Komunitas IBCC. Indonesian Basketball Card Community

Tikum Hobby – Memiliki hobi mengkoleksi suatu barang memang memiliki kepuasaan tersendiri untuk sebagian orang. Bahkan, harga bukanlah menjadi masalah untuk berkorban uang dan waktu demi kepuasaan batin dalam memburu koleksi barang tertentu.

Jika kita kembali ke awal tahun 1990, program liga basket profesional Amerika atau National Basketball Association (NBA) begitu populer di Indonesia bagi para generasi muda Indonesia saat itu. Hal ini turut mendukung para pencinta basketball untuk juga turut mengkoleksi berbagai merchandise tentang NBA baik secara umum atau atlet NBA idola mereka. Mulai dari Jersey club, sepatu basket, poster dan kartu basket.

Kami ingin flashback sedikit mengenai kartu basket. Mulai dari hasil print warna biasa hingga versi Hologram. Jenis-jenis basketball card diproduksi oleh beberapa produsen seperti Panini, Upper Deck, Fleer, Hoops, Sky Box, Topps. Dan bagi para kolektor kartu basket ini merupakan sebuah investasi, mengapa demikian ?

IBCC 2

Para kolektor sangat terlatih dalam menganalisa pemain NBA mana yang berpotensi jadi bintang. Bahkan, koleksi kartu ini juga bisa seperti saham. Kita harus tahu kapan harus membeli dan kapan harus menjual. Karena setiap kartu memiliki nilai berharga, apalagi jika kartu tersebut adalah atlet yang masih aktif bermain dan memilki popularitas. Berbeda dengan atlet NBA yang sudah pensiun karena harga kartu cendrung stabil.

Sebagai contoh yang kami dapatkan dari narasumber, kartu basket Michael Jordan Rookie tahun 1986 dengan grade tertinggi yaitu 10 (skala1-10) yang cuma ada 3 buah di dunia yaitu 1 di Australia dan 2 di Amerika, pernah terjual dengan banderol harga US$100.000. di tahun 2013. Luar biasa bukan ! Nah, untuk semakin membangkitkan nostalgia Anda dan memahami mengenai kartu basket mari kita berkenalan dengan komunitas kolektor kartu basket dari INDONESIAN BASKETBALL CARD COMMUNITY (IBCC).

Indonesian Basketball Card Community (IBCC) bermula dari komunitas di Kaskus pada tahun 2009, namun nama IBCC sendiri dibentuk di tahun 2010. Banyak yang berkontribusi dan aktif dalam proses terbentuknya IBCC, mereka adalah :

  1. Andrian Mulyadi
  2. Budhi Purnama Utomo
  3. Edward Riyadi
  4. Johanthan Indra
  5. Marshell Herlambang
IBCC 3

Visi dan Misi terbentuknya IBCC adalah sebagai wadah berkumpul para kolektor kartu basket dan memperluas pertemanan serta sebagai jembatan ke kolektor di luar negeri.

IBCC tidak memiliki ketua umum ataupun mantan ketua umum secara resmi, namun para pendiri yang tersebut diatas selalu aktif untuk menggerakkan komunitas ini.

Latar belakang usia dan profesi para anggota sangat bervariasi. Mulai dari usia dari belasan tahun sampai dengan usia 50 tahun. dengan profesi mulai dari Pelajar, Mahasiswa, Pengusaha, Dokter, Kontraktor, dan lainnya.

Sampai saat ini total anggota dari berbagai forum ada lebih dari 3000 orang, dan IBCC memang tidak membentuk chapter. Namun, ada teman-teman grup lokal di berbagai daerah di Indonesia.

IBCC 4

Sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia dan Indonesia, kegiatan rutin mereka dalam periode mingguan dan bulanan adalah kumpul bersama (gathering), olahraga Basket, serta melakukan kegiatan trading kartu basket. Yang menarik bagi tikum.id adalah bahwa setiap komunitas pasti memiliki keunikan dan ciri khas. dan yang membedakan IBCC dengan komunitas lainnya adalah kegiatan perdagangan /trading kartu basket.

IBCC 5
IBCC 6

Karena kartu basket yang resmi itu datang dari Amerika, maka penting agar penjual dari Amerika dan luar negeri percaya akan pembeli dari Indonesia dan demikian pula sebaliknya. Jika teman-teman Indonesia ingin berjualan keluar negeri perlu adanya kepercayaan dari pihak luar bahwa berbisnis dengan orang Indonesia itu aman.

Jika Anda juga seorang kolektor kartu basket karena memang besar di era 80-90an, mari bergabung bersama Indonesian Basketball Card Community. Temukan nostalgia masa lalu dalam sebuah wadah hobi yang seru dan kreatif ini. silahkan Anda menghubungi beberapa akun sosial media mereka di bawah ini.

E-mail : email.ibcc@gmail.com
Facebook : Indonesian Basketball Car Community
Instagram : @kartubasketibcc

Tikum.id sangat mendukung IBCC dalam melestarikan kartu basket di Indonesia. Semoga keberadaan dan eksistensi kalian bisa kembali menggairahkan olahraga basket dan kolektor baru di Indonesia khususnya pada generasi muda Millenial.

“The strength of the team is each individual member. The strength of each member is the team.”
Phil Jackson

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka