirik lagu ini. Tidak heran jika versi Adam Lambert menjadi salah satu yang cukup populer di internet.

Klasik: Gary Jules dan Michael Andrews

Tears for Fears mungkin yang pertama kali menyanyikan Mad World. Akan tetapi, walau versi synth-pop mereka tetap keren, balada versi Gary Jules dan Michael Andrews dalam sekejap mendongkrak popularitas lagu ini bagi pendengar modern. Balada ini pertama kali digarap untuk menemani Donnie Darko, film thriller fiksi ilmiah yang berkesan muram dan membahas tema berat seperti kematian, sehingga lagunya digubah sedemikian rupa agar cocok dengan atmosfer filmnya.

Balada sederhana yang diiringi dentingan piano ini mengiringi video klip yang menyorot sekumpulan anak kecil yang sedang bermain. Paduan gambaran anak-anak bermain, latar belakang serba kelabu, serta lirik yang terdengar “lelah” dan pesimis membuat lagu ini langsung naik ke tangga hits musik alternatif saat rilis pada tahun 2004. Versi Gary Jules dan Michael Andrews bisa dibilang karya cover “klasik” untuk Mad World.

Jadi, mana yang SobatTikum pilih? Dengarkan versi asli Mad World dari Tears for Fears dulu atau langsung meluncur ke berbagai cover kreatif dengan beragam gaya penggarapan ini?


SHANLING M3X MQA Player Bluetooth Dual ES9219C DAC/AMP DSD256 32bit/384kHz Hi-Res Portable Music Player

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka