Kota Indonesia yang Sarat Peninggalan Belanda

Beberapa kota di Indonesia masih memiliki bangunan bersejarah peninggalan Belanda, dibalik sejarahnya ternyata tempat-tempat ini sangat keren dan ‘Instagrammable’ banget sobattikum!

Beberapa kota di Indonesia masih memiliki bangunan bersejarah peninggalan Belanda, dibalik sejarahnya ternyata tempat-tempat ini sangat keren dan ‘Instagrammable’ banget sobattikum!

Sejarah Indonesia sangat melekat dengan jaman penjajahan kolonial Belanda, bahkan Belanda juga meninggalkan banyak cagar budaya hingga infrastruktur yang masih ada sampai kini di beberapa kota di Indonesia. Bisa jadi konten keren Anda di sosial media kalua berlibur di kota-kota ini. Apa sajakah itu? Berikut pembahasannya.

travel kota tua 2

1. Jakarta

Pada masa kolonial kota Jakarta disebut Batavia. Kota yang juga merupakan Pelabuhan kecil bernama Sunda Kelapa yang pernah dikuasai dan dikendalikan oleh kerajaan Sunda dan pernah diambil alih oleh negara Porugis.

Ketika VOC datang dan menguasai Sunda Kelapa maka Belanda turut membangun sebuah kota baru yang berkembang menjadi wilayah Weltevreden. Saat ini Kawasan tersebut sudah berubah dan berkembang menjadi Menteng, Gambir, Tanah Abang dan Kemayoran.

2. Bandung

Kota Kembang ini adalah kota yang dirancang Belanda dari Nol hingga ramai saat Gubernur Jendral Hindia Belanda, Herman Willem Daendels memindahkan Ibu Kota yang awalnya di Kabupaten Bandung yang sekarang menjadi daerah Dayeuhkolot ke kota Bandung yang sekarang Anda kenal.

Beberapa daerah dan bangunan khas peninggalan Belanda adalah: Kawasana Braga, Katedral Santo Petrus, Hotel Savoy Homan, Gedung Merdeka Asia Afrika, dan Gedung Sate.

3. Semarang

Kota ini merupakan Kawasan pedesaan para Nelayan sebelum Belanda datang ke Hindia Belanda. Semarang saat ini disebut wilayah kota lama, hingga akirnya Belanda membangun Semarang dengan konsep kota Amsterdam.
Beberapa bangunan peninggalan Belanda antara lain adalah: Lawang Sewu, Stasiun Poncol, dan Pelabuhan Tanjung Emas.

4. Medan

Pada sekitar tahun 1800-an kota Medan merupakan sebuah hutan dan rawa-rawa disekitar pemukiman Nelayan. Hingga pada tahun 1863 bangsa Belanda datang dan mulai membangun perkebunan tembakau di Deli.

Beberapa bangunan peninggalan Belanda antara lain: Gedung Bank Standart Chartered, Istana Maimun, Rumah Tjong A Fie, Rumah Sakit Santa Elisabeth, Perguruan Sutomo.

Menarik bukan semua kota di atas. Nah, jika Anda ingin berkunjung kesana pada musim liburan beberapa bulan kedepan, jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19 demi kebaikan diri sendiri dan orang lain ya.


ouluoer 2019 Crocodile leather suitcase password leather suitcase pull rod suitcase man wanxiang round 18 “boarding box men

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka