7 Kota Ramah Sepeda di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Tikum Bicycle – Setiap kota di dunia memiliki caranya masing-masing untuk mengurangi polusi udara dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih. Salah satunya, mengajak warga untuk lebih banyak beraktivitas menggunakan sepeda. Aktivitas ini tentunya didukung dengan fasilitas kota ramah sepeda, agar pengguna sepeda bebas dan nyaman melaju di jalanan.

Ada banyak kota di dunia yang menyediakan fasilitas bagi pengguna sepeda. Apa saja nama kota yang ramah bagi pesepeda tersebut? Simak informasi daftar 7 kota di dunia yang ramah bagi pengguna sepeda.

1. Amsterdam, Belanda

Bersepeda sudah menjadi rutinitas di Amsterdam. Bahkan, sepeda merupakan moda transportasi sebagian besar warga Amsterdam. Di kota ini, Anda dapat melaju di atas sepeda dengan nyaman dan aman. Karena selain struktur kotanya yang sebagian besar datar, Amsterdam juga memiliki jalur khusus pesepeda.

Selain sebagai moda transportasi warga Amsterdam, sepeda juga menjadi wahana wisata. Anda dapat menyewa sepeda untuk menyusuri kanal dan mengunjungi Damn Square atau Museum Van Gogh. Tempat persewaan sepeda ini bisa Anda temukan di Kimpton De Witt Amsterdam. Letaknya di pusat kota dan dekat dengan Stasiun Pusat Amsterdam.

2. Kaohsiung, Taiwan

Kaohsiung merupakan kota pelabuhan di bagian selatan Taiwan yang memiliki cuaca hangat. Banyak wisatawan menyukai kawasan ini karena dapat menikmati cuaca hangat sambil bersepeda menyusuri Sungai Ai. Ketika matahari terbenam, wilayah ini akan sangat indah dengan lampu warna-warni yang menyala di sepanjang sungai.

Usai bersepeda menyusuri sungai dan menikmati indahnya matahari terbenam, Anda dapat beristirahat di restoran atau kafe jalanan. Anda juga dapat menikmati pertunjukan seni di distrik seni khusus yang ada di kawasan tersebut.

3. Kyoto, Jepang

Kyoto mendapat predikat sebagai tempat bersepeda terbaik di Asia. Jalanan untuk pesepeda di kota ini ditata dengan pola grid. Anda juga dapat menemukan tempat parkir khusus sepeda dengan mudah. Selain itu, sepanjang perjalanan bersepeda, Anda akan disuguhkan dengan berbagai atraksi jalanan yang menarik. Menyenangkan, bukan?

4. Gili Trawangan, Indonesia

Gili Trawangan, Air, dan Meno merupakan tiga pulau kecil yang ada di Bali. Di antara ketiga pulau tersebut, Gili Trawangan yang paling istimewa. Selain memiliki infrastruktur kota yang ramah pesepeda, Gili Trawangan juga menyajikan pesona alam menakjubkan.

Keindahan pulau ini dapat Anda nikmati dengan menyusuri jalanan menggunakan sepeda sewaan. Hanya butuh waktu dua hingga tiga jam untuk mengelilingi pulau kecil di Bali, Indonesia ini.

5. Munster, Jerman

Kota yang sering diguyur hujan ini memiliki jalur khusus sepeda. Jalur ini menghubungkan distrik-distrik dan promenade yang mengelilingi pusat kota. Saat mengunjungi Munster, Anda akan menyaksikan pemandangan pesepeda yang memenuhi jalanan kota. Karena penduduk kota ini memang lebih suka bersepeda untuk beraktivitas sehari-hari.

6. Copenhagen, Denmark

Satu lagi kota yang mendukung aktivitas bersepeda warganya. Hal ini terlihat dalam tatanan kotanya yang menyediakan jalur khusus sepeda. Bahkan terdapat jembatan yang menghubungkan satu pulau ke pulau lain, sehingga warga Copenhagen bebas berlalu-lalang mengendarai sepedanya. Sebagai goweser, Anda harus berkunjung ke kota cantik ini dan menikmati indahnya tatanan kota sembari bersepeda santai.

7. Malmo, Swedia

Malmo merupakan kota cantik di Swedia yang berjarak kurang lebih 30 KM dari Copenhagen, Denmark. Di kota ini, Anda dapat dengan mudah menemukan jalur sepeda dan orang-orang yang beraktivitas menggunakan sepeda. Bahkan pengguna sepeda sangat dihargai di kota ramah sepeda ini.

Seorang penyebrang jalan yang hendak melintas di jalur sepeda akan berhenti dan mendahulukan pesepeda. Begitu juga dengan pengendara motor dan mobil. Mereka juga akan berhenti untuk memberikan jalan bagi pesepeda yang melintas. Maka, tidak heran jika warga kota ini lebih suka beraktivitas menggunakan sepeda.

Itulah 7 kota ramah sepeda di dunia. Kebiasaan bersepeda warga kota-kota di atas ternyata memberikan dampak yang baik bagi kebersihan dan keindahan lingkungan. Jadi, tren bersepeda tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan pribadi. Tetapi juga meningkatkan kesehatan lingkungan.

Anda mungkin suka