Komunitas Mancing Mantabs Fishing Community (MMFC)

Tikum Hobby – Banyak pilihan untuk relaksasi sekaligus bertamasya bagi warga perkotaan, mulai dari berolahraga, bersepeda, mengajak binatang peliharaan jalan-jalan, dan ada satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan bersama teman-teman atau keluarga yang kami rekomendasikan yaitu memancing ikan.

Mengenal Mancing Mantabs Fishing Community 2

Definisi Memancing secara umum adalah suatu kegiatan menangkap ikan yang bisa merupakan hobi, pekerjaan, olahraga luar ruang (outdoor) atau kegiatan di pinggir atau di tengah danau, laut, sungai dan perairan lainnya dengan target seekor ikan. Atau bisa juga sebagai kegiatan menangkap ikan atau hewan air tanpa alat atau dengan menggunakan sebuah alat oleh seorang atau beberapa pemancing.

Namun dalam terkadang tidak semua kegiatan memancing ikan selalu membuahkan hasil seekor ikan, bisa saja yang hasil pancingan adalah cumi-cumi, gurita, atau bahkan paus. Memancing ikan juga dapat dibedakan berdasarkan alam buruannya, yaitu:

  1. Memancing ikan air laut
  2. Memancing ikan air tawar

Nah, sekarang mari kita lihat apa saja manfaat lain dari kegiatan memancing:

Olahraga, baik untuk sendi dan otot

Gerakan fisik mengayunkan kail sangatlah bertumpu pada lutut kaki kita. Kegiatan seperti ini ternyata bisa membuat persendian dan otot pada kaki menjadi semakin kuat dan sehat.

Melepaskan stress

Dengan memancing, kita bisa mendapatkan sensasi relaksasi saat menikmati pemandangan alam di sekitarnya. Serta akan terlepas dari peralatan teknologi dalam waktu yang cukup lama. Hal ini membuat otak dan pikiran menjadi lebih rileks.

Melatih motorik

Bagi yang sudah berusia lanjut, memancing bisa menjadi hobi yang bisa menjaga kesehatan tubuh. Berbagai gerakan dalam memancing ternyata akan melatih kemampuan motorik halus tubuh sehingga bisa membuatnya tetap berfungsi dengan baik.

Kegiatan memancing akan semakin menarik jika kita juga mengenal komunitas orang-orang yang gemar memancing ikan di Indonesia. Untuk itu mari kita berkenalan dengan komunitas MANCING MANTABS FISHING COMMUNITY.

Komunitas Mancing Mantabs Fishing Community (MMFC) berdiri berdasarkan AD/ART pada pada tanggal 19 Agustus 2011 dan disahkan berdasarkan Badan Hukum nomor AHU-0012516.AH.01.07.TAHUN 2018 pada tanggal 11 Oktober 2018.

Para pendiri MMFC adalah: Benny Partono, Brahmantyo, K.Gunawan, Abdul Rozak, Sugi, H Jun dan Heri Budaya (Alm). Dan saat ini MMFC diketuai oleh Bapak Benny Partono.

Mengenal Mancing Mantabs Fishing Community 3
(Ketua MMFC)

MMFC memilki Visi untuk menjadi wadah organisasi yang positif bagi penggemar kegiatan memancing Ikan Mas dengan menjunjung tinggi nilai sportifitas dalam suasana kebersamaan dan kekeluargaan. Sedangkan Misi MMFC adalah menjadi organisasi yang bermanfaat bagi komunitas pemancing, kedy mancing dan pemilik kolam di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan sekitarnya.

Anggota MMFC hingga tahun 2020 sudah tercatat mencapai 350 anggota yang tersebar diseluruh wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Latar belakang para anggota MMFC terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari Karyawan Swasta, Pegawai Negeri hingga para pemilik usaha.

Mengenal Mancing Mantabs Fishing Community 4
Mengenal Mancing Mantabs Fishing Community 5

Agenda kegiatan rutin mereka sangat bervariasi, mulai dari melakukan lomba ke berbagai kolam di wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Banten yang bernama Jadwal Lomba MMFC, hingga melakukan kegiatan sosial seperti memberikan santunan kepada para kedy mancing dan berbagai Yayasan panti anak yatim piatu.

Mengenal Mancing Mantabs Fishing Community 6
Mengenal Mancing Mantabs Fishing Community 7

Kami sempat bertanya kepada perwakilan pengurus MMFC, mengapa memilih kegiatan memancing dan apa yang menjadikannya istimewa bagi kalian? jawabannya adalah “Karena dengan mancing, kami bisa bercanda tawa, bersendau gurau, melepaskan kepenatan dan keletihan kami setelah sepekan menghadapi pekerjaan.”

Nah, jika Anda juga tertarik untuk memancing namun masih bingung karena tidak ada teman yang bisa membimbing, maka mari bergabung bersama MMFC. karena dalam organisasi ini Anda akan menemukan orang-orang dengan passion yang sama dan akan membantu dan menambah pengetahuan seputar memancing, teknik memancing, hingga peralatan memancing. Silahkan Anda menghubungi akun sosial media MMFC di bawah ini.

Website: www.mancingmantabs.com

Tikum.id sangat senang bisa memperkenalkan Mancing Mantabs Fishing Community kepada Anda. Harapan kami adalah semoga melalui MMFC akan banyak masyarakat yang tertarik untuk mulai mencoba kegiatan ini di seluruh Indonesia. Salam Persaudaraan!

“Be patient and calm – for no one can catch fish in anger.”

Herbert Hoover

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka