6 Cara Agar Kucingmu Mau Akur Sama Kucing Barumu

Tikum Animal Lover – Ingin kucing peliharaanmu bisa akur dengan kucing barumu? Coba enam cara ini, deh. Semoga kucing-kucingmu bisa bermain bersama tanpa harus berkelahi, ya.)

Suka kucing dan ingin memelihara lebih dari satu? Bila kehadiran kucing-kucingmu di rumah terjadi bersamaan, mungkin lebih mudah. Biasanya mereka lebih cepat menyesuaikan diri dan bisa akur.

Namun, bagaimana bila kucing di rumah tidak suka dengan kucing barumu? Pasti pusing rasanya bila melihat mereka berkelahi terus. Bagaimana agar mereka bisa akur?

Pastinya, kamu tidak boleh memaksa kucing peliharaan untuk langsung akrab dengan kucing baru yang akan menghuni rumahmu. Beberapa langkah di bawah ini bisa kamu coba secara bertahap:

1. Bila memungkinkan, pisahkan dulu mereka di kamar berbeda.

YouTuber di balik kanal “Cole and Marmalade” pernah menunjukkan trik ini dalam salah satu video mereka. Sewaktu membawa pulang Jug dan Zigzag, YouTuber ini sengaja memisahkan Cole dan Marmalade di kamar berbeda dengan kedua anak kucing itu.

2. Sembunyikan kucing baru dan ajak kucing lama terbiasa dengan bau si kucing baru dan sebaliknya.

Setelah tiga hari, biasanya bau kucing baru akan memenuhi kamar itu. Sembunyikan si kucing baru di kamar lain, lalu biarkan kucingmu menjelajahi kamar bekas si kucing baru. Biarkan kucing peliharaanmu mengendus bau si kucing lain agar mulai terbiasa dengan kehadirannya.

3. Pertemukan mereka dalam satu ruangan, tapi masing-masing di kandang.

Cara ini mempermudah mereka untuk saling melihat, membaui dari jauh, dan mengenal. Cara ini juga mencegah kedua kucing saling menyerang. Awalnya, mungkin kedua kucingmu akan saling mendesis, mengeong marah, dan berusaha mencakar dari balik kandang masing-masing.

Biarkan saja dulu. Biasanya, lama-lama mereka akan diam dan saling menatap, sebelum saling beradaptasi dengan kehadiran masing-masing.

Lalu, cobalah bergantian membebaskan salah satu dari mereka. Awali dengan melepaskan kucing lama. Biarkan dia berkeliaran, meskipun sesekali masih mendesis sinis pada kucing baru di dalam kandang. Biasanya, kucing lama mudah merasa cemburu dan terancam dengan hadirnya kucing baru di dalam rumah.

4. Awasi saat mereka berhadapan tanpa pembatas.

Setelah keduanya tampak siap, biarkan kucing peliharaanmu berinteraksi dengan kucing baru di kamar yang sama. Biarkan perkelahian kecil terjadi, karena memang itulah sifat alami mereka. Namun, segera pisahkan bila perkelahian menjadi semakin kasar. Jauhkan keduanya hingga sama-sama tenang, lalu biarkan mereka bermain kembali. Ulangi terus hingga mereka saling terbiasa dengan kehadiran masing-masing.

5. Beri wadah makanan berbeda namun tidak berjarak.

Selain mencegah mereka berebut makanan, dua wadah yang berdekatan bisa membuat dua kucing makin terbiasa dengan kehadiran masing-masing. Mungkin awalnya kucing peliharaanmu akan saling menggeram dengan si kucing baru. Selama tidak berubah jadi perkelahian, biarkan keduanya makan berdampingan.
Biasanya sih, bila sedang lapar, kucing cenderung lebih cuek dan fokus pada makanan masing-masing.

6. Berikan perhatian yang sama pada mereka.

Seperti anak manusia yang cemburu dengan kehadiran adik barunya di rumah, kucing juga merasakan hal yang sama. Jangan sampai kehadiran kucing baru (apalagi bila lebih kecil dan biasanya lebih lucu) membuatmu pilih kasih. Berikan perhatian yang sama pada mereka, terutama saat bermain bersama.
Dengan bermain bersama, semoga ketegangan antar kucing kesayangan akan hilang secara bertahap. Mereka juga akan tahu bahwa kamu menyayangi mereka secara adil.

Sama seperti anak yang menyambut adik baru di rumah, semua dilakukan secara bertahap dan butuh kesabaran. Sesekali, kucing peliharaanmu mungkin masih akan berkelahi sedikit dengan si kucing baru. Silakan ulangi cara terakhir agar mereka tidak lagi saling cemburu. Toh, yang penting mereka tahu bahwa mereka sama-sama disayang olehmu.

Anda mungkin suka