Komunitas Srikandi Mix Marriages, Komunitas Wanita Perkawinan Campuran

Tikum Woman  – Hari pertama di bulan April 2020 tikum.id akan membahas sebuah organisasi perkumpulan wanita Indonesia yang sangat unik. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan suku, ras, dan kebudayaan. Tidak terkecuali dalam urusan perkawinan juga.

Mari kita berkenalan dengan komunitas Srikandi Mix Marriages (SMM) sebuah asosiasi yang berdiri sejak Oktober tahun 2000.Komunitas ini bertujuan untuk memperjuangkan Undang – undang untuk keluarga campuran. Artinya para wanita Indonesia ini menikah dengan pasangan yang berbeda kewarganegaraan. Nama Srikandi diambil dari karakter wayang dalam kisah Mahabharata yang memiliki keberanian dan juga kesetian demi menjaga keluarga dan negaranya.

Visi mereka adalah menciptakan dunia dimana wanita Indonesia yang melakukan pernikahan dengan orang asing, juga diberikan hak yang sama seperti wanita Indonesia lainnya. Sehingga mereka bisa membangun rumah, menikmati kehidupan yang lebih stabil dan baik untuk keluarga mereka.

Srikandi juga akan memberikan saran dan dukungan gratis untuk akses terhadap layanan hukum yang aman, ramah dan hemat biaya, dan yang pasti perkumpulan ini bebas dari segala kepentingan ideologi politik, agama, dan ekonomi. serta akan selalu mengutamakan kepentingan anggota.

Sampai saat ini tercatat sudah 420 anggota Srikandi yang tersebar di seluruh dunia, dan mayoritas tinggal di Jakarta Selatan. Profesi mereka pun beragam, mulai dari pemimpin perusahaan, pemilik bisnis, professional dan ibu rumah tangga.

Apa saja yang menjadi kegiatan di komunitas ini ? mari kita simak

Srikandi sering mengadakan kegiatan rutin mengenai permasalahan kehidupan rumah tangga sebagai pelaku perkawinan multi bangsa, seperti :

1. Seminar

  • Ijin tinggal suami dan anak, yang melibatkan kantor imigrasi, dinas kependudukan, dan tenaga kerja,
  • Ijin kepemilikan Properti,
  • Memperjuangkan dwi kewarganegaraan untuk anak dan suami.
Komunitas Srikandi Mix Marriages 5
Komunitas Srikandi Mix Marriages 3

2. Bakti social dan charity

Srikandi juga aktif dalam kegiatan charity keagamaan di bulan Ramadan dan Natal. Bahkan, kegiatan untuk anak – anak jalanan pun rutin mereka lakukan seperti pengumpulan buku-buku bekas untuk diberikan kepada mereka, baik buku bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Hal ini agar mereka juga punya kesempatan yang sama untuk bisa belajar Bahasa internasional yaitu bahasa Inggris.

Komunitas Srikandi Mix Marriages 4
Komunitas Srikandi Mix Marriages 5

3. Acara malam kesenian Indonesia

Disini mereka ingin menumbuhkan rasa cinta Indonesia kepada pasangan dan anak – anak mereka. melalui acara makan malam, ulasan buku, food bazaar, cooking class dan olah raga bersama.

Komunitas Srikandi Mix Marriages 6
Komunitas Srikandi Mix Marriages 7

Seru banget ya kegiatan dari Komunitas Srikandi Mix Marriages ini, semoga dengan adanya wadah seperti ini pengetahuan kita semakin bertambah dan pastinya memperat persaudaraan. Bagi para sobat tikum women yang ingin mencari informasi lebih banyak dengan komunitas Srikandi, bisa menghubungi admin dari social media mereka di akun Instagram @srikandi_mixmarriage.

“Love Has No Color, No Race. Love is pure and divine but only a little of us are able to preserve It’s purity”

Anda mungkin suka