5 Lagu Ikonik Piala Eropa Paling Top Dari Masa ke Masa

Lima lagu ikonik Piala Eropa dinyanyikan dalam berbagai bahasa dan genre, mengajak penonton agar lebih bersemangat dan terinspirasi saat nonton pertandingan.

Tikum Bola – Lima lagu ikonik Piala Eropa dinyanyikan dalam berbagai bahasa dan genre, mengajak penonton agar lebih bersemangat dan terinspirasi saat nonton pertandingan.

Piala Eropa jadi salah satu pertandingan olahraga paling dinanti di tahun 2021. Selain pertandingan seru dan performa para bintang, salah satu hal menarik yang dinanti dari pertandingan ini adalah musiknya. Seperti Piala Dunia, Piala Eropa juga memiliki deretan lagu ikonik yang melambangkan semangat pertandingan tersebut.

Inilah beberapa lagu yang bisa SobatTikum dengarkan untuk lebih “meresapi” keseruan Piala Eropa.

1. We Are the People (2020)

We Are the People adalah hasil kolaborasi Bono, The Edge, dan Martin Garrix yang meramaikan Piala Eropa 2020. Setelah dirilis, lagu berirama dance pop dengan elemen rock tersebut langsung mencatat rekor streaming sebanyak 843.000 kali di Amerika Serikat saja. Bono, Garrix, dan The Edge juga menyanyikan lagu ini dalam upacara pembukaan Piala Eropa di Roma.

Lirik lagu ini menyerukan ajakan terhadap berbagai bangsa agar bersatu. Lirik inspiratif serta iramanya yang membangkitkan semangat sangat cocok untuk menyambut Piala Eropa yang pelaksanaannya diundur hingga 2021 karena pandemi.

2. This One’s for You (2016)

David Guetta sumbang suara untuk lagu resmi Piala Eropa 2016, This One’s for You. Lagu ini merupakan hasil kolaborasi Guetta bersama penyanyi Swedia, Zara Larsson. Lagu bergenre EDM ini tidak hanya membangkitkan semangat, tetapi juga berisi lirik yang mengajak negara-negara peserta pertandingan agar “melambaikan bendera” dengan bangga dan terus berjuang.

Guetta tidak hanya menulis lirik lagunya, tetapi juga menyanyikannya dalam upacara pembukaan dan penutupan. Upacaranya kebetulan berlangsung di Prancis, tempat kelahiran David Guetta.

3. Can You Hear Me (2008)

Masih ingat penyanyi pop berdarah Latin Enrique Iglesias? Penyanyi yang ngetop di awal tahun 2000-an ini ternyata pernah sumbang suara untuk Piala Eropa 2008. Lagunya yang berjudul Can You Hear Me ini bergenre Europop dan dibawakan di upacara pembukaan serta penutupan Piala Eropa 2008 di Wina.

UEFA memilih Iglesias dengan beberapa pertimbangan. Selain karakter suaranya, Iglesias juga berasal dari negeri yang mencintai sepakbola, dan dirinya pun tumbuh bersama kultur sepakbola. Iglesias sempat mendapat kritikan dari pendengar di Amerika karena lagunya dianggap kurang cocok untuk atmosfer Piala Eropa. Akan tetapi, lagu ini cukup populer di berbagai negara Eropa.

4. Força (2004)

Força mungkin salah satu lagu Piala Eropa paling ikonik sepanjang masa. Dinyanyikan oleh penyanyi Portugis Nelly Fortado, lagu yang judulnya berarti “kekuatan” itu menggambarkan kegembiraan saat menyaksikan tim kesayangan berlaga. Judul lagu tersebut terinspirasi dari seruan populer orang Portugis saat menonton tim kesayangan mereka berlaga di lapangan sepak bola.

Menurut Nelly Furtado, dirinya juga terinspirasi oleh para penggemarnya yang sering melontarkan kata “Força” ketika bertemu dengannya dalam tur; kata yang bermakna “semangat, ya!” Furtado menambahkan elemen emosional dalam lagunya untuk menggambarkan perasaan positif dan hangat ketika tim negeri sendiri berhasil meraih sukses.

5. We’re in This Together (1996)

We’re in This Together mungkin adalah lagu Piala Eropa paling ngetop dari tahun 90-an. Dibawakan oleh grup asal Inggris, Simply Red, lagu ini bergenre pop dan memiliki nada serta lirik inspiratif. Liriknya mendorong negara-negara peserta pertandingan agar menjaga kerukunan dan saling mendukung walau mereka sedang bersaing.

Lagu ini mendapat sambutan positif di Eropa setelah dinyanyikan di upacara pembukaan dan penutupan Piala Eropa 1996. Lagu ini kemudian juga menjadi bagian dari album Simply Red yang bertajuk Life.

Piala Eropa tidak hanya menawarkan keseruan dari pertandingan antar negara. Manjakan telinga dan nyalakan semangat SobatTikum dengan mendengarkan ulang lagu-lagu ikonik Piala Eropa.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka