Komunitas Moge RGOG, Road Glide Owners Group

Tikum Motor  – Mengendarai motor gede (moge) memang memiliki sensasi dan kebanggaan tersendiri karena Karakter dan cara mengendarainya juga berbeda dengan motor bermesin kecil. Hari ini Tikum.id kembali memperkenalkan komunitas pengendara moge ‘mata dua’. Seperti apa mereka?

omunitas roda dua rgog 1

Salah satu tipe HD yang juga popular di Indonesia adalah seri Road Glide dan Road Glide Spesial. Mempunyai torsi besar dan ciri khas yang mudah kita kenali adalah dua lampu depan LED Daymaker dan ‘fairing sharnose’. Namun tidak hanya itu saja kelebihan dari seri ini, sebab bagi yang hobi turing dan gemar membawa banyak barang bawaan seri ini juga dilengkapi dengan bagasi Tour-Pak yang cukup luas dan ramping. Bisa untuk menyimpan helm pengendara utama dan penumpang yang di bonceng serta barang bawaan lainnya.

Jika kita mengintip dari sisi mesin dan rem, masing-masing seri Road Glide menggunakan mesin Milwaukee-Eight yang berbeda. Untuk varian Road Glide standar, mesinnya adalah Milwaukee-Eight V-Twin 1745cc dengan torsi puncak 149 Nm pada 3500 rpm.

Sementara Road Glide Ultra dan Road Glide Special sama-sama mengandalkan mesin Milwaukee-Eight 114 1868cc. dan semua seri motor ini dilengkapi dengan sistem pengereman Reflex Linked Brembo lengkap dengan dukungan ABS.

Masih ada lagi sobat tikum, varian Road Glide memiliki sistem infotainment Boom! Sebuah Box GTS dengan layar sentuh dan dilengkapi dua speaker di bagian dalam sharknose tepat di depan stang. Melalui layar itu Anda bisa mengakses berbagai informasi dan fitur kendali seperti musik, navigasi, hingga telephone. Semua fasilitas itu tentunya sangat berguna bagi para Bikers sehingga turing dengan rute jauh tidak terasa membosankan.

Nah, semua spesifikasi di atas rasanya kurang lengkap jika kami tidak menghadirkan para ‘Roadglider’ sebutan bagi para pemilik Road Glide Harley Davidson dari Road Glider Owners Group.

Road Glide Owners Group (RGOG) komunitas moge yang resmi berdiri pada tanggal 14 Januari 2018 atas inisiasi beberapa orang yang berasal dari berbagai klub otomotif. Mereka adalah:

  • Yovie M. Santosa (IMBI – HDCI)
  • Gede Mully (Night angel)
  • Yosse Gayo (BBMC)
  • Akang Faizal (HOG Siliwangi Bdg)
  • Erlov Hasibuan (Soaring Eagle)
  • (Alm) Kikie Medfo (Mantan Ketua Pengurus Daerah HDCI Jabar)
omunitas ro 2da dua rgog

Visi dan Misi terbentuknya RGOG sangat sederhana, yaitu atas dasar ingin menjadi wadah silaturahmi bagi para pengguna Harley Davidson ‘si mata dua’ atau tipe road glide dari berbagai klub yang ada di Indonesia.

VISI ingin membentuk big bike united di indonesia dengan multy vest colour.
MISI adalah untuk membangun silaturahmi dengan para Roadglider dari berbagai klub yang ada di nusantara.

Sampai saat ini RGOG memutuskan tidak menggunakan anggran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART). Adanya sebuah kepengurusan hanya berupa simbol yang di angkat dan ditunjuk untuk mungkin selamanya. Adapun komposisinya adalah sebagai berikut.

President: Kombes Pol. Rudi Syafidurin, S.H., SIK.
Vice President 1: Oke Djunjunan
Vice President 2, Panglima: Yovie M. Santosa, atau yang akrab dikenal Bang YMS.

Sejak terbentuk jumlah para roadglider RGOG yang tercatat resmi di sekretariat sudah sebanyak 1003 orang yang berasal dari 35chapter atau koordinator daerah senusantara.

Latar belakang para anggota juga menarik untuk disimak, mulai dari usia 18 tahun sampai usia senior di atas 60 tahun, dengan profesi seperti Perwira tinggi TNI dan Polisi, Advokat, Jaksa, Hakim, Notaris, Dokter, Entrepreuner nasional.

omunitas roda dua rgog 3

Kami bertanya juga kepada salah satu founder RGOG mengenai apa yang membedakan klub ini dengan klub Moge lainnya yang eksis di Indonesia? dan jawabannya adalah
“RGOG adalah pemilik motor dengan spesifikasi tertinggi di Harley Davidson, hal ini tentu saja kami rasa paling enak untuk berkendara baik jarak dekat, sedang atau jauh.

