Komunitas Star Wars 501st Legion Garuda Garrison Indonesia

Tikum HobbyRasanya bukan barang baru untuk masyarakat internasional dan Indonesia, meskipun sudah lebih dari 40 tahun film pertama karya George Lucas diluncurkan pada tahun 1977. Saga ini masih terus melekat erat di hati penggemar film sci-fi dengan segala kejutan dari alur cerita, tokoh, kostum, dan lain-lain.

cgi star wars 1
(Foto Eksklusif: Koleksi 501st Legion Garuda Garrison Indonesia)

Film ini adalah franchise multi-genre mitologi dan multimedia yang terdiri dari film, novel, komik, video game, mainan, dan banyak serial televisi, franchise Star Wars menggunakan motif pola dasar yang umum untuk agama, mitologi klasik, dan klimaks politik, serta motif musik dari aspek yang sama. Tidak heran jika akhirnya pada tahun 2012 The Walt Disney Company akhirnya membeli perusahaan LucasFilm sebesar US$ 4.05 Miliar karena kepopulerannya.

The 501st Legion adalah organisasi internasional fan base yang berdedikasi membangun dan memakai replika kostum screen-accurate antara lain Stormtrooper, Imperial Officer, Tie fighter pilot, dan berbagai tokoh antagonis dari film Star Wars yang dibentuk oleh Albin Johnson dan Tom Crews yang berasal dari South Carolina, Amerika Serikat pada Agustus 1997.

cgi star wars 2
(Foto Eksklusif: Albin Johnson Pendiri 501st Legion)

The 501st Legion adalah organisasi kostum Star Wars di seluruh dunia yang terdiri dan dioperasikan oleh para penggemar Star Wars. Meskipun tidak disponsori oleh Lucasfilm Ltd. namun segala bentuk kegiatan selalu mengikuti aturan dasar yang diterima secara umum untuk kelompok penggemar Star Wars, mulai dari karakter, kostum dan semua item terkait yang adalah kekayaan intelektual Lucasfilm dan Lucas film Ltd. Jadi semua hak dilindungi oleh undang-undang dan digunakan di bawah otorisasi.

Lalu bagaimana di negara kita? tentu saja Star Wars juga tidak luput dari Indonesia yang memiliki banyak penggemar baik perorangan atau kelompok yang resmi terbentuk dan diakui secara internasional. Untuk itu mari kita mengenal lebih dekat dengan komunitas Star Wars 501st LEGION GARUDA GARRISON INDONESIA.

501st Legion Indonesia Outpost adalah organisasi nirlaba yang dibentuk pada tanggal 25 Agustus 2011 oleh Arief Sundjaja, hingga pada tanggal 6 September 2017, organisasi ini berkembang menjadi 501st Legion Garuda Garrison Indonesia dan didasarkan pada kesukarelaan.

Visi mereka adalah menjadi organisasi relawan dengan tujuan menyatukan penggemar kostum secara Identitas kolektif yang melekat pada organisasi untuk beroperasi di Indonesia.

Misi 501st Legion Garuda Garrison Indonesia adalah berusaha untuk mempromosikan minat pada Star Wars melalui berbagai kegiatan seperti pemakaian kostum yang berkualitas, memfasilitasi penggunaan kostum untuk acara-acara terkait tema Star Wars, serta berkontribusi kepada komunitas lokal melalui kegiatan amal dengan mengenakan kostum dan melakukan kegiatan sosial. Sesuai dengan semboyan mereka “BAD GUYS DOING GOOD

Selama terbentuk komunitas ini pernah dipimpin oleh ketua yang disebut Commanding Officer (CO). Mereka adalah:

  • Ex CO: Arief Sundjaja (TK-5881) 2011-2017
  • CO: Sapto Wibowo (TK-19715) 2018- sekarang
cgi star wars pic 3

Sampai saat ini jumlah anggota 501st Legion GGI berdasarkan data base per September 2020 adalah sebanyak 39 orang dengan detail Pria 34 orang dan Wanita 5 orang. Hal unik dalam perkumpulan ini adalah setiap anggota juga memiliki banyak kode yang menjelaskan kostum dan karakter figure mereka, seperti beberapa contoh berikut.

  • TK: Detachment FISD Storm Trooper
  • ID: Imperial officer corps
  • DZ: Bounty Hunter’s Guild
  • TR: Sovereign protectors, Emperor’s Royal Guard

Beragam latar belakang anggota mulai dari gender, usia dan profesi mewarnai organisasi ini, mulai dari usia 20-60 tahun, dengan profesi seperti Mahasiswa, Seniman, Pengusaha, Karyawan Swasta, Pegawai Negeri Sipil, Pilot, Dokter dan Pengacara. Sedangkan jumlah anggota secara internasional yang tersebar di 54 negara adalah sebanyak 14.000 orang lebih.

cgi star wars 4

Beberapa hal menarik yang kami perhatikan dalam organisasi ini adalah perihal koleksi kostum yang dimiliki para anggota. Dan berdasarkan informasi yang kami terima, untuk kostum termahal yang dimiliki anggota mereka adalah Boba Fett, karena untuk membangun kostum tersebut nilainya bisa di atas 150 juta rupiah. Selain itu ada juga kostum Darth Vader yang nilainya diatas 70 juta rupiah, karena berdasarkan tingkat keakuratan yang tinggi.

Kegiatan rutin mereka sebelum pandemi covid-19 biasanya kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan sosial seperti penggalangan dana, kunjungan ke rumah sakit, parade kostum, menghadiri berbagai event seperti Indonesia Comic Con, hingga menghadiri undangan wawancara di berbagai media nasional. Akan tetapi saat ini mereka banyak mengalihkan kegiatan melalui daring dalam berdiskusi seputar rencana kegiatan organisasi.

cgi star wars 5
(Foto Eksklusif: Koleksi 501st Legion Garuda Garrison Indonesia)
cgi star wars 6
(Foto Eksklusif: Koleksi 501st Legion Garuda Garrison Indonesia)
cgi star wars 7
(Foto Eksklusif: Koleksi 501st Legion Garuda Garrison Indonesia)
cgi star wars 8

Seru dan keren bukan kegiatan mereka, dan jika anda adalah penggemar sejati dari Star Wars, ingin membantu orang lain, memiliki kostum berkualitas profesional berdasarkan karakter tokoh-tokoh antagonis dari Star Wars, dan sudah berusia minimal 18 tahun, mari bergabung bersama 501st Legion Garuda Garrison Indonesia. Silahkan menghubungi akun sosial media mereka di bawah ini untuk informasi selengkapnya:

Silahkan menghubungi akun sosial media mereka di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

Website: www.501st.id

Tetap semangat dan kreatif dalam berbuat kebaikan untuk 501st Legion GGI di tengah wabah pandemi saat ini. Semoga hal ini bisa menjadi contoh dan menginspirasi banyak orang untuk terus berbuat kebaikan.
May the Force be with you!

“Train yourself to let go of everything you fear to lose.”

Yoda

Anda mungkin suka