11 Stadion di 11 kota penyelenggara UEFA Euro 2020

Tikum Bola – Perayaan 60 tahun Euro Cup ditandai dengan penunjukan 11 kota penyelenggara UEFA Euro 2020 sebagai tuan rumah. Berikut informasi lengkap pertandingan di tiap kota.

Berangkat dari gagasan Michel Platini, perayaan 60 tahun Euro Cup ditandai dengan penunjukan 11 kota penyelenggara UEFA Euro 2020 dari 11 negara sebagai tuan rumah. Terlepas dari pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, situasi Eropa yang relatif kondusif memberi peluang bagi suporter untuk mendukung tim kesayangannya di stadion.

UEFA pun meminta konfirmasi masing-masing tuan rumah terkait kesiapan fasilitas dan kesediaan pemerintah kota setempat mengizinkan suporter datang ke stadion. Itulah mengapa Dublin dicoret dari daftar penyelenggara, sedangkan Spanyol mengajukan Sevilla sebagai pengganti Bilbao karena dinilai lebih memenuhi syarat UEFA.

Lantas, kota mana saja yang bertindak sebagai tuan rumah ajang kompetisi sepakbola terbesar Benua Biru ini? Dilansir dari situs resmi UEFA, berikut daftar lengkapnya.

London

Stadion Wembley akan menyelenggarakan tiga pertandingan babak penyisihan grup, dua pertandingan babak 16 besar, partai semifinal, dan final. Wembley membuka 25% dari kapasitas stadion sehingga penonton bisa datang untuk mendukung tim kesayangan berlaga.

Saint Petersburg

Stadion Saint Petersburg di Rusia siap menghelat enam laga fase penyisihan dan satu laga perempat final. Dengan membuka 50% kapasitas stadion, tentu laga-laga di Saint Petersburg bakal berlangsung meriah dan gegap gempita.

Baku

Stadion Olimpik Baku di Azerbaijan akan menggelar tiga laga penyisihan grup dan satu pertandingan perempat final. Setidaknya 50% kapasitas stadion akan dibuka agar suporter bisa hadir mendukung tim kesayangan mereka.

Munich

Football Arena Munich, Jerman bakal menjamu tiga pertandingan grup serta satu laga babak perempat final. Pengelola siap menampung 22% kapasitas stadion atau sekitar 14.500 penonton.

Roma

Stadion Olimpico Roma, Italia bakal menjadi tuan rumah laga pembuka Italia melawan Turki, beserta dua laga penyisihan grup dan satu laga perempat final. Hanya 25-33% kapasitas stadion yang bisa diisi penonton.

Amsterdam

Johan Cruijff ArenA di Amsterdam, Belanda akan menyelenggarakan tiga laga fase grup dan satu pertandingan babak 16 besar dengan pembatasan kapasitas 25-33%.

Bucharest

National Arena Bucharest, Romania juga akan menggelar tiga laga fase grup beserta satu laga 16 besar. Kapasitas penonton yang dibatasi hingga 25-33% saja.

Budapest

Puskás Aréna Budapest, Hongaria siap menjadi tuan rumah tiga laga grup dan satu laga babak 16 besar. Melalui penerapan prosedur ketat, Puskás Aréna siap membuka 100% kapasitas stadion untuk mendorong kehadiran suporter.

Copenhagen

Parken Stadium, Copenhagen, Denmark bakal menyambut peserta yang akan melakukan tiga pertandingan grup beserta satu pertandingan babak 16 besar dan menawarkan 25-33% kapasitas stadion.
Glasgow

Hampden Park di Glasgow, Skotlandia, menjamin penyelenggaraan tiga laga babak penyisihan dan satu laga babak 16 besar. Hampden Park membuka 25% kapasitas stadion atau setara 12.000 kursi penonton.
Sevilla

Dengan menjamin 25-33% kapasitas stadion, Stadium La Cartuja Sevilla, Spanyol juga akan menjadi tuan rumah tiga pertandingan fase grup yang dilanjutkan dengan satu pertandingan babak 16 besar.

Penentuan kapasitas stadion yang dibuka bukan berdasarkan besar kecilnya jumlah penonton yang dapat ditampung. Namun, terkait perizinan yang dirilis federasi sepakbola dan pemerintah kota setempat tentang pembatasan jumlah penonton. Ini menjelaskan mengapa jumlah penonton yang dapat hadir di setiap kota bisa berbeda-beda.

Menjalani pertandingan dengan gegap gempita sorakan suporter bakal menambah semangat para pemain. Plus, menonton langsung tim kesayangan berlaga di stadion juga jadi pengobat rindu suporter yang telah menanti Euro Cup sejak tahun lalu. Bisa dipastikan tiket bakal laris manis terjual.

Nah, bagaimana dengan Anda, sudah siap menjadi saksi mata UEFA Euro 2020?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen