Kylian Mbappe Ternyata Betah, Chance PSG Dapat 180 Juta Euro Hilang

Fixed! Setelah santer diprediksi bakal bergabung dengan Real Madrid, Kylian Mbappe teken kontrak kembali dengan Paris Saint Germain.

Tikum.id Bola – Fixed! Setelah santer diprediksi bakal bergabung dengan Real Madrid, Kylian Mbappe teken kontrak kembali dengan Paris Saint Germain.

Beberapa bulan belakangan mungkin Real Madrid sudah merasa di atas angin dengan rencana bergabungnya Mbappe ke klub Spanyol tersebut. Sayang, Frenchman striker tersebut masih betah bermarkas di Parc des Princes.
Batalnya Kylian Mbappe masuk Real Madrid menggugurkan kans Paris Saint Germain mendapatkan 180 juta euro sebagai biaya transfer Mbappe ke Los Blancos. Meski demikian, presiden PSG, Nasser Al Khelaifi, tampaknya tidak merasa sayang telah kehilangan kesempatan tersebut.

Menolak ‘Dibeli’ Real Madrid

Sejak resmi bergabung dengan Paris Saint Germain pada 2017, Kylian Mbappe sudah mencetak banyak prestasi. Salah satu wujud prestasi itu adalah keberhasilan Perancis dalam memboyong piala FIFA World Cup 2018 meski saat itu ia menjadi bagian dari Timnas Perancis, bukan pemain PSG.

Tak heran, meski baru berusia 23 tahun, Mbappe disebut-sebut menjadi salah satu pemain berbakat di klub asuhan Mauricio Pochettino itu.

Bakat inilah yang tampaknya membuat Florentino Perez bersikeras ingin menjemput Mbappe untuk bermain di klubnya, Real Madrid. Tak heran, selama beberapa bulan sebelum berakhirnya kontrak Mbappe di musim 2021/22, banyak berita mengabarkan rencana pindah klub penyerang PSG ini.

Sayangnya, setelah sempat memberi angin segar kepada Real Madrid, Mbappe malah memutuskan untuk kembali teken kontrak dengan PSG. Tentu saja hal ini sempat membuat Perez kecewa karena kehilangan target prioritasnya.

Penandatanganan kontrak dengan PSG itu sendiri dilakukan Mbappe 15 hari sebelum kontraknya berakhir. Kali ini, kontraknya akan berakhir pada 2025.

Al Khelaifi: Kylian Punya Ambisi

Berbeda dengan klaim Real Madrid bahwa Kylian Mbappe ‘berubah’, Nasser Al Khelaifi menyebutkan bahwa Mbappe sebenarnya tidak seutuhnya berminat untuk bergabung dengan Real Madrid.

Bagaimanapun juga, Real Madrid adalah salah satu klub yang bersinar di Eropa. Tetapi, meski Mbappe sempat mengatakan ingin bergabung dengan Real Madrid, itu hanyalah sekadar omongan belaka. Tidak ada hitam di atas putih yang secara resmi ditandatangani oleh Mbappe.

Al Khelaifi juga menyebutkan bahwa ia tahu benar bahwa Mbappe berambisi untuk bermain total untuk kota kelahirannya, klub PSG, serta untuk negaranya. Ia juga mengklaim bahwa ia tahu benar bahwa Mbappe bukanlah tipikal pemain yang mudah tergiur dengan bayaran yang besar.

Atas dasar itulah, Al Khelaifi menolak 180 juta euro yang sempat ditawarkan Real Madrid di bursa transfer 2021/22 sebagai upaya untuk meminang striker muda itu ke klub Los Blancos.

Diduga ‘Kabur’ Karena Masalah Image Rights

Dalam dunia sepak bola modern, image rights menjadi hal yang penting bagi seorang pemain sepak bola. Apalagi jika pemain tersebut bermain di kancah internasional.

Image rights ini mengacu pada keleluasaan pemain untuk memilih dan mengatur nama, citra diri, personal statements, fisik, maupun hal-hal simpel seperti tanda tangan.

Istilah ini muncul karena pesepak bola tidak hanya bisa mendapatkan uang dari bermain di pertandingan bola semata, namun juga dari iklan (brand endorsement), penjualan merchandise, dan sebagainya.

Terkait hal ini, Kylian Mbappe diisukan mundur dari Real Madrid karena masalah image rights yang tidak bisa ia miliki 100%. Sebab, jika ingin berlaga bersama Los Blancos, Mbappe harus ready dengan kesepakatan 50-50 untuk kontrol image rights. Hingga detik-detik sebelum kontraknya dengan PSG berakhir, Real Madrid masih belum mau berkompromi untuk masalah image rights ini.

Di sisi lain, PSG mengaku sama sekali tidak mempermasalahkan kontrol atas image rights yang diminta oleh Mbappe. Artinya, PSG ‘oke’ saja dengan permintaan 100% kontrol atas image rights yang diminta Mbappe.

Selain kontrol atas image rights yang dibebaskan untuk Mbappe, PSG juga memberikan tawaran lain yang menggiurkan. Salah satunya adalah kenaikan gaji yang membuat Mbappe jadi salah satu pemain PSG termahal saat ini, yaitu sebesar 50 juta euro per tahun.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka