Manfaat Berkemah Bersama Komunitas Kemah Keluarga Indonesia

Tikum – KomunitasTravel – Berkemah mungkin bukan kegiatan yang asing bagi Anda di jaman kecil, namun apakah saat ini berkemah dengan menggunakan tenda masih tetap menarik dan seru? Mari kita simak kisah dari komunitas berkemah di Indonesia.

 komunitas travel Komunitas Kemah Keluarga Indonesia

Berkemah adalah kegiatan yang dilakukan di luar ruangan atau alam terbuka dan dilakukan secara berkelompok seperti teman atau keluarga. Banyak sekali manfaat dari berkemah seperti belajar mandiri, menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan, membangun kepribadian yang mampu bekerja sama dalam kelompok, meningkatkan keterampilan dalam bersosialisasi, berolahraga untuk mencapai jarak tempat berkemah, hingga belajar bersyukur bahwa kita sebagai bangsa Indonesia memiliki anugerah berbagai keindahan alam nusantara. Luar biasa bukan manfaat dari kegiatan ini.

Indonesia juga punya berbagai tempat terbaik untuk berkemah, berikut di antaranya

  1. Grafika Cikole – Lembang, Bandung
  2. Kampong Jawa Kembang – Sleman, Yogyakarta
  3. Dusun Kreatif – Medan, Sumatera Utara
  4. Dikubu Strawberry Farm – Bedugul, Bali
  5. The Highland Park Resort – Bogor, Jawa Barat.

Masih banyak tempat lainnya di Indonesia yang bisa kita explore bersama-sama. Tapi akan lebih seru dan menyenangkan jika kita bisa berkemah atau camping bersama komunitas pelaku berkemah seperti sobat tikum Komunitas Kemah Keluarga Indonesia.

Komunitas Kemah Keluarga Indonesia (K3I) berdiri pada tanggal 3 April 2015, bertempat di Camping Ground Mandalawangi Cibodas. K3I berdiri atas inisiatif Bharata Ceppy Asmara Lubis SE. MM atau yang akrab disapa Om Ceppy. Dan beliau sampai saat ini juga merupakan Ketua dari komunitas.

komunitas travel Komunitas Kemah Keluarga Indonesia 2

VISI terbentuknya K3I adalah untuk menjadi salah satu Komunitas Kemah Keluarga Indonesia terbaik di Indonesia
MISI K3I terdiri dari:

  1. Menyalurkan hobby kemah keluarga di lingkungan Keluarga Indonesia
  2. Memberikan edukasi kecintaan tentang alam Indonesia kepada Keluarga Indonesia
  3. Memberikan kegiatan-kegiatan bermanfaat untuk anak-anak Keluarga Indonesia
  4. Sebagai wadah pemersatu Keluarga penggemar kegiatan Kemah Keluarga di Indonesia
  5. Mewujudkan Keluarga yang peduli lingkungan alam sekitar Indonesia

Para anggota dari K3I yang sudah mencapai 5.000 orang memiliki berbagai latar belakang usia, gender dan profesi mulai dari usia 20 tahun hingga usia senior di atas 60 tahun dengan profesi sebegai karyawan profesional, wirausaha, perwira TNI, hingga dokter. Karena kegiatan ini adalah Kemah Keluarga (Family Camp) mayoritas para anggotanya memang sudah berkeluarga menikah, walau ada juga yang belum menikah.

komunitas travel Komunitas Kemah Keluarga Indonesia 3

Sejak berdiri hingga sekarang anggota dari K3I sudah tersebar di beberapa grup di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Provisni Banten dan Provinsi Jawa Barat.

Mereka membagi kategori dan wilayah melalui grup aplikasi komunikasi WhatsApp K3I mulai dari No. 1 – 26, ditambah lagi grup luar kota/daerah yaitu:

  1. K3I Region Jawa Tengah dan DIY
  2. K3I Region Jawa Timur
  3. K3I Region Bali dan NTB
  4. K3I Region Kaimantan Timur
  5. K3I Region Kaimantan Barat
  6. K3I Region Kalimantan Selatan
  7. K3I Region Sulawesi
  8. K3I Region Lampung
  9. K3I Region Sumatera Selatan
  10. K3I Region Riau
  11. K3I Region Sumatera Barat
  12. K3I Region Jambi
  13. K3I Region Sumatera Utara dan Aceh

Tentunya K3I tidak akan berhenti sampai disitu saja, dan mereka masih akan terus membangun K3I di seluruh wilayah Indonesia di masa depan.

Kami bertanya kepada Ceppy sebagai Founder, Apa yang istimewa dan membedakan komunitas ini dengan komunitas lain? dan jawaban Ceppy adalah ”Komunitas kami adalah Komunitas yang melakukan kegiatan Kemah Keluarga (Family Camp) yang setiap bulannya digelar kegiatan Family Camp Adventures di lokasi-lokasi terbaik pilihan di setiap daerah di Indonesia dan bebas iuran anggota serta tidak memungut Biaya Registrasi Pendaftaran.”

Ceppy juga rutin sering mengunjungi kegiatan-kegiatan di berbagai daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan dan sebagainya.

Agenda kegiatan komunitas ini juga cukup menarik untuk disimak, mulai dari sebelum pandemic covid-19 hingga di era new normal saat ini. Mari kita simak satu-persatu.

Sebelum pandemic covid-19

  • Family Camp K3I di Curug Ciputri, Bogor (11-12 Jan 2020)
  • Family Camp K3I di Gunung Mas, Puncak, Bogor (8-9 Feb 2020)
  • Stand K3I di Pameran Indofest tahun 2020 di JHCC Senayan, Jakarta (12-15 Mar 2020)

Era New Normal:

Family Camp K3I di Capolaga, Subang (25-26 Juli 2020)
Jambore K3I – tahun 2020 di Bukit Golf Cibodas, Memperingati HUT RI 75 tahun. (15,16,17 Agustus 2020)

  • Family Camp K3I di Halimun Jeep Camp, Pondok Halimun, Sukabumi. (12-13 September 2020)
  • Family Camp K3I di Ranca Upas, Ciwidey, Bandung Selatan. (9,10,11 Oktober 2020)
  • Family Camp K3I di Cidahu, Sukabumi. (7-8 November 2020)
  • Family Camp K3I di Green Grass Cikole, Lembang, Bandung Barat. (27, 28, 29 Desember ’20)
  • Family Camp K3I di Bukit Pancar Highland, Sentul, Bogor. (30-31 Januari 2021)
  • Family Camp K3I di Curug Cipamingkis, Jonggol, Bogor. (27-28 Februari 2021)
  • Family Camp K3I di Panorama Alam, Pamijahan, Bogor. (27-28 Maret 2021)
  • Family Camp K3I di Datar Pinus, Pengalengan memperingati HUT K3I ke 6 tahun. (2,3,4 April 2021)

Karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber pariwisata, maka K3I juga selalu jeli dalam melihat tempat-tempat baru di nusantara. Salah satu tempat Camping terjauh dan terunik yang pernah dikukan K3I Pusat adalah melakukan kegiatan family camp terjauh seperti ke beach camp K3I di Tanjung Lesung, beach camp di pantai perawan, pulau pari kepulauan seribu dan family camp K3I di Ipukan camping ground di Kuningan, Jawa Barat.

untuk lokasi camping terunik yang pernah mereka lakukan adalah di Ranca Upas, karena disana terdapat penangkaran rusa, pemandian air panas, suhu yang dingin, serta dekat menuju objek-objek wisata lainnya seperti kawah putih dan Situ Patenggang.

K3I juga pernah meraih prestasi dengan mendapatkan penghargaan museum rekor Indonesia (MURI) saat melakukan kegiatan Jambore K3I atau Big Event K3I di Bukit Golf Cibodas, yang dihadiri 530 keluarga, dengan total peserta sebanyak 2019 orang.

komunitas travel Komunitas Kemah Keluarga Indonesia 4
komunitas travel Komunitas Kemah Keluarga Indonesia 5
komunitas travel Komunitas Kemah Keluarga Indonesia 6
komunitas travel Komunitas Kemah Keluarga Indonesia 7

Hal penting yang dilakukan K3I dalam menentukan lokasi berkemah adalah harus dekat dengan parkir kendaraan, sarana air bersih, MCK/ toilet yang harus memadai serta bersih, dekat dengan sarana sungai atau air terjun, pemandangan alam yang indah dan dekat balai pengobatan, puskesmas, klinik dan rumah sakit, jika terjadi kecelakaan di alam agar mudah melakukan evakuasi dan pertolongan. Jadi jangan khawatir jika sobat tikum ingin ikut mencoba bergabung sambil berpetualang.

Bagaimana sobat tikum, tertarik untuk menjelajah nusantara dengan cara berkemah? Nah, jika Anda dan keluarga tertarik untuk bergabung dalam keluarga besar K3I syaratnya sangat mudah, cukup mengirimkan nama dan asal kota melalui nomor hotline di 08119488869, atau silahkan menghubungi akun sosial media mereka di bawah ini.

Instagram: @kemahkeluarga
Facebook: Komunitas Kemah Keluarga Indonesia

Kami bangga bisa memperkenalkan komunitas kemah keluarga Indonesia kepada masyarakat. Semoga hal ini juga bisa didukung oleh berbagai pihak baik swasta dan pemerintahan yang terkait dengan pariwisata sehingga potensi pariwisata Indonesia kembali bangkit dalam mendukung perekonomian kreatif. Salam kompak selalu untuk K3I.

“Life Is Better When You’re Camping”


Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tunjukkan Komen (1)