5 Negara Ini Punya Kuliner yang Paling Sehat di Dunia

Makan bukan hanya untuk kenyang, tapi juga untuk sehat. Simak 5 negara dengan budaya kuliner paling sehat di dunia berikut ini!

Tikum Kuliner – Ada banyak alasan orang melakukan perjalanan ke luar negeri. Ada yang karena panorama alamnya, budayanya, sejarahnya dan tentu saja karena kulinernya. Di tengah semakin banyaknya makanan yang tidak sehat, banyak negara di dunia yang masyarakatnya tetap menyantap makanan lezat tanpa mengorbankan tubuh mereka. Itu karena banyak masakan lokal yang dibuat dengan bahan-bahan alami yang tidak diproses dan cara masak yang sudah bertahan ratusan tahun.

Kalau Anda berencana melakukan perjalanan untuk berburu makanan sehat, ada beberapa negara yang terkenal dengan sajian kuliner sehatnya. Simak rekomendasinya berikut ini!

Yunani

Makanan Yunani merupakan salah satu yang tersehat di dunia. Kalau Anda pernah mendengar tentang diet Mediterania yang terkenal itu, asalnya sebenarnya dari Pulau Kreta di Yunani. Menurut penelitian, orang-orang di Kreta memiliki harapan hidup yang tinggi dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Salah satu alasannya adalah jenis makanan yang mereka santap.

Kuliner Yunani terdiri dari banyak minyak zaitun, tidak terlalu banyak daging, banyak yogurt, sayur, buah, bawang putih, timat dan kacang-kacangan. Kalau tak sempat mencicipi langsung ke negara asalnya, resepnya bisa dengan mudah Anda temukan di internet.

Jepang

Makanan Jepang kaya akan sajian laut dan sayuran segar. Inilah alasannya kenapa kebanyakan orang yang tinggal di Pulau Okinawa memiliki risiko sangat rendah terkena penyakit kronis. Mereka juga dikenal sebagai pemilik harapan hidup tertinggi di dunia.

Makanan Jepang secara umum memang dianggap sehat. Penggunaan bahan makanan berupa sayuran dan seafood segar serta pengolahan yang sehat adalah beberapa alasan kenapa Jepang layak jadi tujuan wisata kuliner sehat untuk Anda.

Korea Selatan

Kuliner Korea Selatan semakin populer seiring dengan semakin terkenalnya dunia hiburan negara tersebut. Kimchi misalnya, mendapat predikat sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia. Kandungan probiotiknya diklaim bisa menurunkan kolesterol, mencegah kanker hingga obesitas.

Selain itu, orang Korea juga cenderung punya kebiasaan makan yang sehat. Meskipun mereka mengonsumsi daging, kebanyakan selalu disertai sayur. Cara masak minimal seperti merebus atau mengukus juga menjadikan kuliner Korea Selatan sebagai salah satu yang tersehat di dunia.

Meksiko

Bicara kuliner Meksiko, orang-orang mungkin hanya tahu burrito. Namun tahukah Anda bahwa masih banyak bahan makanan tradisional Meksiko yang menyehatkan? Anda bisa memilih kacang-kacangan atau buah-buahan yang memainkan peran besar dalam khazanah kuliner Meksiko.
Kalau Anda tetap ingin merasakan nikmatnya makanan sehat di Meksiko, hindari makanan yang digoreng seperti flautas dan chimichangas dan kurangi hidangan dengan keju kental dan krim asam, serta nacho dan keripik. Cicipilah masakan asli karena Anda akan menemukan banyak hidangan yang kaya sayuran dimasak dengan cara menyehatkan.

Thailand

Makanan Thailand dikenal dengan cita rasa kuat yang tidak terlalu bergantung pada lemak dan daging. Di antara sekian banyak bumbu yang digunakan, kuliner Thailand kental dengan aroma kunyit, ketumbar, jahe, serai dan cabai.
Kalau berkunjung ke Thailand, pilih hidangan dengan makanan laut dan sayuran yang dimasak sebentar. Lupakan lumpia atau nasi goreng dan cicipilah hidangan bersantan sekadarnya. Jangan lupa juga nikmati buah segar seperti mangga dan kelapa muda.

Itu dia 5 negara dengan kuliner paling sehat di dunia. Kalau diberi kesempatan, kira-kira negara mana yang akan jadi tujuan pertama Anda?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka