Kreatif Dan Seru Bersama Klub Lego

Klub Lego Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan mainan Lego? Rasanya banyak generasi sangat akrab dengan mainan yang satu ini baik anak-anak hingga orang dewasa. Lego adalah singkatan dari dua kata bahasa Denmark, yaitu Leg (bermain) dan godt (baik).

Sejarah Lego dimulai pada tahun 1932 ketika seorang Ole Kirk Christiansen yang merupakan tukang kayu asal Denmark mendirikan perusahaan mainan konstruksi The Lego Group. Dan sejak tahun 1934 hingga sekarang logo dari merk Lego sudah 11 kali berganti bentuk. Berkat visi Ole yang sangat luar biasa mainan Lego berkembang dengan pemasaran di 130 negara. dari hanya mainan anak-anak Lego mulai merambah hingga ke layar lebar dan tempat wisata seperti Lego land.

Manfaat bermain Lego juga cukup banyak untuk anak dan orang dewasa, berikut beberapa diantaranya :
1. Meningkatkan kreativitas dan belajar memecahkan masalah
2. Melatih keahlian motorik dan konsentrasi bagi anak-anak
3. Melatih sosialiasi dan kerja sama antar teman
4. Sebuah investasi jika memilki Lego seri lama edisi khusus

Klub Lego Indonesia 2
(Lego edisi 1979)

Bagaimana Lego di Indoneisa? ternyata penggemar Lego di Indonesia sangat banyak. Dan hari ini mari kita berkenalan dengan para kolektor dari KLUB LEGO INDONESIA.

Klub Lego Indonesia (KLI) berdiri pada tanggal 13 Februari 2007. Klub ini berdiri atas prakarsa beberapa orang yang gemar mengkoleksi Lego. Mereka adalah Victor Indrabuana, Andri Wardhana, Adit, Dickson, Vincent dan Indra.

Visi dari KLI ingin menjadi wadah bagi para penggemar Lego di Indonesia sambil bersenang-senang dengan Lego baik secara online dan offline melalu berbagai kegiatan seperti berbagi kreasi, koleksi, bagi seluruh anggota. Misi dari KLI adalah melestarikan Lego lintas generasi dengan jargon “Ayo semua buka box legonya dan mulai dimainkan.”

Selama berdiri KLI pernah diketui oleh beberapa nama, mereka adalah :

  1. Victor Indrabuana (Mantan ketua)
  2. Yudho Prabowo. (Ketua saat ini)
Klub Lego Indonesia 3
(Mantan Ketua & Ketua 2020)

Karena Lego merupakan permainan lintas generasi tentu saja latar belakang para anggota juga sangat beragam baik pria dan wanita. Mulai dari profesi Pelajar, Mahasiswa, Karyawan, Publik Figur, hingga ibu rumah tangga. Dan berdasarkan data yang dimiliki para pengurus KLI sampai saat ini jumlah total anggota mereka sudah mencapai ribuan orang di seluruh Indonesia baik yang masih aktif atau sudah lama vakum.

Kami sempat bertanya kepada perwakilan KLI, “Apa yang membedakan klub ini dengan perkumpulan hobi lain?” dan jawaban perwakilan mereka adalah “bermain dan mengkoleksi berbagai seri Lego penuh dengan tantangan, dan karena kami bermain dengan Lego makanya namanya Komunitas Lego Indonesia” singkat, padat, dan menggelitik.

Dalam sebuah barang koleksi pasti akan kita temu seri termahal yang dimiliki anggota. Diketahui bahwa 1-2 orang anggota KLI memilki koleksi set Lego yang ditaksir memiliki nilai jual tinggi hingga ratusan juta rupiah. Hal ini karena koleksi mereka ada limited edition series. Bagi kami sangat masuk akal karena jika kita melihat beberapa seri Lego dengan tema khusus seperti Han Solo Tauntaun saja sudah mencapai harga Rp. 40.000.000. contoh lain adalah Lego seri H.C. Andersen’s Clumsy Hans (2015) yang berharga diatas Rp.100.000.000

Klub Lego Indonesia 4

Saat ini banyak kegiatan rutin dari KLI yang saat ini yang beralih ke daring/online dikarenakan situasi pandemi covid-19 dan pembatasan sosial berskala besar. Namun, mari kita lihat beberapa kegiatan rutin mereka sebelum pandemi seperti :

  1. Toys Fair
  2. Indonesia Comic Con
  3. Hobi Exhibition
  4. Gathering mingguan dan bulanan
  5. Seminar bersama asosiasi atau ikatan profesional
  6. Lego foto kontes
  7. Menghadiri undangan wawancara berbagai media
Klub Lego Indonesia 5
Klub Lego Indonesia 6
Klub Lego Indonesia 7

Bagaimana sobattikum, seru dan menarik bukan cerita dari KLI. Nah, jika anda adalah kolektor Lego, mari bergabung menjadi bagian dari KLI. Temukan nuansa kreativitas dan kekeluargaan dalam lingkungan komunitas seru ini. Silahkan anda menghubungi akun sosial media KLI di bawah ini.

E-mail : klublegoindonesia@gmail.com
Facebook : Klub Lego Indonesia

Tetap semangat dan kreatif di masa pandemic untuk Klub Lego Indonesia, serta terus lestarikan Lego untuk generasi masa datang. kami tunggu cerita kegiatan kalian di tahun depan.

“Life is a gift, but it’s more than just that. Life is a challenge.”
Ole Kirk Christiansen

Author: Wahyu Andika

Diecast dan Otomotif menjadi pilihan saya untuk menghilangkan penat atau merefresh pikiran. Disamping itu juga untuk bersilahturahmi dan bertukar pikiran dengan komunitas diecast ataupun komunitas otomotif.

1 thought on “Kreatif Dan Seru Bersama Klub Lego

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *