Komunitas Perempuan Menari (KPM), Komunitas Seni Pelestari Budaya

Tikum Woman – Ada berbagai alasan mengapa banyak orang hobi menari. Mungkin karena faktor musik, koreografi, hingga kostum yang dipakai. Selain itu tidak ada batasan umur bagi yang ingin mulai belajar menari. Ingin mengenal Komunitas Menari ? simak informasi selengkapnya di Tikum.id.

Komunitas Perempuan Menari 1
Komunitas Perempuan Menari

Menari adalah aktivitas fisik yang menyehatkan dan menyenangkan. Baik muda, tua, anak-anak hingga orang dewasa bisa melakukan di mana saja dan kapan saja. Namun, mari kita ketahui apa saja manfaat dari menari untuk kesehatan. Berikut di antaranya:

  1. Meningkatkan Kelenturan Tubuh.
  2. Meningkatkan Daya Ingat.
  3. Menurunkan stres dan meningkatkan mood.
  4. Melatih keseimbangan tubuh.
  5. Membentuk otot-otot tubuh.
  6. Menurunkan berat badan.
  7. Meningkatkan dan menjaga kesehatan Jantung

Sedangkan manfaat menari untuk anak-anak sejak usia dini adalah untuk menyalurkan energi, menambah kepercayaan diri dan belajar disiplin. Karena ketika dituntut untuk menghafal sebuah koreografi dan melakukan gerakan yang baru diperlukan latihan dan kedisiplinan agar bisa sempurna dan menguasainya.

Kita patut berbangga sebagai bangsa Indonesia yang kaya akan kebudayaan khususnya seni tari dari berbagai suku dan daerah. Dan wajib hukumnya untuk terus menjaga dan melestarikan kesenian tari agar generasi di masa depan tahun akan seni tari Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh sobat tikum dari Komunitas PEREMPUAN MENARI (KPM).

Komunitas Perempuan Menari (KPM) resmi berdiri pada tanggal 6 Januari 2018. Komunitas seni tari ini hadir di Indonesia atas prakarsa dari seorang Pritha Nandini yang sekaligus menjabat sebagai ketua komunitas saat ini.

Komunitas Perempuan Menari 2
(Foto Eksklusif Ketua Komunitas Perempuan Menari)

Visi dari terbentuknya KPM adalah ingin menjadi wadah seni dalam melestarikan budaya Indonesia lewat tarian Nusantara.

Misi KPM meningkatakan kesadaran masyarakat Indonesia khususnya perempuan untuk mencintai seni dan kebudayaan Indonesia melalui seni tari.

Latar belakang para anggota KPM sangat beragam, mulai dari usia 17 tahun hingga usia Senior dengan profesi Ibu rumah tangga, Pegawai Negeri Sipil, Bankir, Advokat, Pedagang, Praktisi Pendidikan, konten creator tiktok.

Komunitas Perempuan Menari 3
Komunitas Perempuan Menari

Sejak berdiri hingga sekarang KPM sudah mempunyai 2 Regional/Chapter yaitu di Indonesia dan Belanda. Dengan jumlah anggota aktif selama pandemi Covid-19 sebanyak 50 orang. Namun, jika dihitung keselurahan berdasarkan data base sekretariat sejak awal berdiri total anggota KPM kurang lebih 100 orang.

Kami bertanya kepada perwakilan KPM yaitu Ibu Pritha mengenai apa yang menjadi fokus aliran tarian, dan mengapa menari sangat istimewa untuk kalian? Dan jawabannya adalah
“Aliran kami adalah mayoritas adalah tarian tradisional, dan semua anggota belajar versi yang tradisional/otentik,walaupun pada pentas besar biasanya di “moderenisasi” untuk keperluan harmonisasi pertunjukkan. Tapi walaupun kita suka semua yang berbau tradisional, kami adalah sekumpulan perempuan moderen millenial dengan usia mapan.”

Pritha menambahkan, bahwa tarian Indonesia sangat istimewa bagi komunitas ini, karena cantik dan kaya akan nilai budaya. Mulai dari bajunya, asesorisnya, gerakannya, filosofinya. Bahkan, beda suku saja tariannya juga berbeda dalam gerakan. Dan menari bisa menjadi media komunikasi antar berbagai bangsa.

Berikut beberapa kegiatan rutin KPM sebelum masa pandemic Covid-19.

  • Mingguan: latihan rutin yang dimulai dari jam 12.00 – 17.00. para peserta bebas dalam memilih belajar tari yang mereka inginkan. Namun, setelah masa pandemic Covid-19 aturan berlatih sedikit berubah dengan di bagi menjadi 2 kelompok/grup.
  • Spesial Edisi: melakukan kegiatan menari untuk sebuah mini show jika KPM di undang oleh berbagai institusi, instansi, perusahaan, organisasi.
  • Tahunan: biasanya dilakukan di bulan November/Desember. dan di tahun 2020 KPM pernah membuat sebuah pertunjukan menari secara virtual.
Komunitas Perempuan Menari 4
Komunitas Perempuan Menari
Komunitas Perempuan Menari 5
Komunitas Perempuan Menari
Komunitas Perempuan Menari 6
Komunitas Perempuan Menari
Komunitas Perempuan Menari 7
Komunitas Perempuan Menari

Bagaimana sobat tikum, seru dan menarik ya kegiatan dari komunitas ini. Jika Anda para wanita di seluruh Indonesia tertarik untuk bergabung tidak ada syarat khusus. Yang pasti senang menari tarian tradisional, membayar iuran untuk biaya fasilitas belajar, memiliki visi dan misi yang sama untuk melestarikan budaya Indonesia melalui seni tari.
Silahkan Anda melihat sosial media mereka atau kunjungi tautan di bawah ini. https://linktr.ee/PerempuanMenari

Kami bangga bisa turut memperkenalkan para panggiat budaya Nusantara seperti komunitas perempuan menari. Harapan kami adalah KPM akan semakin di dukung oleh pemerintah melalui berbagai kementerian yang terkait hingga bisa menjadi Go International.
Salam Budaya.

“Dance is the hidden language of the soul.”
Martha Graham

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka