Komunitas Tarot Jakarta (KTJ), Klub Para Penggemar Kartu Tarot

Tikum Hobby  – Berbagai macam hobi sudah tikum.id bahas di beberapa edisi, tapi saat ini kami tertarik membahas mengenai sebuah barang yaitu kartu. Bukan kartu tanda penduduk atau kartu BPJS ya sobat tikum :p tapi sebuah kartu yang dipercaya berasal dari negara Italia yang bernama TAROT CARD.

Komunitas Tarot Jakarta 2

Kartu Tarot terdiri dari berjumlah 78 lembar yang umumnya digunakan untuk kepentingan spiritual atau ramalan nasib. 22 kartu disebut Arcana Mayor dan 56 kartu disebut Arcana Minor.

Sekumpulan kartu yang begitu ikonik menurut kami, dengan berbagai desain gambar, tema, dan simbol yang terkandung di setiap lembarnya. Jika menelusuri lebih jauh dibalik sejarah munculnya kartu – kartu ini dari beberapa sumber sejarah. Pada awalnya permainan kartu tersebut bernama Carde da Trionfi, atau Kartu Kejayaan (Trionfi: berjaya atau menang, triumph).

Sebanyak 28 dokumen tertanggal 1442-1463 mencantumkan permainan kartu bernama Trionfi. Kartu-kartu Trionfi tersebut pun masih dapat dijumpai saat ini. Setelah mendapat pengaruh dari Prancis, nama Trionfi berubah menjadi Tarocchi.

Kepopuleran kartu Tarot diperkirakan bermula sejak Antoine Court de Gebelin menerbitkan sebuah buku pada tahun 1781. Buku tersebut menyatakan bahwa pendeta-pendeta Mesir kuno telah melukis kartu Tarot berdasarkan Buku Thoth.

Mereka kemudian membawa gambar-gambar tersebut ke Roma untuk dipersembahkan kepada Paus. Paus kemudian memperkenalkan Tarot ke Avignon, Prancis pada abad ke-14. Penjelasan Court de Gebelin dianggap tidak akurat karena tidak didukung oleh bukti-bukti sejarah dan ditulis sebelum Champollion menerjemahkan bahasa Mesir kuno, Hieroglif (Hieroglyph).

Ketua komunitas Tarot Jakarta Mas Dedy Darmawan berpendapat, ada kemungkinan berasal dari Negara di Timur tengah, yang akhirnya dibawa dan disebarluaskan di beberapa negara serta diperkenalkan dan digambar ulang di Eropa. Hal ini memang masih dalam pro dan kontra.

Komunitas Tarot Jakarta 3

Sekarang mari kita berkenalan dengan Komunitas Tarot Jakarta (KTJ) yang berdiri 12 Maret 2017, diprakarsai oleh 9 orang tarot reader yang saat itu memang gelisah karena di Jakarta tidak ada wadah untuk bertemunya tarot reader atau reader dengan metode lain. Siapa sajakah mereka ? mereka adalah :

  1. Cicilia Lainsamputty
  2. Leo Bagus Pranata Napobison
  3. Dedy Darmawan
  4. Didit Nugroho
  5. Rendy Fudoh
  6. Madam Ara (Primaswara Wiji Sayekti)
  7. Graham Wiranata (Atta)
Komunitas Tarot Jakarta 4

Visi dan Misi komunitas Tarot Jakarta adalah, memperkenalkan kepada masyarakat fungsi dan posisi Tarot Reader yang baik dan benar. Selain itu Tarot Reader adalah salah satu profesi yang membantu meningkatkan mutu kesejahteraan jiwa masyarakat, dengan membantu memberikan opsi pemecahan masalah pada klien yang membutuhkan.

Komunitas Tarot Jakarta 5
Komunitas Tarot Jakarta 6

Latar belakang dari para Tarot Reader ini berbagai macam sobat tikum, mulai dari yang profesional, guru, mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan, dan pelajar. Rata –rata usia dimulai dari usia 15 tahun hingga 70 tahun. Wah keren banget ya sobat tikum.

Komunitas Tarot Jakarta 7
Komunitas Tarot Jakarta 8

Saran kami jika sobat tikum ingin belajar hingga menjadi pembaca Tarot, pilihlah kartu yang sesuai dengan karakter anda, sebab jenis kartu tarot sangat banyak dan bervariasi. Sebagai contoh ada jenis kartu Dreaming Way Tarot, Zombie Tarot, Marseilles Tarot, Deviant Moon Tarot, Rider-Waite Tarot Deck dan masih banyak lagi.

Sampai saat ini komunitas tarot Jakarta (KTJ) sudah memiliki 800 orang anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebelum wabah Covid-19 melanda Indonesia, komunitas ini punya kegiatan rutin dari Senin – Sabtu. Baik untuk berkonsultasi, bertukar pikiran, atau bertemu netizen yang tertarik bergabung dalam komunitas ini.

Jika anda tertarik mempelajari, mencoba menjadi pembaca tarot, dan ingin bergabung sebagai anggota bisa mencari tahu melalui akun social media mereka di Instagram @komunitastarotjakarta , Facebook @Komunitas Tarot Jakarta. Tim mereka akan melayani berbagai pertanyaan seputar tarot bagi anda yang ingin mencari tahu dan bergabung. Selamat mencoba ya sobat tikum 

“Tarot doesn`t predict the future. Tarot facilitates it.”

Philippe St Genoux
Anda mungkin suka