Dan dengan para roadglider RGOG yang berasal dari berbagai klub, tentunya tali silaturahmi semakin luas, kemanapun Roadglider indonesia pergi riding, akan ada roadglider di daerah tersebut, akan disambut walaupun vest colour berbeda-beda.” Bagi kami jawaban ini sangat keren dan dewasa.

Mari kita lihat kegiatan rutin mereka sebelum masa pandemi covid-19 hingga di era new normal. Karena RGOG bukan club melainkan hanya pemilik dan penggemar tipe Roadglide, mereka tidak selalu mengadakan kegiatan mingguan atau bulanan. RGOG hanya mengadakan kegiatan nasional dan berkumpul hanya pada saat perayaan ulang tahun. kecuali di setiap chapter, sebab bila dalam periode mingguan atau bulanan tidak ada kegiatan di klub asalnya, biasanya akan ada kegiatan di grup RGOG Chapter.

1. Sebelum Pandemi dan New Normal Pandemic Covid-19

Komunitas Moge RGOG tidak hanya sekedar perkumpulan otomotif HD, namun mereka juga punya kepedulian sosial yang cukup tinggi terhadap permasalahan negara dan kepada sesama yang membutuhkan bantuan. Mari kita simak apa saja kegiatan mereka.Kegiatan membantu pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19 di Kulonprogo, Jogjakarta.Yaitu:

  • Membagi bagikan 15 ribu maskers dan hand sanitizer.
  • Membagikan santunan 150 juta Rupiah untuk 15 yayasan sosial, yatim piatu, duafa dan kaum berkebutuhan khusus (10 juta tiap yayasan).
  • Melakukan giat tanam pohon.
  • Melakukan kegiatan bersih-bersih pantai Gelagah.
omunitas roda dua rgog 4
omunitas roda dua rgog 5

2. Ramadhan 2021

Untuk kegiatan seputar bulan Ramadhan 2021, komunitas moge RGOG telah selesai menggelar ‘charity for orphan’ dengan memberikan donasi yaitu 500 ribu Rupiah, bingkisan alat tulis, makanan ringan, dan buah buahan untuk 50 orang anak yatim piatu yang ada di yayasan insan rabani.

omunitas roda dua rgog 6
omunitas roda dua rgog 7

Untuk kegiatan yang akan datang dalam skala nasional rencananya akan diadakan pada pertengahan Agustus 2021, yaitu sebuah parade road glide merah putih, bakti untuk negeri di pulau Bali dan Lombok dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan Covid-19 sesuai imbauan pemereintah Indonesia.

Selama tiga tahun terbentuk RGOG telah sukses mengadakan berbagai event di berbagai daerah di Indonesia seperti di Bali, Wonosobo, Pulau Bangka, Solo, Jogja. Seluruh Roadglider dari setiap daerah selalu datang ke venue acara. Namun untuk turing perorangan tiap roadglider memiliki ceritanya masing-masing dalam berkendara si motor mata dua ini. Seperti yang pernah dilakukan oleh Bang YMS salah satu founder RGOG dengan melakukan single turing domestik ke beberapa daerah seperti Aceh, Bali, Kalimantan dan Lombok, serta solo turing internasional ke negara Amerika Serikat. Wah… ini baru BIKERS sejati ya guys!

omunitas roda dua rgog 8
(YMS/Foto Eksklusif tikum.id)

Bagaimana sobat tikum Bikers, semakin tertarik memiliki Harley tipe Road Glide? Kami mengajak para pemilik dan pencinta Road Glide di Indonesia untuk turut bergabung dalam keluarga besar Road Glide Owners Group. Anda bisa mendapatkan panduan informasi dengan menghubungi beberapa akun sosial media mereka di bawah ini.

E-mail: roadglideownersgroup@gmail.com
Instagram: @rgog_family

Tikum.id bangga bisa memberitakan banyak hal positif komunitas Moge seperti RGOG kepada masyarakat. Semoga kehadiran mereka akan mempererat tali persatuan dan persaudaraan antar Bikers di seluruh nusantara. Salam Mata Dua!

“Riding a Motorcycle is Like an Art, Something You Do Because You Feel Something Inside.”

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka