komunitas Jazz dari Kemayoran (KJK), Jazz Untuk Semua

Tikum Musik – Hai sobat tikum, selama ini kita sudah sering membahas banyak hal mengenai musik khususnya komunitas music dengan genre Rock, pada edisi hari ini kami ingin mencoba membahas sedikit tentang aliran music JAZZ.

komunitas-jazz-kemayoran-2

Sedikit melihat sejarahnya musik jazz dikenal berkat warga Afro-Amerika pada akhir abad 19 hingga awal abad 20, dan banyak yang percaya bahwa jazz berakar dari musik Afrika dan Eropa. Mengapa demikian ? karena dalam perjalanan jazz tidak dapat dipungkiri bahwa Jazz tak bisa lepas dari peran orang kulit hitam di Amerika serikat.

Seiring perkembangan jaman musik jazz mulai berinteraksi dengan berbagai jenis aliran musik lainnya, seperti dalam aliran musik rock, RnB, dan pop. Hal ini mematahkan stigma lama bahwa Jazz adalah music yang rumit, membosankan, dan jadul, sebab saat ini Jazz mulai mudah diterima semua kalangan hingga ke generasi muda.

Musisi dan vokalis jazz baru juga bermunculan, sebut saja nama – nama seperti Jammie Cullum, Norah Jones, Incognito (Band), dll. Dan di Indonesia beberapa nama penyanyi terkenal seperti Tompi, Andien, Maliq & D’Essentials, The Groove, membuat jazz semakin mudah diterima siapa saja.

Jika anda selama ini ingin mengerti dan mempelajari musik Jazz, kami di tikum.id sangat menyarankan untuk anda bergabung dulu dalam sebuah komunitas Jazz agar anda memiliki “sense of Jazz” secara baik dan benar. Untuk itulah kami ingin juga memperkenalkan kepada sobat tikum KOMUNITAS JAZZ DARI KEMAYORAN (KJK).

komunitas-jazz-kemayoran

Komunitas Jazz ini didirikan oleh Beben Jazz (guitar, vocal, trumpet), seorang Dosen Seni Musik yang juga mengajar pada beberapa perguruan Tinggi Swasta seperti , Universitas Pelita Harapan, CIOA Cantata Institute of Art, dan Beben Jazz Music Course (BJMC) pada hari Rabu, tanggal 17 Maret 2004 di Kemayoran rumah kediaman Beben Jazz.

komunitas-jazz-kemayoran-3

Beben Jazz sebagai ketua dan Pendiri KJK pernah mendapatkan “Hall of Fame” saat event kampoeng Jazz Unpad Bandung dan Singlenya “Satu yang Pasti”, yang terdapat pada Album Kompilasi Indonesian Jazzy Vocal too juga masuk nominasi dalam ajang AMI Award 2008.

KOMUNITAS JAZZ DARI KEMAYORAN atau KJK memiliki Visi dan Misi yang menurut kami sangatlah baik, diantaranya :

Brotherhood : Silaturrahmi lewat jazz

Silaturrahmi lewat Jazz, artinya dengan suatu misi sederhana minimal lewat acara acara Jazz yang diadakan oleh Komunitas Jazz Kemayoran, acara bulanan dll. Kita dapat bersilaturrahmi, mendapatkan teman baru yang sehobi, yang sama sama mencintai dan ingin tahu lebih dalam mengenai musik Jazz.

Educative : Edukasi

Memperkenalkan lebih jauh tentang Jazz ke Masyarakat Jazz, maupun Masyarakat umum, memperkenalkan konsep “Belajar lewat Jazz”, karena banyak hal yang bisa dipelajari dari Jazz. Baik Ilmu musik, Sejarah maupun makna filosopis yang terkandung didalam Jazz, yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari,serta mencoba menghapus pameo sementara yang beredar di masyarakat, kalau Jazz itu untuk kalangan tertentu saja, mahal dan sulit didekati, dan Jazz katanya musik untuk orang tua saja, yang sesungguh-nya Jiwa Jazz adalah tidak demikian, Jazz untuk siapa saja, Jazz untuk segala usia, Jazz untuk segala bangsa dan Kalangan. Itulah salah satu nilai yang coba dikembalikan, diperjuangkan oleh KJK, bahwa JAZZ itu UNTUK SEMUA, dan jangan lupa salah satu Philosophy Jazz adalah Kebebasan yang di implementasikan dalam bentuk IMPROVISASI.

Useful : Bermanfaat

KJK, sendiri terus meningkatkan azas manfaat bagi anggota dan masyarakat. Dan terus membina anggota nya agar dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, Keluarga, Masyarakat dan Negara. Melalui KJK yang tadinya hanya hobi jazz akhirnya bisa mendapatkan penghasilan dari jazz, bahkan hidup dari Jazz. Hingga dapat mewujudkan impiannya main di festival skala nasional maupun internasional lewat KJK.

KJK tidak keberatan dimanfaatkan untuk kepentingan kepentingan itu, karena ini memang adalah Salah misi KJK yang terus berupaya ditingkatkan. Maka manfaatkanlah KJK sesuai dengan tujuan anda masing, mau cari teman, cari ilmu, cari kehidupan dan manfaat lainnya.

Tidak ada syarat tertentu, untuk menjadi anggota KJK, pemain maupun bukan pemain, sudah tahu mengenai Jazz, ataupun yang baru ingin tahu tentang Jazz, cukup datang pada acara-acara yang diadakan oleh KJK, seperti acara bulanan dengan materi (Putar Film Jazz, Performance, Workshop, Jam Session), maupun acara-acara di café ataupun mall dimana ada anak KJK yang bermain secara regular, dan kita juga dapat ber Jam Session disana.

Sejak pertemuan pertama-nya yang hanya di hadiri oleh 14 orang kini tidak kurang 1.000 orang telah tergabung dalam Komunitas Jazz Kemayoran, baik anggota dari seputar Jabodetabek maupun pulau jawa dan sekitarnya dan luar pulau yang aktif/pasif, sampai saat ini ada 100 group Jazz Band yang lahir dari KJK bahkan lebih.

Pada tgl.30-31 Mei 2008 di JaCC Foodcourt Wisata Makanan, KJK pernah membuat suatu rekor, yaitu “bermain Jazz 31 Jam nonstop” yang didukung oleh 41 Group Jazz Band yang berasal dari KJK dan dicatat oleh Indonesian Book of Record.

komunitas-jazz-kemayoran-4

Perlu kita ingat bahwa setiap tahunnya selalu ada wakil dari KJK, yang bermain didalam event Jazz yang bertaraf nasional maupun internasional seperti : Jazz Goes to Campuss, Java Jazz Festival, JakJazz, Bali Jazz Festival, Asean Jazz Festival, Ngayog Jazz dll. Suatu prestasi yang luar biasa dan mengharukan untuk KJK yang kini tepat 17 Maret 2020 sudah mencapai usia 16 tahun.

komunitas-jazz-kemayoran-5
komunitas-jazz-kemayoran-6

KJK sudah melahirkan sebuah album rekaman Kompilasi Jazz yang semuanya di support oleh Anggota KJK, dengan karya original dan sangat variatif mewakili beberapa corak dari Jazz, Swing, Fusion, maupun Brazillian dalam komposisi Instrumental dan Vocal.

Sangat menarik dan perlu disimak, paling tidak semoga kompilasi ini dapat ikut mewarnai industri Jazz Indonesia, serta banyak band KJK yg ikut mengisi support pada 2 CD Benyamin on Jazz vol.1 dan 2, seperti Inna Kamarie sosok vokalis Jazz yang besar di KJK dan mendapatkan AMI Award lewat singlenya “Hujan Gerimis”.

Besar harapan dengan adanya album seperti ini dapat memacu gairah untuk kemudian lahir full album dari group-group yang ikut dalam kompilasi maupun dari anggota KJK lainnya.

Itulah Jazz dan KJK, penuh dinamika, selalu ada anggota baru, pendatang baru, group baru dalam setiap pertemuan bulanannya, dari yang penikmat, pemain yang baru belajar, maupun yang sudah mahir bermain Jazz. Dengan sebuah Konsistensi, bukan tidak mungkin akan lahir Jazzer-Jazzer yang dapat mengharumkan nama Indonesia kelak dalam forum Jazz Internasional.

Selayaknya setiap komunitas KJK juga memiliki kegiatan Rutin seperti :
Acara Workshop Mingguan sebanyak 747 kali, Workshop bulanan yg sudah dilaksanakan sebanyak 182 kali. Dan dari kegiatan yang terus konsisten ini, telah melahirkan banyak Jazzer baru dan musisi yang Luar biasa. KEREN banget KJK !

Jika anda selama ini tertarik dengan musik Jazz dan ingin mempelajari lebih dalam silahkan bergabung dengan Komunitas Jazz Kemayoran. Kalian bisa cari tahu melalui beberapa akun sosial media mereka.

Untuk informasi tambahan, sejak tahun 2019 kegiatan mingguan pada hari Kamis dan bertempat di Aula lt.3 BJMC Jl.Ir. Juanda no.3 Ruko Bulan Bulan, Bekasi Selatan.

“Jazz is not just music, it is a way of life, it is a way of being, a way of thinking”
Nina Simone

Anda mungkin suka