Komunitas Para Drummer Di Indonesia, Indonesian Drummer (ID)

Tikum Music – Hai sobat tikum, pada kali ini kami ingin membahas kembali tentang musik, kalau biasanya kami membahas komunitas Fan Club sebuah Band, tetapi di edisi hari ini tikum.id akan lebih fokus kepada salah satu alat bermusik yaitu Drum.

Drum biasanya menggunakan bahan kulit atau plastik dan masuk dalam kelompok alat musik perkusi yang dipukul dengan tangan atau sebuah tongkat (stick drum) dan dibantu dengan beberapa perangkat pedal dibagian bawah.

indodrummer2

Drum terdapat diseluruh dunia dan memiliki banyak jenis, misalkan timpani, bodhran, asiko, snare drum, bass drum, tom-tom, dan lain lain. Dalam musik pop, rock, dan jazz, drums biasanya mengacu kepada drum kit atau drum set, yaitu sekelompok drum yang biasanya terdiri dari snare drum, tom-tom, bass drum, cymbal, hi-hat, dan kadang ditambah berbagai alat musik drum listrik.

Orang yang memainkan drum set disebut sebagai “Drummer”. Alat musik drum menurut kami sangat menarik sebab tidak hanya orang dewasa khususnya Pria saja yang menyukainya, kami memiliki contoh berbagai Drummer dari berbagai genre dan usia.

  1. Elonoe Budiman, Drummer cilik yang tampil pada ajang pencarian bakat ketika masih berumur 3 tahun pada tahun 2010.
  2. Kalonika Nicx, Drummer Cillik perempuan yang pernah tampil di salah satu talk show TV ketika masih berumur 8 tahun pada tahun 2013.
  3. Jeane Phialsa, merupakan drummer muda yang sempat menerima penghargaan Musium Rekor Indonesia (MURI) sebagai Drummer wanita profesional termuda 2004.

Di Indonesia ternyata ada sebuah komunitas yang menaungi para drummer dan masyarakat yang tertarik untuk bisa menjadi seorang drumer, untuk itu kami perkenalkan kepada sobat tikum INDONESIAN DRUMMERS (ID).

indodrummer

ID secara resmi berdiri pada tanggal 25 April 2010. Komunitas para Drummer di Indonesia ini berdiri atas prakarsa beberapa orang yang memang seorang drummer dari berbagai Band di Indonesia, dan mereka saat ini di sebut sebagai Dewan Pendiri, mereka adalah :

  1. Gilang Ramadhan
  2. Agus Teguh Prakosa Andarusman
  3. Brian Kresna Putro
  4. Seno Aji Wibowo
  5. Juni Y. Zairin
  6. Chandra Kristanto
  7. Haposan Harianto Tobing

Selain itu dalam ID terdapat juga para Dewan Pembina yang terdiri dari :

  1. Gilang Ramadhan
  2. Agus Teguh Prakosa Andarusman
  3. Seno AJi Wibowo
  4. Brian Kresna Putro
  5. Chandra Kristanto
  6. Haposan Harianto TObing
  7. GT. Erhandy Rakhmatullah
  8. Ilham Febri
  9. Utomo Haridwinanto

Visi dan Misi dari ID adalah untuk menjadi wadah untuk drummer Indonesia berkumpul, saling tukar pikiran, dan berbagi ilmu. Apa saja yang kami butuhkan di dunia Drum sebagai Drummer Indonesia, kami pun ingin di setiap daerah membuat acara ID per tahun, ID ikut serta menjalankan roda perekonomian, jual beli alat musik, jual beli kuliner, dan masih banyak lagi.

Ketua Yayasan ID sampai saat ini masih Diketuai oleh mas Gilang Ramadhan, namun ia juga dibantu oleh staff yaitu Chandra konde sebagai CEO, dalam fungsinya untuk penyampaian kegiatan dll.

Apa saja latar belakang para anggota dari ID ? menurut sumber kami para anggota ID adalah drummer yang sudah Professional, atau masyarakat umum dari berbagai profesi yang memang suka bermain Drum.

Indonesian Drummers tidak membatasi usia anggota, sebagai contoh adalah salah satu anggota ID yaitu Om Benny Mustafa yang berusia70 tahun, dan ada beberapa anak kecil yang masih umurnya masih 5 tahun. tikum.id sangat setuju akan hal ini guys karena “music should be passionate and fun”.

indodrummer3
indodrummer4
indodrummer5

Berdasarkan informasi mas Gilang, sampai saat ini di tahun 2020 anggota ID masih belum tercatat kembali, ini karena anggota ID sangat banyak sekali dan sudah mencapai Ribuan orang yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi.

Semua perkumpulan/ komunitas sudah pasti memiliki agenda kegiatan rutin baik mingguan, bulanan, dan tahunan. Kegiatan rutin dari ID adalah membuat acara setiap tahun di pusat dan di daerah masing – masing, dan daerah biasanya mempunyai kegiatan yang serupa dengan pusat.

Namun semenjak pandemil Covid-19 marak, seperti saat ini otomatis segala kegiatan berkumpul harus ditunda , dan ID lebih sering melakukan kegiatan diskusi melalui virtual online.

Jika sobat tikum ada yang tertarik menjadi anggota dari Indonesia Drummer atau mau lebih mendalami tentang drummer, silahkan mencari tahu melalui beberapa akun sosial media ID,

Sukses terus untuk Indonesian Drummers, tetap kompak selalu di seluruh Indonesia. kami tunggu karya kalian selanjutnya. Bravo Indonesian Drummers!

“To be a drummer you also have to be a musician.”
Ian Paice

Anda mungkin suka